7 Hal Baik yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memulai Semester Baru

Jessica,
0

Memulai semester baru di masa perkuliahan adalah kesempatan bagimu untuk memperbarui banyak hal. Jangan biarkan kesalahan-kesalahan di semester sebelumnya terjadi lagi dan mengacaukan kuliahmu. Meskipun nilaimu sudah sempurna dan kehadiranmu di semua kelas selalu bernilai 100%, pasti selalu ada cara untuk menjadi lebih baik.

Jika kamu sudah siap untuk memulai semester baru tahun ini, ayo simak 7 hal baik yang bisa kamu lakukan mulai saat ini!

Tentukan Hal Apa yang Ingin Kamu Perbaiki

Memulai Semester Baru

senyumindahibadah.blogspot.com

 

Sebelum merancang rencana untuk memulai semester baru, kamu harus mencoba memikirkan terlebih dahulu apa yang ingin kamu perbaiki dari dirimu. Coba kamu lihat, apakah ada mata kuliah yang sulit kamu pahami? Apakah kamu punya kesulitan bicara di depan umum? Tulis semuanya dan setelahnya kamu bisa mulai memikirkan bagaimana cara memecahkannya.

Ciptakan Rutinitas

Memulai Semester Baru

youtube.com

 

Bukan rahasia jika sesuatu yang terstruktur bisa membantu kita untuk lebih fokus. Jika selama ini jadwalmu tidak teratur, kamu bisa memulai semester baru dengan membuat time table. Mulailah dengan kegiatan utama seperti jam untuk belajar dan mengerjakan tugas. Selanjutnya, tentukan kapan waktumu berolahraga dan hang out bersama teman-teman.

Jangan lupa dengan tetap menetapkan fleksibilitas dalam jadwalmu dan buat checklist agar kamu tahu apa saja yang sudah kamu selesaikan dan apa saja yang belum.

Ikuti Semua Perkuliahan

Memulai Semester Baru

hallobro.com

 

Hadir di setiap mata kuliah adalah hal wajib bagi semua mahasiswa. Kehilangan satu materi saja mungkin akan membuatmu kesulitan dan jadi malas untuk mengikuti materi selanjutnya. Kalaupun kamu tidak bisa hadir karena sakit atau karena urusan lain, pastikan untuk membaca materi sebelum masuk agar kamu lebih siap.

Cari Lokasi Belajar yang Sesuai

Memulai Semester Baru

hohero.com

 

Setiap orang punya preferensi sendiri-sendiri untuk tempat belajar. Tapi biasanya orang akan lebih fokus jika berada di ruangan yang tenang dan bebas gangguan. Jika saat mengerjakan tugas kamu tidak perlu internet, matikan perangkatmu karena biasanya notifikasi yang masuk akan membuatmu terdistraksi. Kalau area belajarmu berisik, pindahlah. Kalau kamu suka belajar sambil berdiskusi, carilah teman dan buat grup belajar.

Jangan Takut dengan Tantangan Baru

Memulai Semester Baru

apple.com

 

Di masa kuliah, nilai akademis memang menjadi yang nomor satu. Tapi jangan lupa bahwa selain memperkaya pengetahuan, kamu juga harus memperkaya pengalaman. Kamu bisa memulai semester baru dengan pikiran yang lebih terbuka dan cobalah hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Bergabung dengan klub bersepeda, ikut organisasi jurnalistik hingga menjadi relawan untuk sebuah panti sosial bisa kamu lakukan. Tidak hanya semakin cerdas secara intelektual, pengalaman ini akan membuatmu kaya secara emosional. Perlu diingat bahwa semua kegiatan itu harus kamu lakukan dalam batas kemampuanmu, ya.

Jangan Menunda-nunda

Memulai Semester Baru

zoinformasi.blogspot.com

 

Menunda-nunda adalah alasan yang paling banyak menyebabkan masalah di bangku kuliah. Menunda mengerjakan tugas atau menunda mempelajari materi baru bisa membuat wisudamu tertunda juga. Ketika kamu sudah selesai dengan satu hal, segera lanjutkan dengan tugas selanjutnya. Melakukan hal ini terus menerus akan membuatmu terbiasa dan semakin disiplin.

Tetapkan Target

Memulai Semester Baru

nytimes.com

 

Target tidak hanya membuatmu lebih bersemangat tapi juga lebih terarah. Kamu bisa memulai semester baru dengan menuliskan apa saja pencapaian yang ingin kamu raih. Tulislah targetmu dengan lebih spesifik dan terukur. Misalnya, alih-alih “Aku ingin menguasai materi sejarah dengan baik” tulislah “Aku ingin dapat nilai A dalam mata kuliah sejarah semester ini”. Kamu juga bisa menulis berapa IP yang kamu harapkan. Jika targetmu tercapai, jangan lupa berikan hadiah dan apresiasi untuk dirimu sendiri.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai semester baru.

 

 

Be the first to write a comment.

Your feedback