Kuliah Online, Pilihan Tepat untuk Anda yang Ingin Kuliah ke Luar Negeri tanpa Pergi ke Luar Negeri

Jessica,
0

Tidak ada yang bisa menghalangi seseorang untuk belajar. Tidak ada pula yang bisa menghalangi Anda dari kuliah ke luar negeri. Namun, masalah biaya, tenaga, administrasi, dan waktu bisa menjadi penghalang. Salah satu strategi agar bisa kuliah di luar negeri adalah dengan mengikuti kuliah online.

Mengenai Kuliah Online

Kuliah online

Kuliah online

Di zaman yang serba modern ini, Anda bisa kuliah ke luar negeri tanpa harus pergi ke luar negeri. Banyak universitas ternama di luar negeri yang menawarkan program kuliah online. Jika mengambil program ini, Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke universitas tersebut untuk belajar.

Cukup dengan modal waktu senggang, bahasa Inggris yang lancar, sambungan internet yang cepat dan stabil, serta semangat untuk belajar, Anda bisa merasakan kuliah di luar negeri.

Dengan program online ini, para mahasiswa juga bisa mendapatkan gelar yang sama dengan mahasiswa yang mengambil kelas reguler. Mahasiswa akan mendapatkan materi kuliah melalui beragam media, misalnya via telekonferensi, web, dan email. Biasanya, disediakan pula forum-forum khusus untuk para mahasiswa dan dosen supaya mereka dapat berkomunikasi dan berdiskusi.

Kelebihan Kuliah Online jika Dibandingkan dengan Kuliah Reguler

Kelebiha kuliah online

Kelebiha kuliah online

  1. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri

Ya, Anda tidak perlu jauh-jauh mendatangi kampus tujuan. Dengan modal yang cukup, Anda bisa merasakan kuliah di luar negeri.

  1. Biayanya (biasanya) lebih murah

Biaya untuk melakukan kuliah secara online biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan kuliah reguler. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih, misalnya biaya membayar sewa rumah di luar negeri, biaya transportasi, dan biaya kebutuhan sehari-hari selama tinggal di sana.

  1. Mendapatkan kemandirian dalam menuntut ilmu

Jika berkuliah di kelas reguler, Anda akan datang ke sebuah kelas bersama dengan teman-teman untuk mendengarkan pelajaran atau perkuliahan dari dosen. Namun, jika Anda mengambil kelas online, Anda dituntut untuk lebih mandiri, terutama dalam hal mempelajari dan memahami materi perkuliahan.

  1. Bisa kuliah dari mana saja

Sekarang, kuliah tak harus ke kampus. Anda bisa kuliah sambil makan, sambil minum kopi, bahkan sambil bersantai di taman. Ya, Anda bisa melakukan diskusi dengan mahasiswa lain, dengan dosen, dan melakukan ujian di mana saja sesuka Anda. dengan begitu, kuliah jadi terasa menyenangkan.

Kekurangan Kuliah Online

Kekurangan kuliah online

Kekurangan kuliah online

Meskipun kelas online menawarkan banyak kelebihan, kelas ini juga memiliki beberapa kekurangan.

  1. Kurangnya komunikasi antarmahasiswa

Mahasiswa yang mengikuti kelas online biasanya berkomunikasi dengan mahasiswa lain via telekonferensi maupun via teknologi lain. Dengan kata lain, Anda bisa berkomunikasi dengan kawan-kawan Anda hanya jika mereka sedang online.

  1. Anda harus melek teknologi

Jika Anda berminat untuk melakoni kuliah online, Anda wajib berkenalan dan akrab dengan komputer, laptop, internet, ponsel pintar, dan beragam software atau aplikasi untuk komputer dan ponsel pintar.

Dengan kata lain, Anda wajib melek teknologi. Jika tidak, kuliah online yang Anda jalani tak akan bisa berjalan dengan lancar.

  1. Tingkat kebosanan lebih tinggi

Melakoni kuliah online tidaklah mudah. Bagi sebagian orang, menjalani program kelas online adalah sebuah hal yang membosankan. Terlebih lagi bagi Anda yang gemar berdiskusi secara langsung dengan teman atau dosen.

Itulah serba-serbi kuliah online, sebuah solusi bagi Anda yang ingin kuliah ke luar negeri tanpa harus pergi ke luar negeri. Selain program ini, Anda juga bisa memanfaatkan program kursus online yang ditawarkan oleh universitas ternama luar negeri.

Be the first to write a comment.

Your feedback