Cara Membuat Hand Sanitizer Menurut WHO

Vana Vana,
0

Merebaknya COVID-19 sebagai pandemi membuat masyarakat dari segala kalangan beramai-ramai memulai gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan tangan. Selain mencuci tangan menggunakan air dan sabun, hand sanitizer pun kini menjadi salah satu barang yang paling dicari karena praktis dan ampuh dalam membersihkan tangan. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang menyebutkan bahwa hand sanitizer berbasis alkohol dapat digunakan untuk mencegah penyebaran beberapa jenis virus termaksud virus corona

Kegunaan hand sanitizer yang dirasa sangat penting ini mendorong masyarakat berbondong-bondong untuk membelinya. Akibat hal tersebut, kini hand sanitizer menjadi salah satu barang yang sulit didapatkan di samping masker, belum lagi harganya yang meroket tinggi di pasaran. Bagi kalian yang membutuhkan hand sanitizer, jangan khawatir! Kini World Health Organization (WHO) telah membagikan tips membuat hand sanitizer yang dapat kamu coba sendiri, loh.

 

Lantas bagaimana caranya? Yuk, kita simak cara pembuatannya!

 

Siapkan terlebih dahulu formula 1 dan formula 2 yang terdiri dari:

 

Formula 1Formula 2
  1. Ethanol 96%:8.333%
  1. Isopropyl alkohol 99.8%: 7.515 ml
  1. Hydrogen Peroksida 3%: 417 ml
      2. Hidrogen peroksida 3%: 417 ml
  1. Gliserin 98%: 145 ml
      3. Gliserin 98%: 145 ml
  1. 1 liter air suling steril (distilled water)
      4. 1 liter air suling steril (distilled water)

 

  1. Pilih formula  hand sanitizer yang kamu inginkan dan masukkan Etanol (untuk formula 1) atau isopropil alkohol (untuk formula 2) sesuai takaran ke dalam wadah jerigen.

 

  1. Selanjutnya,  masukkan cairan hidrogen peroksida ke dalam wadah jerigen  sesuai takaran

 

  1. Setelah langkah 2 selesai, masukkan gliserin. Namun, perlu diingat gliserin bersifat lengket dan kental sehingga Anda bisa menggunakan sedikit air steril untuk membilas gliserin dalam gelas ukur sebelum memasukkannya ke dalam wadah jerigen. 

 

  1. Setelah seluruh bahan dimasukkan ke dalam satu wadah jerigen, masukkan 1 liter air distilasi dan jangan lupa untuk menutup wadah dirigen agar alkohol tidak menguap.

 

  1. Kocok wadah jerigen berisi cairan  hand sanitizer secara perlahan agar ketiga bahan tersebut dapat bercampur dengan rata.

 

  1. Tak butuh waktu lama,  hand sanitizer  pun siap dipindahkan ke wadah yang lebih kecil agar mudah untuk dibawa kemana pun.

 

  1. Simpan wadah yang lebih kecil ini (botol-botol) selama 72 jam atau kurang lebih 3 hari untuk menghindari kontaminasi dari botol dan selanjutnya  hand sanitizer sudah siap dibawa dan digunakan oleh Anda beserta keluarga!
Cara Membuat Hand Sanitizer Menurut WHO

Cara Membuat Hand Sanitizer Menurut WHO

Selamat mencoba membuat hand sanitizer sendiri, semoga cara ini berhasil!

Be the first to write a comment.

Your feedback