Ini Dia Aplikasi yang Bisa Mempermudah Home Learning!

Vana Vana,
0
Aplikasi Untuk Home Learning

Hingga saat ini, Indonesia dibuat riuh dengan adanya virus Corona yang kian menyebar secara cepat di beberapa wilayah. Terhitung, jumlah pasien yang terjangkit COVID-19 masih terus bertambah. Oleh sebab itu, kebijakan untuk meliburkan sekolah selama dua minggu, mulai Senin, 16 Maret 2020 lalu pun dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Para siswa pun diminta untuk melakukan proses belajar melalui metode jarak jauh (berbasis online). Hal ini dilakukan demi mencegah adanya penyebaran virus Corona. Meski saat ini tidak banyak anak-anak yang terserang virus Corona, tetapi anak-anak tetap memiliki potensi besar untuk tertular virus ini dari orang dewasa dan juga berpotensi menjadi “carrier” untuk virus tersebut. Tentunya ada beberapa pihak yang merasa dirugikan karena sudah membayar uang bulanan sekolah, namun di sisi lain apabila kegiatan belajar-mengajar terus dilanjutkan seperti biasa, tentu akan berpotensi dalam meluasnya penyebaran virus corona COVID-19.

Dengan adanya kebijakan ini, biasanya belajar di rumah membuat kamu kurang efektif atau sulit dalam menyerap materi. Penyebabnya bisa datang dari berbagai macam factor, misalnya semangat belajarmu yang jadi berkurang karena tidak adanya akses yang dimiliki untuk mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir! Adanya perkembangan teknologi dan smartphone kini telah memungkinkan kamu untuk tetap dengan mudah melakukan home learning.

Berikut ini merupakan sejumlah aplikasi yang mempermudah home learning:

 

  • Google Indonesia

    Yang pertama adalah fitur G Suite for Education, sebuah media yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran kolaboratif antara para guru dan siswa yang disediakan gratis oleh Google. Tak berbeda jauh dengan G Suite pada umumnya, G Suite for Education juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Gmail, Docs, Drive, Calendar, dan Hangouts. Namun, tak hanya itu, pada G Suite for Education juga disediakan sarana lainnya yaitu Google Classroom.

    Melalui fitur-fitur tersebut, kamu bisa melakukan pembelajaran dengan lebih efektif dan mudah. Misalnya adalah pemanfaatan fitur Hangouts Meet untuk live streaming yang bisa mencapai 100,000 penonton dan dapat direkam dan disimpan melalui Google Drive milik pribadi untuk diakses saat kemudian hari. Keren, kan!

 

  • Microsoft

    PT. Microsoft Indonesia juga menjelaskan bahwa pihaknya menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Dalam memanfaatkan fitur ini, pihak-pihak sekolah hanya perlu menyediakan dominasi institusi sebagai identitas digital para guru dan muridnya.

    Dengan disediakannya fitur Teams oleh Microsoft Indonesia dalam Office 365, proses kegiatan belajar mengajar tetap bisa berlangsung secara online melalui platform digital dan guru bisa bertatap muka (video conference) dengan murid.

 

  • Kelas Pintar

    Menawarkan berbagai fitur seperti catatan, grup, guru/mentor, orangtua, jadwal, rapor, dan pesan, Kelas Pintar menawarkan total learning ecosystem yang patut dicoba. Kini para siswa bisa tetap belajar secara online, guru juga bisa tetap memberikan materi dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan para orang tua bisa mengawasi perkembangan belajar anaknya. Semua itu bisa dilakukan dengan solusi pendidikan berbasis teknologi melalui aplikasi Kelas Pintar.

 

  • Sekolahmu

    Aplikasi Sekolahmu juga telah menyelenggarakan pembelajaran kelas maupun karier dengan berkerja bersama ratusan sekolah serta organisasi. Pembelajaran media daring ini ditujukan untuk seluruh murid, guru, bahkan para orang tua. Melalui Sekolahmu, kamu juga bisa belajar live secara gratis, loh! Patut dicoba nih!

 

  • Zenius

    Platform Zenius juga turut serta dalam membantu para siswa mempersiapkan UN dan UTBK. Seperti yang telah diketahui, maraknya penyebaran virus Corona telah membuat pelaksanaan UN dan UTBK menjadi diundur. Nah, aplikasi Zenius ini ingin membantu agar pembelajaran bisa terus berlanjut secara online. Kamu bisa menonton video materi, mengunduh latihan soal, atau bahkan mengerjakan langsung melalui aplikasi. Tidak hanya itu, dikatakan juga bahwa ada sebanyak 74.000 video materi yang telah disusun tim tutor berpengalaman yang siap untuk menemani kamu belajar!

Itulah dia 5 aplikasi belajar gratis yang mempermudah home learning. Ternyata, sudah banyak bukan aplikasi mendukung yang bisa mendorongmu untuk tetap belajar secara efektif meskipun tidak pergi ke sekolah? Ayo, tetap semangat belajar ya!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback