Ini Manfaat Bawa Si Kecil Berbelanja

Vana Vana,
0
Si Kecil Berbelanja

Ketika kita sedang sibuk di dapur, maka biasanya Ibu melibatkan anak mereka untuk membelikan bumbu dapur atau keperluan yang kurang di dapur, biasanya kita akan meminta si kecil untuk berbelanja ke warung, pekerjaan atau tugas tersebut terlihat adalah hal yang mudah, bahkan kita mungkin juga pernah mengalami hal tersebut ketika kita masih kecil.

Tetapi Anda harus tahu bahwa aktivitas tersebut memiliki banyak manfaat untuk kita, meminta anak ke warung atau berbelanja memiliki enam manfaat, dan apa enam manfaat tersebut.

  • Melatih keberanian

Anak biasa-nya akan merasa takut ketika pergi keluar rumah kecuali jika dirinya dipanggil oleh teman temannya, dan meminta si kecil ke warung akan bisa menjadi salah satu trik untuk melatih dirinya agar tetap berani.

Pertama-tama mungkin si kecil akan merasa takut, dan Anda bisa mengantar sampai ke tempat belanja terdekat baru kemudian bisa meminta si kecil berbelanja, lalu Anda bisa mengantarnya kembali sampai ke rumah Anda, dalam proses tersebut memang butuh kesabaran guna melatih keberanian si kecil, tetapi Anda tidak perlu memarahi anak Anda jika anak Anda tidak mau melakukan hal tersebut.

 

  • Melatih daya ingat

Selain melatih rasa berani anak Anda, Anda juga bisa meminta tolong si kecil pergi ke warung untuk melatih daya ingat mereka, saat Anda meminta barang yang harus anak Anda beli, maka anak Anda akan dengan seksama mendengar dan mengingat titipan orang tua mereka.

Tetapi jika ada pesanan yang terlupa, Anda tidak boleh kecewa atau marah ya, tetapi maklumi dan tetap bersabar karena memang akan ada kesalahan yang bisa saja terjadi saat transaksi atau saat penjual memasukkan belanjaan ke kantung belanjaan, atau cara terbaik selain itu adalah memberikan catatan pada si kecil agar anak Anda tidak melakukan kesalahan.

 

  • Melatih Bertanggung Jawab

Saat meminta anak Anda untuk pergi ke warung dengan sederet catatan kebutuhan yang Anda butuhkan, aktivitas seperti ini berguna untuk melatih tanggung jawab anak Anda, bagaimanapun ia akan mempertanggung jawabkan agar pesanan yang Anda minta dapat diberikan kepada dirinya kepada diri Anda.

 

  • Membiarkan Anak Berinteraksi

Manfaat lain ketika si kecil berbelanja yang bisa Anda dapatkan adalah melatih anak Anda untuk berkomunikasi dan belajar menyampaikan pesan kepada orang lain, anak biasanya akan berkomunikasi dengan orang tua sebagai

pihak yang akan memberikan instruksi sehingga ia akan berusaha memperhatikan barang yang akan kita pesan.

Selanjutnya, si kecil juga akan berlatih untuk berbicara dengan si penjual, mulai dari memberikan salam hingga memberitahu apa yang dirinya butuhkan, tentunya ada anak yang mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar, dan ada juga yang sebaliknya. Tetapi dengan seringnya Anda meminta anak untuk berbelanja, maka frekuensi berkomunikasi semakin banyak dan akan membuat mengurangi rasa malu, takut, dan menambah rasa percaya diri.

 

  • Membiasakan Anak Agar Bisa Berhitung

Keuntungan lain dari menyuruh anak ke warung atau berbelanja adalah untuk melatih anak untuk berhitung, terutama jika uang yang Anda berikan kepada anak Anda memiliki kelebihan, anak Anda akan belajar bertanggung jawab pada belanjaannya, tetapi pada juga uang kembalian agar uang kembalian yang didapatkannya merupakan nominal yang benar.

Anda sendiri harus berani melepas anak Anda untuk pergi berbelanja, mungkin pertama-tama Anda bisa menemani anak Anda ketika dirinya pergi sendiri berbelanja, dan jika anak Anda sudah bisa melakukan hal tersebut dengan tepat, maka Anda bisa melepas anak Anda, meski begitu Anda juga harus mengajari anak Anda bahwa anak Anda harus berhati-hati dengan orang yang tidak dirinya kenal dan jangan langsung percaya dengan bantuan orang asing jika anak Anda sama sekali tidak mengenalinya.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback