Lakukan 7 Hal ini untuk Menciptakan Suasana Menyenangkan Belajar di Rumah

Jessica,
0
Belajar di Rumah

Dengan menciptakan suasana belajar menyenangkan di rumah, anak akan lebih mudah memahami materi yang diberikan di sekolah.

Mengandalkan hasil belajar di sekolah saja tidak cukup, karena tidak sedikit siswa yang belum mengerti materi yang dipelajari di sekolah. Bukan malu bertanya, kebanyakan justru bingung ingin bertanya apa.

Oleh karena itu, orangtua harus mengawasi anaknya untuk belajar di rumah. Selain karena waktu di rumah lebih banyak, jika dilakukan dengan tepat, belajar di rumah bisa jauh lebih kondusif dibandingkan di sekolah.

Banyak siswa sekolah yang kerap menganggap belajar adalah hal yang membosankan. Jika dipaksakan, hasilnya tidak akan optimal dan sia-sia. Oleh karena itu diperlukan sesuatu untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di rumah.

Berikut ini 7 hal yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan suasana belajar menyenangkan di Rumah:

 

Siapkan Alat Belajar dan Materi yang Akan Dipelajari

Belajar di Rumah

popmama

 

Sebelum belajar, anak perlu menyiapkan materi yang akan dipelajari. Persiapkan hal ini sejak dari sekolah. Atau untuk langkah mudahnya, anak bisa mempelajari lagi apa yang baru saja dipelajari di sekolah. Dengan begitu otak akan lebih mudah mencerna.

Selain itu, Anda juga perlu membantu anak untuk mempersiapkan segala peralatan belajar sebelumnya, seperti pulpen, buku dan beberapa peralatan lain. Ini bertujuan agar konsentrasi belajar tidak terpecah.

 

Bersihkan Ruangan Belajar

Belajar di Rumah

Momfiles

 

Ruangan belajar yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan selama belajar. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih jernih untuk menyerap setiap pelajaran. Bandingkan jika ruangan kotor atau sumpek, anak tidak akan fokus dalam menyerap setiap pelajaran.

 

Pencahayaan Optimal

Belajar di Rumah

Idea.grid

 

Dibutuhkan pencahayaan yang optimal untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus selama belajar. Pencahayaan yang buram akan mengganggu konsentrasi, menyebabkan kantuk, atau bahkan berakibat buruk pada kesehatan mata. Dengan pencahayaan optimal, suasana belajar akan lebih menyenangkan.

 

Siapkan Camilan

Belajar di Rumah

Hello Sehat

 

Selain suasana sekitar, perut juga perlu diisi. Menyediakan cemilan saat belajar di rumah akan membantu anak menghilangkan rasa bosan dan lapar. Untuk itu, siapkan camilan yang bergizi untuk membantu otak bekerja optimal, seperti buah-buahan, susu, atau jus.

 

Belajar Sambil Bermain

Salah satu cara menyenangkan belajar di rumah adalah dengan belajar sambil bermain. Belajar tidak selalu dilakukan dengan metode kuno, Anda bisa membantu anak dengan belajar sambil bermain. Hal ini bisa diterapkan dengan bermain kuis atau hal-hal menyenangkan lainnya. Sehingga anak akan berpikir bahwa belajar bukan sesuatu yang membosankan.

Sesekali Anda bisa mengajak anak untuk belajar di halaman rumah, taman atau di area terbuka untuk menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan. Belajar di rumah tidak harus selalu di ruangan tertutup. Bahkan Anda bisa menciptakan suasana sekreatif mungkin sehingga anak tidak bosan.

 

Jauhkan Benda yang Mengundang Interaksi

Belajar di Rumah

kompas

 

Anak harus jauh dari segala benda yang akan mengundang interaksi saat belajar. Seperti gadget, tv, video game atau sejenisnya. Bukannya belajar, anak akan teralih perhatiannya akan barang-barang seperti itu. Belajar di rumah memang tidak perlu dilakukan terlalu serius, tapi Anda juga harus menerapkan aturan sehingga belajar lebih kondusif.

 

Fokus

Terakhir, anak harus tetap fokus agar belajar dapat optimal. Membuat suasana belajar yang santai sangat dianjurkan saat belajar di rumah, namun anak harus tetap fokus pada materi yang dipelajari.

Untuk anak sekolah, belajar di rumah sangat penting untuk membantu anak menyerap materi lebih baik. Bukan hanya di rumah, mungkin sesekali juga perlu belajar di tempat rekreasi atau taman hiburan lain. Ubah mind set anak bahwa belajar itu menyenangkan.

Be the first to write a comment.

Your feedback