Cara Mengajarkan Anak Menulis dengan Rapi

Jessica,
0
Sorce - pixabay

Mengajarkan anak menulis dengan rapi tentunya bukan hal yang mudah, terlebih lagi anak tidak akan bisa tiba-tiba mahir menulis. Sebagai orang tua, peran Anda sangat penting untuk membantu melatih motorik halus sang buah hati. Dengan latihan dan semakin matang perkembangan otak si kecil, tulisannya akan semakin baik. Kemampuan menulis memang memerlukan keterampilan yang kompleks.

Beberapa anak memang menghadapi masalah dalam menulis. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika si kecil masih belum dapat menulis dengan rapi. Hal yang harus Anda lakukan adalah terus mendukung dan mendorong anak untuk terus mencoba menulis. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak menulis dengan rapi. Berikut ini ulasannya:

 

1. Mengajarkan anak cara memegang pensil dengan benar

Source - pixabay

Source – pixabay

 

Hal pertama yang perlu Anda ajarkan pada anak adalah cara memegang pensil dengan benar. Mulailah menggunakan pensil untuk memudahkan mereka untuk menghapusnya saat melakukan kesalahan.

Cara yang selama ini diajarkan untuk membuat tulisan tampak rapi adalah memegang pensil dengan ibu jari dan telunjuk, sementara ketiga jari lainnya ditempatkan di belakang telunjuk. Lakukan gerakan ini secara berulang sampai anak paham bagaimana cara memegang pensil dengan benar.

 

2. Ajarkan anak menulis sesuai dengan garis kertas

 

Berikan kertas bergaris kepada anak sebagai media untuk menulis. Ajarkan si kecil tentang titik untuk menuliskan huruf besar maupun huruf kecil. Jika anak Anda sudah paham, mintalah dia untuk menuliskan huruf secara sejajar.

Apabila ada huruf yang tidak sejajar ataupun miring, mintalah anak untuk menghapus dan mengulanginya kembali. Yang terpenting, anak Anda harus menuliskan huruf sesuai dengan garis.

 

3. Mulai latihan dengan satu huruf

Sorce - pixabay

Sorce – pixabay

 

Cara mengajarkan anak menulis selanjutnya adalah dengan memintanya untuk menuliskan satu huruf dalam selembar kertas. Lakukan hal ini beberapa kali sampai si kecil dapat menulis huruf tersebut dengan rapi. Jika Anda melihat huruf yang dibuat anak cukup baik, mintalah dia untuk menuliskan huruf lain. Latihlah anak Anda sampai bisa menuliskan semua huruf dengan baik.  

 

4. Ajarkan anak dengan telaten

 

Mengajari anak untuk menulis dengan rapi dibutuhkan kesabaran. Sebab, anak perlu mengulang latihan beberapa kali hingga bisa menuliskan sesuatu dengan rapi. Saat anak melakukan kesalahan, biarkan dia menghapus tulisannya. Selain itu, minta anak untuk beristirahat sesekali agar tangan mereka tidak pegal.

 

5. Lakukan permainan untuk melatih anak menulis

memuji-anak - pixabay.com

memuji-anak – pixabay.com

 

Beberapa anak memiliki cara belajar berbeda sehingga diperlukan teknik khusus. Lakukan cara yang menyenangkan untuk mengajarkan anak menulis, misalnya dengan melakukan permainan yang mereka suka. Kebiasaan ini sangat baik dilakukan dan membuat anak merasa tidak bosan dengan apa yang mereka lakukan.

 

6. Ajarkan anak ejaan

 

Teknik mengeja untuk membaca atau menulis memang tidak terlalu diandalkan. Para orang tua lebih memilih untuk mengenalkan huruf secara langsung. Ternyata, hal tersebut malah membuat anak sulit untuk mengerti. Saat Anda mengajarkan anak menulis, sebaiknya mulailah dengan mengajari ejaan sederhana. Jika anak dapat mengeja dengan baik, mereka akan terbiasa menulis dengan benar dan rapi.

Ayah Bunda, mengajarkan anak menulis dengan rapi memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Anda tidak bisa memaksa anak untuk mahir menulis dalam waktu yang singkat. Selain itu, hindarilah melakukan cara yang keras seperti membentak ketika mereka melakukan kesalahan. Sebab, hal itu dapat memicu trauma yang membuat mereka enggan untuk latihan menulis. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga komunikasi yang  baik dengan si kecil selama mengajarinya latihan menulis.

Be the first to write a comment.

Your feedback