Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak Masuk SD?

Jessica,
0
Anak Masuk SD

Anak masuk SD merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk orang tua. Meski demikian, tak sedikit orang tua yang merasa cemas ketika anak masuk SD. Umumnya ketakutan orang tua lebih pada pendidikan yang akan diterima si kecil.

Agar tidak salah langkah, sebelum anak masuk SD, Anda wajib memerhatikan sejumlah hal di bawah ini!

Memilih sekolah yang tepat

Anak Masuk SD

Sumber : gotomalls.com

 

Ketika anak masuk SD, di sinilah peran orang tua dibutuhkan. Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika anak akan memasuki sekolah dasar adalah sekolah itu sendiri. Anda harus memperhatikan sistem pembelajarannya, peraturan sekolah, dan kualitas para gurunya agar anak Anda mendapatkan pendidikan terbaik.

Dengan mengetahui kualitas pendidikan dan peraturan yang diterapkan sekolah tersebut, Anda akan lebih mudah melepas si kecil untuk menimba ilmu demi masa depan tanpa rasa khawatir.

Tingkatkan Kemampuan Belajar

Anak Masuk SD

Sumber : pinterest.com

 

Jauh hari sebelum anak masuk SD, Anda wajib mengajarkan dan membantu anak dalam belajar. Hal ini harus dilakukan mengingat sejumlah sekolah dasar mewajibkan anak harus bisa membaca dan menguasai matematika dasar, yakni berhitung.

Ketika ia telah masuk sekolah, ajak anak belajar bersama di rumah. Berikan tips mudah dalam menghafal atau memahami pelajaran. Dampingi anak ketika mengerjakan PR. Ingatkan anak untuk mencatat hal-hal penting yang dipelajari di sekolah dan mempelajarinya kembali di rumah bersama Anda. Luangkan waktu selama satu jam bersama anak untuk meningkatkan kemampuan belajarnya.

Tanamkan Manajemen Waktu

Anak Masuk SD

Sumber : glints.com

 

Sebagian besar anak cenderung malas untuk berangkat sekolah karena masih asyik dengan tidurnya. Ajarkan anak untuk bangun pagi dan menyiapkan segala keperluan sekolahnya, seperti buku yang harus dibawa. Termasuk, mengerjakan tugasnya pada sore atau malam hari.

Bicarakan juga tentang kerapian kamarnya yang harus selalu dijaga agar ia merasa nyaman ketika belajar di rumah. Biasakan anak untuk menuliskan kegiatan dari mulai hal penting sampai tidak penting agar ia mengetahui mana yang harus diprioritaskan lebih dulu.

Dengan manajemen waktu yang baik, anak akan belajar mengenai disiplin dan tanggung jawab. Jangan terkejut jika di masa mendatang anak Anda akan menjadi pelajar sukses.

Pastikan Anak Berangkat dalam Kondisi Siap Belajar

Anak Masuk SD

Sumber : ibudanmama.com

 

Anda harus memastikan anak sudah siap masuk SD. Tidak hanya fisik, tetapi juga mental. Berikan sarapan yang bernutrisi dan bergizi tinggi pada anak agar buah hati Anda lebih berkonsentrasi dan mudah menerima pelajaran. Bekali anak dengan camilan atau makan siang yang sehat agar anak dapat memulihkan energi untuk belajar.

Selalu berikan perhatian dan semangat pada buah hati Anda dengan memberikan pelukan atau kecupan sebelum ia masuk sekolah. Jelaskan betapa menyenangkannya sekolah karena ia akan bertemu banyak teman baru. Jangan ragu untuk memberinya pujian jika ia berhasil melakukan sesuatu dengan baik dan benar. Hal lain yang penting untuk Anda lakukan adalah mengatur juga jam tidur anak. Jangan sampai ia kurang tidur dan bangun terlambat keesokan harinya.

Ciptakan Suasana Nyaman di Rumah

Anak Masuk SD

Sumber : isigood.com

 

Umumnya, anak lebih rentan mengalami bosan selepas belajar di sekolah. Rasa lelah akan membuat anak mengantuk dan malas mengulang pelajaran yang ia dapatkan di sekolah. Suasana yang tidak mendukung, seperti berantakan atau warna dinding yang terkesan kusam pun semakin membuat anak kian malas belajar.

Untuk menumbuhkan minat belajar anak, ciptakan ruangan yang nyaman agar ia semangat belajar. Anda bisa membuat ruang belajar kecil dengan meja tertata rapi dan warna dinding yang segar. Selain membangkitkan semangat belajar anak, hal ini juga akan membuatnya merasa senang.

Pastikan untuk menghindari penggunaan TV di kamar anak atau di area dekat ruang belajar. Atur jadwal belajar dan bermain anak sehingga ia dapat menyelesaikan kewajibannya tepat waktu.

Itulah sederet hal yang wajib Anda perhatikan saat anak masuk SD. Semoga bermanfaat!

Be the first to write a comment.

Your feedback