5 Manfaat Kursus Musik bagi Perkembangan Kepribadian Anak

Jessica,
0
musikjogja.com

Bermain musik bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Tak jarang orang tua yang mengikutkan anaknya dalam kursus musik karena melihat sebuah bakat pada anak.

Selain bisa melatih motorik dan kecerdasan, ternyata ada berlatih musik juga bermanfaat untuk memengaruhi emosi anak.  Nah, tahukah Anda manfaat kursus musik yang bisa berpengaruh pada kepribadian anak dalam kehidupan? Mari simak penjelasan berikut.

Memperhalus Perasaan

Memperhalus Perasaan-i0.wp.com

Memperhalus Perasaan-i0.wp.com

Saat belajar musik, anak akan dikenalkan pada nada-nada yang membentuk harmoni dalam sebuah lagu. Nada-nada ini berada dalam frekuensi tertentu yang mengharuskan pemain musik peka terhadap ketepatan nada, sehingga bisa memainkannya dengan tepat.

Anak juga akan belajar mengenai tempo dan irama dalam bermain musik. Nah semua hal tadi lama-kelamaan akan melatih perasaan anak menjadi lebih peka dan lembut. Bila sudah terlatih dengan baik, secara tidak langsung hal tersebut akan memengaruhi cara berpikirnya. Anak diharapkan mampu lebih peka terhadap keadaan sekitar dan memiliki empati terhadap teman-temannya.

Menguji Kesabaran dan Ketekunan

Menguji Kesabaran-wordpress.com

Menguji Kesabaran-wordpress.com

Berlatih memainkan alat musik membutuhkan proses yang tidak sebentar. Keterampilan bermain musik yang bagus juga sangat terpengaruh oleh jumlah jam latihan yang dilakukan setiap hari. Maka, manfaat kursus musik yang lain adalah menguji kesabaran dan ketekunan anak.

Bila anak bisa tekun dan sabar dalam berlatih, ia akan menemukan bahwa kemampuannya akan meningkat signifikan. Meski terkadang lelah dan bosan, namun hasil yang didapat sepadan. Dari sini anak bisa belajar bahwa untuk mencapai sebuah tujuan dalam hidup secara umum membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang akan berbuah manis.

Berani Menghadapi Tantangan

Berani Menghadapi Tantangan-wordpress.com

Berani Menghadapi Tantangan-wordpress.com

Saat awal mempelajari sebuah alat musik, tentu akan dimulai dari teknik dasar yang mudah dan sederhana terlebih dahulu. Semakin lama tingkat kesulitan yang dihadapi semakin meningkat. Dibutuhkan keyakinan dan keberanian pada anak untuk menaklukkan kesulitan tersebut.

Saat anak merasa takut dan ragu, berilah dukungan padanya. Ia akan menyadari bahwa ternyata ia bisa bila terus  mencoba. Sifat berani menghadapi tantangan ini juga merupakan salah satu manfaat kursus musik yang akan didapat oleh anak. Kelak hal ini akan membuatnya tidak mudah menyerah saat menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasah kreativitas

Mengasah kreativitas-lesmusikjogja.com

Mengasah kreativitas-lesmusikjogja.com

Dunia seni identik dengan kreativitas tanpa batas. Berlatih musik memang akan mengaktifkan beberapa bagian otak sekaligus seperti syaraf-syaraf motorik, bagian audio-visual juga bagian memori.

Sel-sel otak Anak masih akan terus berkembang membentuk sambungan-sambungan baru. Semakin banyak bagian sel yang tersambung, fungsi otak akan semakin maksimal. Hal tersebut membutuhkan stimulasi yang tepat. Inilah manfaat kursus musik sebagai stimulus untuk perkembangan otak anak. Apabila otak berfungsi maksimal, anak juga akan menjadi lebih kreatif dalam mencari pemecahan masalah di kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan rasa percaya diri-amazinghom.com

Meningkatkan rasa percaya diri-amazinghom.com

Ketika anak memiliki suatu keterampilan baru—seperti bermain musik, ia akan memiliki perasaan bangga dan bahagia karena bisa menguasainya setelah usaha keras yang dilakukan. Di sinilah manfaat kursus musik dalam mendorong rasa percaya diri anak. Bila anak telah memiliki kepercayaan diri yang tinggi, ia akan lebih mudah mencoba hal baru di kemudian hari. Rasa percaya diri juga bisa ditingkatkan dengan mengikutkan anak untuk pentas bersama atau mengikuti lomba musik.

Itulah tadi 5 manfaat kursus musik yang bisa memengaruhi kepribadian anak. Selain mendaftarkan kursus, orang tua juga berperan selalu mendukung dan membimbing anak dalam kegiatannya bermusik. Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, pasti manfaat yang akan didapat juga besar. Nah, setelah mengetahui manfaatnya, apakah Anda berminat mendaftarkan putra-putri Anda mengikuti kursus musik?

Be the first to write a comment.

Your feedback