Kuliah Sambil Kerja? Pelajari Tips-nya!       

Vana Vana,
0
tips kuliah sambil kerja

Anda mungkin ingin kuliah tetapi tidak ingin merepotkan keluarga atau ingin sambil bekerja, anda mungkin tidak perlu khawatir akan hal tersebut, sekarang sudah banyak cara agar kita tetap bisa kuliah sambil kerja tanpa takut kita tidak memiliki uang jajan atau uang untuk membayar kuliah kita, yakni kita bisa berkuliah sambil bekerja.

Meski memang akan sangat berat bagi kalian, tetapi ketika di-jalani dengan baik, maka anda akan merasakan manfaatnya, dan agar kuliah dan pekerjaan anda tetap seimbang tanpa ada yang tertinggal, anda bisa simak tips berikut dari kami.

 

  1. Kuatkan Mental-mu

Mahasiswa lain mungkin saja bisa menghabiskan waktu 24 jam untuk kuliah, bermain, berkumpul bersama organisasi mereka masing-masing maupun bersenang-senang, tetapi sebalik-nya kamu harus menghabiskan waktu anda di antara kuliah dan pekerjaan anda.

Dan hal tersebut tentu saja harus membuat anda memiliki mental yang kuat, untuk menjalani kehidupan tersebut, tetapi, jika anda berhasil melewati itu semua, mungkin anda menjadi salah satu mahasiswa yang paling tangguh di universitas anda.

 

  1. Pilih-lah Pekerjaan Freelance

Jika anda ingin kuliah sambil bekerja, alangkah baik-nya jika anda memilih pekerjaan yang juga tidak menghabiskan jam kuliah ataupun belajar anda, anda tidak perlu bekerja setiap hari asalkan gaji yang anda dapatkan cukup untuk tambahan atau untuk membayar kuliah anda, misalnya saja anda menjadi guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.

Hal ini juga bisa membuat anda memiliki waktu belajar agar tidak tertinggal pelajaran yang telah diberikan oleh universitas anda, dan hal ini bisa membantu anda juga untuk mengatur waktu dengan waktu istirahat anda.

 

  1. Jangan Abaikan Organisasi Yang Ada

Meski anda akan mengalami kelelahan, hal itu adalah hal yang wajar mengingat anda saat ini adalah mahasiswa/I dan anda juga bekerja, tetapi anda tidak boleh melupakan organisasi yang ada di kampus anda, karena itu anda juga harus bisa mengatur waktu dengan benar agar anda tetap berada di organisasi yang tepat dan memiliki teman yang bisa membantu anda jika ada kesulitan, dan salah satu tips-nya adalah cari organisasi yang sering berkumpul di luar jam kerja maupun jam kuliah anda agar tidak mengganggu pekerjaan ataupun pelajaran anda di universitas.

 

  1. Jagalah Kesehatan

Anda akan masuk ke dalam dunia kerja dan juga dunia mahasiswa/I dan untuk itu, anda harus tetap sehat untuk bisa menjalani kedua-nya, jika anda kelelahan atau sampai jatuh sakit, maka itu akan merugikan diri anda sendiri karena anda kehilangan waktu untuk bekerja dan tidak bisa belajar untuk kuliah anda, anda sendiri juga harus menerapkan hal hal positif di pikiran anda.

Rajin olahraga, tidak makan sembarang, makan makanan bergizi, dan juga perbanyak minum air putih bisa membantu anda agar anda memiliki hidup yang seimbang, hal ini juga bisa membantu anda untuk tetap sehat menjalani dua rutinitas yang akan memakan energy anda.

 

  1. Jangan Pernah Tunda Tugas Kuliah

Jika anda mendapatkan tugas kuliah, maka jangan pernah menunda untuk mengerjakannya dengan alas an apapun, karena kebiasaan menunda akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang sekitar anda, hal itu harus anda terapkan kepada diri anda sendiri.

Tugas kuliah sendiri bisa membantu anda untuk mendapatkan nilai terbaik agar anda bisa mencari pekerjaan yang lebih baik setelah anda lulus dari kuliah anda.

 

  1. Carilah Relasi

Kamu tidak akan mengetahui siapa rekan anda di masa mendatang, tetapi dengan berada di dua tempat yakni universitas dan juga kantor, anda memiliki banyak koneksi dan tentu saja itu akan menambah relasi anda, bisa saja mereka membantu anda di kemudian hari, dan selagi anda berada di dua tempat tersebut, carilah relasi sebanyak mungkin agar tidak menutup kemungkinan kerja sama antara anda dan relasi anda di masa mendatang.

 

  1. Jagalah Hubungan Baik Dengan Atasan Anda.

Mungkin anda jarang bertemu dengan bos anda, meski begitu, tetaplah berkomunikasi dengan bos anda, kalau bisa, ceritakan kondisi kuliah atau kondisi anda saat ini, jika bos anda merupakan bos yang mengerti hal tersebut, mungkin saja anda dapat diberikan kelonggaran dalam waktu bekerja agar anda tetap dapat focus dengan universitas anda.

 

Demikian tujuh tips kuliah sambil bekerja yang bisa kamu lakukan dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan yang akan anda ambil. Semoga hal ini bisa bermanfaat ya.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback