Anak Mogok Sekolah? Begini 5 Cara Merayu Anak agar Mau Berangkat Sekolah

Jessica,
0
Anak Mogok Sekolah

Ketika si kecil sudah memasuki usia sekolah, rasa khawatir sering menghantui orang tua. Jika biasanya sang anak berada dibawah pengawasan Anda secara penuh, kali ini Anda harus memasrahkannya ke pihak sekolah. Namun untuk kasus si kecil yang baru mulai masuk TK ataupun SD, orang tua sering mendampingi di awal karena tidak semua anak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Sering muncul masalah anak mogok sekolah dan ini membuat orang tua semakin pusing.

Anak mogok sekolah bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk rasa tidak percaya diri dan takut tidak mendapatkan teman. Ketika menghadapi masalah ini sebagai orang tua Anda harus bertindak aktif dan jangan menggantungkan problem tersebut pada pihak guru. Cari tahu penyebab dan juga solusinya agar si kecil tidak mogok. Berikut ini adalah beberapa cara efektif membujuk anak agar mau berangkat sekolah, di antaranya adalah:

Memberi pengertian tentang manfaat sekolah

Anak Mogok Sekolah

pixabay.com

Jika anak mogok sekolah, jangan Anda marahi atau paksa untuk bersekolah karena akan memperburuk keadaan. Si kecil akan semakin enggan berangkat sekolah. Berikan pengertian tentang pentingnya sekolah bagi anak Anda, misalnya si kecil jadi bisa membaca, berhitung, menggambar, dan lain-lain. Jelaskan juga bahwa dengan pergi ke sekolah anak Anda bisa bermain sambil belajar dan mendapat banyak teman.

Menceritakan hal menyenangkan di sekolah

Anak Mogok Sekolah

pixabay.com

Membujuk si kecil saat anak mogok sekolah salah satunya dengan cara menceritakan kondisi sekolah yang menyenangkan. Misalnya, dengan memberitahu bahwa di sekolah ada taman luas yang bisa digunakan untuk bermain. Jika anak Anda suka berolahraga, ceritakan kalau di sekolah juga terdapat lapangan untuk bermain sepakbola. Dengan memberitahu hal menarik mengenai sekolah, anak Anda akan berpikir bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan sehingga ia tidak takut berangkat sekolah.

Bersosialisasi dengan teman-teman

Anak Mogok Sekolah

pixabay.com

Salah satu penyebab anak mogok sekolah adalah karena malu dan tidak bisa berbaur dengan teman yang lain. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengajak si kecil bermain bersama teman-temannya agar ia bisa lebih percaya diri. Selain itu, Anda juga bisa membujuk teman-temannya agar mau menyapanya terlebih dahulu. Dengan mengajaknya berbaur bersama teman-temannya, si kecil akan menjadi lebih terbuka dan nyaman beraktivitas di sekolah.

Menawarkan hadiah

Anak Mogok Sekolah

pixabay.com

Dengan memberikan hadiah akan semakin memotivasi si kecil untuk rajin berangkat sekolah. Reward yang akan Anda berikan bisa dalam bentuk apa saja, sesuaikan dengan keinginan anak Anda. Meski cara membujuk ini sangat efektif, namun sebaiknya jangan dibiasakan karena akan membuat anak Anda menjadi manja. Berikan hadiah sesekali saja agar ia merasa senang dan tidak malas sekolah.

Memberikan semangat sekolah

Anak Mogok Sekolah

pixabay.com

Sebagian besar anak mogok sekolah karena merasa bosan dan tidak semangat lagi. Sebagai orang tua, Anda harus memberinya semangat setiap hari dengan bertanya kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah. Selain itu, tanyakan juga apakah ada pelajaran yang susah, bagaimana sikap guru serta teman-teman, cita-cita yang ingin dicapai, dan lain sebagainya. Perhatian yang Anda berikan tersebut akan membuat anak lebih semangat sekolah.

Kelima cara mengatasi anak mogok sekolah diatas harus dilakukan dengan sabar. Cari tahu dulu apa penyebab anak tidak mau berangkat sekolah. Jika penyebabnya berasal dari anak sendiri, Anda harus rajin memberikan motivasi agar si kecil tidak malas sekolah. Namun jika penyebabnya adalah faktor luar misalnya tidak cocok dengan teman, konsultasikan dengan guru supaya mendapatkan solusi terbaik.

Be the first to write a comment.

Your feedback