Waspada! Bahaya Ini Mengintai Anak yang Sering Main HP Sebelum Tidur

Jessica,
0
Main hp - wordpress.com

Ada seabrek manfaat yang dibawa handphone (HP) untuk kehidupan manusia. Namun, ada pula bahaya yang mengintai di balik penggunaannya yang kurang bijaksana. Apalagi jika penggunanya adalah anak-anak. Jika anak Anda kerap main HP sebelum tidur, waspadalah! Ternyata banyak bahaya yang menguntit sang buah hati. Ini dia bahaya yang bisa mengancam anak ketika ia sering bermain handphone sebelum tidur.

Gangguan Pola Tidur

http://cdn2.tstatic.net

http://cdn2.tstatic.net

Hal pertama yang patut Anda waspadai adalah gangguan pola tidur pada anak. Tubuh manusia, termasuk tubuh anak-anak, memiliki siklus tidur tersendiri. Ketika sudah memasuki siklus tidurnya, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon ini jumlahnya meningkat pesat di pertengahan malam dan akan turun ketika pagi. Produksi melatonin terpengaruhi oleh cahaya.

Ketika anak sedang main HP, maka layar HP tersebut akan mengeluarkan cahaya yang sangat terang. Cahaya ini bisa membingungkan tubuh si kecil. Akibatnya, produksi melatonin pada buah hati Anda bisa saja terganggu. Gangguan pada produksi melatonin berpotensi besar untuk mengacaukan jam tidur anak. Anak bisa saja mengalami gangguan pola tidur, seperti sulit tidur dan pergantian jam tidur.

Gangguan Konsentrasi

www.dictio.id

www.dictio.id

Kerja otak anak akan terpengaruh jika anak sering main ponsel ketika hendak tidur. Otak anak akan memikirkan secara terus menerus tentang apa yang dilakukannya dengan ponsel tersebut, misalnya saja main game.

Di mana pun, kapan pun, dan sedang apa pun, pasti anak akan teringat dengan game kesayangannya. Jika sudah begini, konsentrasi anak bisa terganggu. Gangguan konsentrasi ini cukup fatal akibatnya, lho. Anak bisa mengalami penurunan kualitas belajar, penurunan daya ingat, dan menjadi apatis dengan lingkungan sekitar.

Gangguan Sosialisasi

http://tribratanewsppu.com

ribratanewsppu.com

Ketika anak asyik dengan ponsel di genggamannya, maka dunia sekitar seolah menghilang atau tak penting lagi baginya. Dengan kata lain, anak akan kurang berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya. Hal ini bisa memengaruhi cara anak dalam bersosialisasi dengan orang lain. Tak hanya membaca layar, anak pun perlu membaca emosi yang dimiliki orang di sekitarnya

Gangguan Kesehatan Mata

Main hp - wordpress.com

Main hp – wordpress.com

Tak dimungkiri, anak akan sering menatap layar ketika sedang main HP. Ketika sedang berkonsentrasi dengan layar yang menyala terang tersebut, mata anak akan jarang berkedip. Hal ini bisa menyebabkan mata anak menjadi kering, terasa perih, dan pandangan menjadi terganggu. Gangguan ini bisa menjadi semakin parah jika si kecil melihat layar dari jarak yang terlalu dekat. Ia bisa saja mengalami sakit kepala karenanya.

Rasa Lelah ketika Bangun Tidur

Lelah bangun tidur - hellosehat.com

Lelah bangun tidur – hellosehat.com

Tidur malam yang berkualitas bisa membuat anak bangun dengan ceria dan segar di pagi hari. Begitu pula sebaliknya. Anak bisa terbangun dengan rasa lelah yang hebat jika ia keasyikan main HP sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kualitas tidur anak. Tak jarang, anak akan rewel ketika bangun pagi. Kalau sudah rewel, orang tua juga ikut repot, bukan?

Kecanduan Handphone

Main hp - Mirror.co.uk

Main hp – Mirror.co.uk

Terlalu sering membebaskan si kecil untuk main HP sebelum tidur ternyata bisa menjadi bumerang bagi orang tua. Ketika anak asyik dengan gawainya, maka ia akan merasakan sebuah sensasi baru yang belum pernah ia temui. Si kecil akan merasa bahagia dan merasa tidak membutuhkan hal lain selain handphone. Jika sudah dalam tahap ini, biasanya anak tak akan mau lepas dari gawainya.

Bagaimana, main HP sebelum tidur ternyata cukup membahayakan pertumbuhan dan perkembangan anak, bukan? Bahaya-bahaya tersebut sebenarnya bisa kita hindari. Sebaiknya, gantilah ritual bermain handphone sebelum tidur dengan aktivitas yang lebih baik. Anda bisa mengganti ritual negatif tersebut dengan mengajaknya bercerita, berdoa bersama, atau sekadar membacakan buku dongeng anak untuknya.

KW: main HP

Be the first to write a comment.

Your feedback