3 Kegiatan Seru Selama Self-Quarantine Corona!

Vana Vana,
0
Kegiatan Seru Selama Self-Quarantine Corona!

Wabah Corona yang sedang marak terjadi ini mungkin menghambat kegiatan kita untuk keluar rumah, sekolah, dan beraktivitas. Bagi kalian para pelajar, mungkin seharian di rumah akan terasa sangat membosankan. Banyak sekali dari kita yang bingung hal apa saja yang dapat dilakukan di rumah selama kegiatan home-learning. Tapi jangan khawatir, sebenarnya banyak loh aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah dan juga sarat pembelajaran!  Ingat bahwa proses belajar memang sebetulnya tidak melulu harus didapatkan saat membaca buku atau mendengarkan guru. Sebaliknya, belajar bisa dilakukan di mana saja dan dengan cara apa saja! Apa saja  kegiatan seru selama self-quarantine yang sarat manfaat dan pembelajaran yang bisa kamu lakukan di rumah?

Nah, berikut ini merupakan 3 kegiatan yang asyik tapi juga sekaligus bisa menjadi sarana kamu dalam belajar di rumah. Yuk, disimak!

  1. Memasak

Guys, belajar memasak penting banget loh untuk dipelajari. Selain kamu menjadi mahir memasak kamu juga dapat membuat perut kamu kenyang. Tidak hanya itu, belajar memasak juga terbukti memiliki banyak manfaat, diantaranya: mengajarkan kemandirian, ketelitian, melatih emosi, serta mengembangkan kreativitas. Kini perkembangan teknologi pun juga bisa dimanfaatkan dan mempermudah kalian yang ingin belajar memasak. Banyak sekali resep maupun tutorial memasak yang bisa kamu dapatkan melalui Youtube atau Google.

Bagi kalian yang baru pertama kali mencoba memasak, kalian bisa memilih resep-resep yang simpel sebagai permulaan. Sebagai contoh, sandwich adalah salah satu menu yang cukup mudah untuk dilakukan pemula. Proses pembuatannya juga tidak lama, hanya membutuhkan waktu selama  20 menit saja! Yang perlu kamu siapkan hanya roti tawar, smoked beef, keju, dan mayonnaise. Sisanya dapat dikreasikan sesuai selera kamu sendiri. Selamat mencoba, ya!

 

    2. Membereskan Barang atau Rumah

Mungkin membereskan barang atau rumah terdengar tidak begitu penting dan tidak bisa menjadi sarana pembelajaran bagi kamu. Eitss… Jangan salah! Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Universitas Harvard, Amerika Serikat, kegiatan membereskan barang pribadi maupun rumah dapat disebut sebagai proses pembelajaran juga, loh. Dengan melakukan kegiatan ini, kamu bisa belajar keterampilan motorik, kemampuan mengorganisasi, dan melatih tanggung jawab. Selain itu,  dengan lingkungan yang bersih dan rapi, secara tidak sadar mood kamu juga bisa berubah menjadi lebih positif. Membereskan barang atau rumah mungkin dapat dimulai dari hal yang paling mudah dibersihkan dan sering digunakan, seperti misalnya lemari pakaian. Kamu bisa mencoba menyusun pakaian-pakaianmu dengan kategori atau urutan tertentu, contohnya berdasarkan warna, sering atau tidaknya dikenakan, dan lain sebagainya. Nah, apabila sehari-hari biasanya kamu sudah sibuk bekerja atau belajar, ini saat yang tepat untuk bisa mulai merapikan barang-barangmu!

 

     3. Olahraga

Olahraga merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Maka dari itu, kegiatan olahraga juga dapat dijadikan salah satu pembelajaran mengolah tubuh. Dengan tubuh yang kuat maka kamu pun akan menjadi sehat. Manfaat yang didapatkan dari olahraga juga banyak, seperti membuat tubuh lebih ideal, meningkatkan daya pikir, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan pikiran positif. Dengan manfaat inilah, kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus termasuk virus COVID-19 yang sedang marak di dunia. Jika kamu bingung olahraga apa yang harus dilakukan, kamu dapat mencari video-video olahraga di Youtube yang dapat kamu gunakan sebagai acuan dalam berolahraga. Beberapa referensi video olahraga mudah di rumah yang dapat kamu lakukan adalah 10 simple exercises to lose weight at home, easy warm up cardio workout, dan 10 minutes beginner workout. Perlu diingat bahwa kegiatan olahraga tidak selalu harus dilakukan dengan gerakan sulit, gerakan mudah pun juga dapat disebut sebagai olahraga loh!

Itulah dia 3 kegiatan seru selama self-quarantine yang sarat manfaat dan pembelajaran yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi positif untuk mengisi waktu di rumah selama merebaknya virus Corona, ya!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback