Dapat Ilmu dan Juga Pengalaman, Ini Dia 6 Manfaat Lainnya dari Kuliah Sambil Kerja!

Jessica,
0
ilmu tambahan

Beberapa orang menganggap bahwa kuliah sambil kerja ini sulit dilakukan. Padahal, banyak pula mahasiswa yang bekerja paruh waktu usai jam kuliah atau di saat jadwalnya sedang kosong. Alasan mereka bekerja tentunya agar mendapatkan uang, misalnya untuk membayar urusan akademik seperti uang semester, praktikum, riset, dan lain sebagainya. Tetapi ada pula yang bekerja untuk sekadar menambah uang saku.

Nah, bagi kamu yang ingin mendapat uang jajan tambahan atau mencari pengalaman dengan kuliah sambil kerja, kamu tetap bisa melakukannya asalkan mampu mengatur waktu serta menjaga kesehatan. Kerja paruh waktu atau part-time dapat kamu pilih sebagai alternatif untuk kamu yang masih berkuliah. Jam kerjanya pun hanya setengah dari jam kerja normal, yaitu 4-6 jam per hari. Dengan durasi kerja demikian, kamu tetap dapat mengikuti kuliah sambil kerja, kan?

Tetapi tahukah kamu bila kuliah sambil kerja tak hanya mendapatkan uang saku tambahan, namun ada pula manfaat lainnya? Yuk, langsung kita simak artikel berikut ini.

Belajar Membagi Waktu Dengan Baik

ilmu tambahan

pixabay.com

Karena kamu kuliah sambil kerja, maka kamu dituntut untuk pandai-pandai membagi waktumu. Misalnya untuk waktu untuk kuliah, mengerjakan tugas, belajar, beristirahat, berkumpul dengan keluarga atau teman agar tidak bentrok dengan waktu untuk bekerja. Kamu dapat mengetahui juga mana kegiatan yang menjadi prioritas terbesarmu.

Meski terkesan merepotkan, namun dengan membiasakan hal ini kamu takkan kesulitan dalam mengatur waktu. Ketika kamu sudah terbiasa mengatur waktu, ketika dalam keadaaan sibuk sekalipun kamu masih bisa membagi waktu untuk istirahat dan sebagainya.

Menjadi Seorang yang Disiplin

ilmu tambahan

pixabay.com

Seperti yang dibahas pada poin sebelumnya, bila kamu pandai dalam mengatur waktu, tentunya kamu akan menjadi seorang yang disiplin. Disiplin yang dimaksud adalah disiplin dengan diri sendiri. Kamu tahu apa yang menjadi prioritas utamamu, sehingga kamu akan melakukannya terlebih dahulu. Misalnya dibandingkan bekerja, prioritasmu sebagai mahasiswa adalah belajar dan mengerjakan tugas. Oleh karena itu, utamakan belajar dan mengerjakan tugas terlebih dahulu agar urusan pekerjaan tidak terganggu.

Ketika kamu sudah bisa menentukan mana prioritasmu, maka dengan sendirinya kamu akan disiplin terhadap dirimu sendiri. Tak akan lagi ada aktivitas kuliahan yang bentrok dengan pekerjaan atau kurangnya jam istirahat.

Menjadi Seseorang yang lebih Tangguh

ilmu tambahan

pixabay.com

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, apakah kamu memilih kelas karyawan yang dilaksanakan seusai pulang bekerja atau kelas reguler dengan jadwal kuliah dari pagi sampai sore?

Apapun kelas yang kamu pilih, tentu tak mudah karena harus membagi pikiranmu. Bayangkan saja, setelah seharian harus mengikuti perkuliahan dan mengerjakan semua tugas, sore harinya harus berangkat bekerja paruh waktu. Untuk menjalankan keduanya dengan selaras, tentunya kamu harus menjadi seseorang yang tangguh agar tidak sering mengeluh.

Belajar Bertanggung Jawab

ilmu tambahan

pixabay.com

Kuliah sambil bekerja memang tak mudah. Setelah mampu membagi waktu dan mendisiplinkan diri, maka manfaat berikutnya yang kamu dapatkan ketika kuliah sambil kerja adalah kamu mulai belajar bertanggung jawab atas kuliahmu dan juga pekerjaanmu.

Pastinya kamu pun harus konsisten dengan keputusan kuliah sambil bekerja yang sudah kamu ambil. Meskipun harus bekerja setelah perkuliahan yang melelahkan dengan segala tugasnya yang menumpuk, tetapi kamu harus berkomitmen dengan menjalani keduanya dengan baik.

Lebih Mengenal Dunia Kerja

ilmu tambahan

pixabay.com

Ketika kamu sudah bekerja, kamu akan tahu seperti apa keadaan di dunia kerja. Apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kamu juga akan mulai terbawa suasana di tempat kerja yang akan menuntutmu untuk menjadi seorang yang profesional.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan apa yang dipelajari saat kuliah ke dalam pekerjaanmu sehingga kamu akan lebih mudah ingat apa yang disampaikan oleh dosen.

Mandiri Secara Finansial

ilmu tambahan

pixabay.com

Karena bekerja, tentunya kamu akan mendapatkan uang untuk menambah uang sakumu. Jadi kamu bisa mencukupi kebutuhan pribadimu dengan uang sendiri tanpa harus bergantung dengan orangtua.

Banyak sekali bukan manfaat yang didapat saat kamu kuliah sambil kerja? Tetapi ingat bahwa kamu harus pandai mengatur waktu dan juga bertanggung jawab atas pilihanmu, ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback