5 Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

Jessica,
0
Lulusan Ilmu Komunikasi

Jurusan komunikasi merupakan ilmu yang masih menjadi favorit bagi mahasiswa. Apalagi, ilmu ini masih akan relevan selalu. Ini mengingat manusia akan selalu membutuhkan komunikasi dengan sesama, baik secara verbal maupun non-verbal. Banyak juga profesi yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi.

Era digital juga menjadikan ilmu komunikasi semakin berkembang. Lapangan kerja pun semakin banyak terbuka. Jika Anda sedang berpikir mengenai rencana setelah lulus kuliah, inilah lima (5) contoh profesi yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi:

Jurnalis, terutama untuk media digital

Lulusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Sebagai profesi yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi, jurnalis termasuk yang paling diingat dan dicari. Apalagi, sekarang ada jurnalis untuk media digital, selain TV dan radio. Jurnalis untuk media cetak masih ada, meskipun mulai lebih banyak yang memilih versi digital.

Tentu saja, karena viralitas sebuah konten artikel sangat penting, cara kerja jurnalis digital berbeda dengan yang versi cetak. Anda harus siap dan cepat tanggap saat mendadak diminta meliput atau menulis hal yang sedang trending dalam waktu singkat.

Periklanan

Lulusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Bidang periklanan juga berisi banyak profesi yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi. Apalagi, periklanan sendiri adalah cabang dari ilmu komunikasi. Tidak hanya soal menjual barang, ilmu periklanan terkait dengan usaha menyampaikan pesan dari brand yang dipromosikan kepada calon konsumen.

Era digital memungkinkan banyak brand untuk beriklan lewat media sosial. Sebagai bagian dari industri periklanan digital, Anda juga harus mempersiapkan konten visual dan caption yang menggugah user di dunia maya. Dengan porsi yang lebih ringkas, konten periklanan suatu brand harus memuat info lengkap dan menarik perhatian.

Penulis

Lulusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Profesi penulis sekarang luas. (Bahkan, jurnalis pun termasuk penulis.) Tidak hanya yang berkaitan dengan sastra (seperti puisi, cerpen, dan novel), pembuat skenario film pun juga disebut sebagai penulis. Di periklanan juga ada copywriter yang bertugas menulis narasi untuk menjual brand suatu produk.

Bila dulu penulis masih dianggap hanya untuk sastra, profesi ini sekarang semakin beragam. Baik secara fulltime, part-time, maupun freelance, Anda bisa menjajal profesi ini setelah lulus kuliah jurusan komunikasi.

Bahkan, Anda sudah bisa memulainya sebelum lulus kuliah. Kini, sudah banyak mahasiswa yang menjajal profesi sebagai penulis konten freelance secara online. Lumayan, buat penghasilan tambahan.

Penyiar radio atau komentator olahraga, terutama di ranah digital

Lulusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Penyiar radio juga masih jadi profesi yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi, lho. Jangan takut radio akan mati gara-gara era digital. Justru, sekarang stasiun radio digital pun banyak. Stasiun radio konvensional juga telah mengikuti perkembangan zaman lewat fitur streaming di website resmi mereka.

Penyiar radio pun bisa jadi komentator olahraga atau sportscaster kalau bisa dan mau. Tidak hanya olahraga konvensional seperti sepakbola, e-sports seperti PUBG dan Mobile Legends juga membutuhkan komentator setiap kali ada turnamen.

Event organizer

Lulusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Baik untuk acara ulang tahun, seminar, konser, hingga pesta pernikahan, jasa event organizer akan selalu relevan dengan masa. Profesi ini pastinya juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik dan jelas. Apalagi, mereka harus berinteraksi dengan banyak pihak demi kesuksesan acara yang mereka urus.

Event organizer harus bisa mengurus semua detail terkait acara, mulai dari klien, vendor, hingga tamu/penonton/undangan yang hadir. Bila selama masa kuliah Anda aktif berorganisasi (termasuk mengadakan event di kampus), maka pekerjaan ini cocok buat Anda yang lulusan ilmu komunikasi.

Nah, ternyata banyak juga kok, profesi yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi. Yang penting, Anda tetap mau terus belajar untuk mengembangkan diri.

Be the first to write a comment.

Your feedback