Bunda, Ini Dia Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

Jessica,
0

Hal pertama yang paling menegangkan saat melihat rapor anak adalah apakah nilai yang mereka peroleh sesuai dengan harapan atau sebaliknya. Sebagai orang tua, Anda pasti khawatir jika sang buah hati mendapatkan nilai yang jelek. Tidak ayal, jika berbagai cara mengatasi nilai pelajaran anak yang jelek dilakukan, seperti mengikutsertakan dalam berbagai bimbingan belajar.

Pertanyaannya, bagaimana cara yang paling tepat dalam menyikapi nilai mata pelajaran anak yang tidak sesuai dengan harapan? Apakah yang perlu dilakukan oleh para orang tua untuk mengatasi situasi seperti ini? Bukan memarahi, justru peran orang tua sangatlah besar dalam menghadapi hal ini. Yuk, simak cara mengatasi nilai pelajaran anak yang jelek berikut ini.

Tunjukkan Empati

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

huffingtonpost.com

Bunda, hasil yang diraih oleh anak dalam suatu mata pelajaran dipengaruhi oleh banyak hal, seperti minat anak, kemampuan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, serta peran orang tua di rumah. Oleh karena itu, saat sang buah hati tidak mampu mendapatkan nilai memuaskan, Anda tidak boleh membebankan kesalahan kepadanya. Sebaliknya, Bunda perlu menunjukkan empati saat anak menghadapi kondisi seperti ini. Ingat, menyalahkannya secara berlebihan akan membuat anak merasa semakin tertekan sehingga ia kesulitan untuk memperbaiki diri.

Tetap Memberikan Apresiasi

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

trenzing.id

Cara mengatasi nilai pelajaran anak yang jelek yang juga bisa Bunda lakukan adalah memberikan apresiasi penuh kepadanya, meskipun ia mendapatkan nilai yang tidak sesuai dengan harapan Anda. Bunda tetap harus memberikan apresiasi kepadanya, terlebih jika ia sudah berupaya untuk tekun belajar. Berikan semangat kepada anak dan beritahu bahwa nilai yang buruk bukan petaka dan dapat diperbaiki dengan usaha lebih giat lagi.

Ajarkan Anak untuk Tetap Semangat

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

parentingdialogue.com

Cara mengatasi pelajaran anak yang jelek selanjutnya adalah mengajarkannya untuk tetap semangat. Kegagalan mendapatkan nilai yang baik tentunya akan membuat anak merasa kecewa. Hal ini sebenarnya wajar, tapi kemampuan setiap anak dalam menerima kegagalan tentunya berbeda. Hindari menghukumnya saat gagal meraih nilai yang memuaskan. Sebaliknya, Anda bisa memberikan semangat dan dukungan agar bisa bangkit dan memperbaikinya.

Fokus dengan Jenis Mata Pelajaran yang Sulit Dikuasai

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

additudemag.com

Bunda, tidak seluruh mata pelajaran dapat dikuasai anak secara bersamaan, lho! Setiap anak pasti memiliki kelemahan di salah satu mata pelajaran. Inilah tugas Anda untuk membantu anak mencari tahu letak kelemahan. Ini adalah salah satu alternatif cara mengatasi nilai pelajaran anak yang jelek yang bisa Bunda lakukan.

Dengarkan Keluh Kesah Anak

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

huffingtonpost.com

Nilai pelajaran yang buruk bukanlah akhir dari segalanya. Setiap orang tua harus berusaha memahami. Saat anak mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, cobalah untuk mengerti dari sudut pandang anak. Anda bisa mendengarkan keluh kesah mereka dan mencari tahu apa yang menjadi kesulitannya selama ini.

 Dampingi Belajar

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

rd.com

Ketika anak sudah menceritakan kendala yang dihadapinya, sekarang adalah waktu yang paling tepat bagi Anda untuk mendampinginya. Ajak dia untuk membahas soal ujian yang sebelumnya dikerjakan. Jika dia merasa kesulitan, Anda bisa mendampingi untuk menyelesaikannya. Tunjukkan bahwa Bunda mampu menjadi teman diskusi yang menyenangkan.

Jangan Membandingkan

Cara Mengatasi Nilai Pelajaran Anak yang Jelek

stylewhack.com

Mungkin masih banyak orang tua yang membandingkan anak mereka dengan anak lainnya saat mendapatkan nilai buruk. Hal ini tentu saja sangat tidak disarankan karena akan membuat anak semakin terbebani. Ingat, setiap anak memiliki kemampuan berbeda sehingga Bunda tidak bisa membandingkannya dengan orang lain.

Itu dia cara mengatasi nilai pelajaran anak yang jelek. Cukup mudah kan, Bunda? Jadi, mulai sekarang tidak perlu lagi merasa kecewa berlebihan atau kesal saat anak mendapatkan nilai kurang memuaskan ya! Sebaliknya, dampingi dan berikan dia semangat agar berusaha untuk memperbaiki diri supaya mendapatkan hasil yang baik di kemudian hari.

Be the first to write a comment.

Your feedback