Khawatir Gizi Anak Tidak Tercukupi karena Indekos? 5 Lauk Kering Ini Bisa Jadi Solusi Anda

Jessica,
0
Dendeng - dapurkobe.co.id

Pada masa sekolah, anak memiliki banyak aktivitas fisik dan mental, misalnya belajar, berolahraga dan bermain. Gizi atau nutrisi yang diperoleh dari makanan sangat membantu menjaga kesehatan badan sehingga sistem imunitas anak juga terjaga dengan baik dan tidak mudah terjangkit penyakit. Namun, bagaimana jika sang anak berada jauh dari Anda karena harus indekos? Anda dapat menyiapkanlauk keringuntuk bekal anak indekos.

Tinggal berjauhan dengan orang tua memiliki manfaat yang baik bagi anak. Beberapa manfaat tinggal di asrama atau indekos adalah membuat anak menjadi pribadi yang mandiri, tanggung jawab, dan mudah beradaptasi.

Selain beberapa manfaat tersebut, hidup di asrama atau indekos juga memiliki dampak negatif bagi anak, misalnya sering terjangkit penyakit. Penyakit yang biasa menimpa anak indekos kerap disebabkan oleh gaya hidup, seperti pola makan yang tidak teratur, kurang tidur karena harus begadang, malas berolahraga, serta jajan makanan yang kurang bersih dan sehat.

Sebagai orang tua, Anda tentu merasa khawatir dengan kesehatan anak yang sedang merantau. Karena jika anak sakit, maka kegiatan belajarnya pun akan terganggu. Jangan khawatir, 5 lauk kering ini dapat menjadi solusi Anda agar gizi anak tercukupi saat berada di indekos.

Abon

Abon - i.ytimg.com

Abon – i.ytimg.com

Abon merupakan lauk kering yang dibuat dari serat daging, dibumbui kecap sehingga penampilannya berwarna cokelat kehitam-hitaman. Bahan baku yang digunakan awalnya berupa serat daging sapi maupun kerbau. Namun, sekarang abon juga ada yang berasal dari daging ayam, ikan laut dan ikan tawar.

Jika dilihat dengan saksama, abon terlihat seperti serat kapas karena berasal dari serat daging yang dikeringkan. Proses pengeringan ini membuat abon bisa awet disimpan selama berbulan-bulan asalkan ditaruh dalam wadah kedap udara. Nilai gizi abon berasal dari bahan bakunya, karena terbuat dari daging tentu abon mengandung protein dan energi yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi anak usia sekolah.

Dendeng

Dendeng - dapurkobe.co.id

Dendeng – dapurkobe.co.id

Alternatif lauk kering selanjutnya adalah dendeng. Dendeng merupakan olahan daging yang diiris tipis-tipis dimasak dengan bumbu, kemudian dimasak dengan dengan api kecil hingga mengering dan selanjutnya dijemur  di bawah sinar matahari. Jika akan disajikan, goreng sebentar dendeng dalam minyak panas. Dendeng dapat disimpan selama 4-6 bulan dalam kondisi tertutup rapat.

Kering Tempe

Kering Tempe - 1.bp.blogspot.com

Kering Tempe – 1.bp.blogspot.com

Olahan lauk kering yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah kering tempe. Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki banyak nilai gizi dan mudah diolah. Sejumlah gizi yang terkandung dalam tempe di antaranya adalah protein nabati, serat pangan, karbohidrat, vitamin, mineral dan isoflavon. Kering tempe dapat bertahan beberapa minggu jika ditaruh dalam wadah yang tertutup rapat.

Serundeng

Serundeng - resepdanmasakan.com

Serundeng – resepdanmasakan.com

Serundeng merupakan masakan khas nusantara yang bisa digunakan sebagai lauk. Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang disangrai dan diberi bumbu halus yang tediri atas bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, dan rempah-rempah yang lain. Dalam semangkuk kelapa Anda dapat memperoleh beragam nutrisi seperti kalori, lemak tak jenuh, protein, karbohidrat, serat dan kalium. Agar lebih bernutrisi, Anda dapat menambahkan suwiran daging sapi dalam serundeng.

Rempeyek

Rempeyek - 4.bp.blogspot.com

Rempeyek – 4.bp.blogspot.com

Rempeyek atau di beberapa daerah dikenal dengan nama peyek merupakan gorengan yang terbuat dari campuran tepung beras dan air serta diberi bumbu dengan cita rasa gurih. Adonan ini biasanya diisi dengan beragam bahan seperti kacang tanah, udang kecil, ikan teri, atau juga kedelai. Nilai gizi yang terkandung dalam rempeyek kacang tanah di antaranya adalah kalori, protein, karbohidrat kalsium, lemak dan beragam vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Nah, itudia 5 macamlaukkering yang bisadijadikanbekaluntuk ananda yang sedangindekos di luarkota. Semogabermanfaat!

Be the first to write a comment.

Your feedback