Ingin Kuliah Program Double Degree? Yuk, Simak Tipsnya!

Jessica,
0
Kuliah Program Double Degree

Banyak universitas di Indonesia bekerja dengan berbagai universitas luar negeri mengadakan kuliah program double degree. Mengikuti program kuliah ini mahasiswa berkesempatan untuk memiliki dua gelar dalam satu waktu. Berikut ini merupakan tips untuk kamu yang ingin kuliah di jenis program ini.

  1. Luruskan niat

Kuliah Program Double Degree

wawasanpenabur.org

Mengikuti kuliah program double degree cenderung lebih sulit dibandingkan dengan perkuliahan biasa. Kamu akan menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Oleh karena itu, kamu harus meluruskan niat dan tekad agar dapat memulai dan menyelesaikan program kuliah ini.

  1. Belajar bahasa Inggris

Kuliah Program Double Degree

listenandlearn.org

Belajar bahasa Inggris sangatlah penting dalam mengikuti kuliah program double degree. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar saat berkuliah di luar negeri. Kamu juga akan menulis skripsi dalam bahasa Inggris. Persiapkan kemampuan berbicara serta menulis dalam bahasa Inggris dengan baik. Kemampuan kamu dapat terbukti dengan adanya sertifikat TOEFL atau IELTS.

Jika universitas program double degree berada di Eropa, kamu lebih baik mempersiapkan nilai IELTS. Universitas Eropa cenderung memilih IELTS untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti kursus IELTS agar nilai IELTS sesuai dengan standar yang ditentukan.

  1. Penuhi persyaratan pendaftaran

Kuliah Program Double Degree

biancazenkees.com

Tips selanjutnya adalah penuhi persyaratan pendaftaran. Ada banyak persyaratan yang harus kamu siapkan dan penuhi. Semua persyaratan memerlukan waktu persiapan yang relatif lama. Kamu harus menyiapkan berbagai persyaratan seperti paspor, visa, curriculum vitae, surat motivasi, surat rekomendasi, transkrip nilai, sertifikat TOEFL/IELTS, sertifikat prestasi, dan lain-lain.

  1. Cari beasiswa

Kuliah Program Double Degree

debt.org

Kuliah program double degree menghabiskan dana yang tidak sedikit. Biaya yang tidak sedikit sering menjadi halangan untuk kuliah double degree. Kamu harus menyiapkan semua biaya mulai dari biaya pendaftaran hingga biaya keperluan selama kuliah di luar negeri.  Jika kamu memiliki uang yang cukup, proses kuliah akan lebih muda.

Namun, jika kamu masih menginginkan kuliah program double degree tanpa biaya alias gratis, kamu bisa mencari beasiswa. Kamu bisa mencari informasi beasiswa di Orange Tulip Scholarship (OTS) oleh Nuffic Neso. Beasiswa ini dapat membantu kamu untuk kuliah double degree di universitas di Eropa, terutama universitas di Belanda.

Selain beasiswa, kamu bisa mengajukan proposal bantuan dana untuk perkuliahan double degree di rektorat, kopertis, atau DIKTI. Ini juga salah satu cara membantu membayar biaya kuliah.

  1. Menyiapkan dana atau deposit

Kuliah Program Double Degree

pixabay.com

Walau kamu mendapatkan beasiswa atau bantuan dana, kamu tentu harus menyiapkan dana atau deposit untuk bisa menetap di negara tempat kamu kuliah. Kamu harus menunjukkan bahwa kamu memiliki uang tabungan sejumlah kurang lebih 60 juta. Hal itu bisa dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan.

Jika kamu tidak memiliki uang sejumlah yang disebutkan, kamu bisa membuat surat keterangan atas nama orang tuamu. Surat keterangan tersebut berisikan bahwa orang tua akan menanggung jawab biaya kuliah selama di luar negeri.

  1. Mempelajari kebiasaan dan menyesuaikan

Kuliah Program Double Degree

educationone-indonesia.com

Kesulitan yang paling sering dihadapi adalah mengenai cara beradaptasi. Kamu harus menyesuaikan iklim akademis di luar negeri. Kamu akan bertemu dengan berbagai teman dari beberapa negara. Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara bergaul dengan mereka. Jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman kelompok dan dosenmu. Jika kamu kesulitan belajar atau kurang mengerti dengan penjelasan dosen, kamu bisa merekam penjelasannya. Kamu juga bisa meminta tolong dosen untuk menjelaskan poin-poin yang kurang kamu mengerti.

Sekarang keinginan untuk kuliah program double degree bisa dengan mudah dilakukan. Baca dan terapkan tips-tips tersebut dan kamu bisa memiliki dua gelar sarjana ketika sudah lulus kuliah.

Be the first to write a comment.

Your feedback