Cara Menemani Anak Belajar Di Rumah 

Vana Vana,
0
Anak Belajar Di Rumah

Setiap anak tentu saja akan belajar di rumah, karena itu merupakan salah satu cara anak untuk menambah ilmu pengetahuan agar prestasi di sekolah tetap baik.

Sebagai orang tua, Anda tentu saja akan menjadi pendamping anak Anda untuk belajar, membantu mengerjakan pekerjaan rumah atau tidak membantu pertanyaan yang sulit untuk anak Anda, dan berikut beberapa tips agar Anda bisa mengikuti proses belajar di rumah bersama anak Anda agar tetap menyenangkan.

Meski Anda terbiasa membiarkan anak Anda untuk belajar sendiri di rumah, bukan berarti untuk mendampingi mereka akan menurunkan minat belajar anak Anda.

Menurut U.S Department of Education, ketika orang tua terlibat dengan tugas sekolah anak, akan ada peningkatan komunikasi dalam hal sekolah maupun keluarga.

Dengan menemani anak bnelajar di rumah, orang tua dapat memahami apa yang dipelajari oleh anak di sekolah dan kesulitan apa yang mereka hadapi di sekolah selama ini.

Sagar Anda dan anak Anda bisa memperoleh manfaat tersebut, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tips seperti dibawah ini:

  • Buat lingkungan yang nyaman

Salah satu cara yang bijak ketika Anda ingin menemani anak Anda untuk belajar di rumah adalah menciptakan suasana yang nyaman untuk Anda dan juga anak Anda.

Anda bisa menemani anak Anda belajar di ruangan yang minim gangguan, seperti televisi atau ponsel mereka, anak Anda juga bisa Anda ajak untuk belajar di ruang kerja Anda atau kamar mereka, hal ini agar anak Anda tetap bisa berkonsentrasi ketika sedang belajar.

Mungkin ada saatnya dimana Anda merasa anak Anda lebih produktif saat mengerjakan tugas mereka sendirian, jika seperti itu, Anda jangan mendiktenya, cukup hadir di dekat mereka dan jawablah pertanyaan jika memang anak Anda mengalami kesulitan.

Anda juga bisa bertanya kepada anak Anda dimana baiknya anak Anda dan Anda untuk belajar maupun mengerjakan tugas, dengan begitu, Anda dan anak sama-sama mengetahui mana yang nyaman untuk bisa meningkatkan keinginan untuk belajar anak Anda.

Pastikan juga ketika sedang belajar atau mengerjakan tugas, semua kebutuhan anak Anda sudah siap seperti alat tulis dan juga hal lainnya, dengan begitu, proses belajar anak Anda tidak terganggu karena penunjang tersebut belum lengkap.

 

  • Bantu buatkan rencana

Selain menciptakan suasana nyang nyaman, mendampingi anak belajarj uga bisa dilakukan dengan membantu mereka membuat rencana untuk mereka, rencana yang dimaksud adalah membantu mereka untuk menentukan jadwal belajar mereka agar mereka bisa mengatur waktu mereka dengan baik.

Umumnya, biarkan anak membiarkan anak menyelesaikan tugas sebelum waktu mereka untuk makan malam, karena semakin malam, maka akan sulit untuk anak untuk berkonsentrasi.

Gunakan akhir pekan pada pagi atau sore hari untuk mengerjakan tugas kelompok anak Anda, agar semua bisa di atur.

 

  • Menjadi penyemangat

Penyemangat merupakan salah satu peran penting ketika Anda mendampingi anak Anda belajar di rumah.

Anda bisa menanyakan kabar anak Anda saat itu, apa yang terjadi di sekolah dan bagaimana proses belajar mengajar mereka di sekolah, selain itu ketika anak sedang mengerjakan tugasnya, Anda bisa menjadi contoh yang baik dengan mengerjakan pekerjaan Anda.

Ketika anak juga bertanya kepada Anda, Anda bisa mencoba memberikan bantuan terlebih dahulu, bukan langsung memberikan jawaban kepada anak Anda, dengan begitu, anak Anda akan berpikir terlebih dahulu sebelum langsung mengetahui jawabannya dari Anda, bisa saja dengan bantuan Anda, anak Anda bisa mengetahui jawaban yang dia perlukan.

Hal ini diperlukan agar anak Anda tidak terbiasa mengambil jalan pintas dengan meminta jawaban tersebut langsung kepada Anda.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback