Bukan Hanya Sekolah, Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Orangtua Sebagai Pendidik Bagi Anak

Jessica,
0
Kemandirian Anak

Peran orangtua terhadap anaknya ada berbagai macam salah satu yang paling penting adalah orangtua sebagai pendidik. Ya, meskipun anak Anda telah disekolahkan di sekolah berkualitas, sebagai orangtua Anda tetap harus mengemban fungsi pendidikan di rumah. Hal ini penting supaya proses pembelajaran yang dilakukan anak menjadi lebih optimal.

Hal apa saja sih yang harus dilakukan oleh orangtua sebagai pendidik anak di rumah? Apakah Anda harus mengajarkan semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah? Tentu tidak. Inilah beberapa peran orangtua sebagai pendidik di rumah yang harus Anda perhatikan:

  1. Memberi contoh yang baik

Ada banyak orangtua yang menyuruh anaknya untuk menjadi lebih baik daripada mereka, tetapi tidak memberikan contoh yang benar-benar baik. Supaya anak memiliki karakter yang lebih baik daripada orangtua, orangtua haruslah memberikan contoh nyata yang dapat ditiru oleh anak.

Menyuruh anak tanpa memberikan contoh yang baik akan membuat anak tidak mau berperilaku sesuai dengan yang Anda inginkan. Menurutnya, bila Anda saja tidak bisa berperilaku sesuai dengan apa yang Anda perintahkan, mengapa mereka harus mengikutinya?

  1. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah

Sudah semestinya orangtua menemani anak belajar dan juga membantu pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolah. Meskipun Anda sibuk, Anda tetap harus melakukannya di sela-sela waktu sibuk dengan teknologi video call, atau sepulang kerja.

Bagaimana bila Anda tidak paham mengenai pelajaran yang diajarkan di sekolah? Anda bisa kok mencari informasinya di internet. Sudah banyak platform yang menyediakan informasi mengenai mata pelajaran di sekolah. Meskipun Anda tidak bisa sepenuhnya tahu mengenai semua materi di sekolah, tetapi keterlibatan Anda dalam membantu anak sudah sangat berarti baginya.

  1. Menetapkan tolok ukur bagi anak

Mengingat usia anak yang belum matang, sudah seharusnya bagi Anda untuk menetapkan tolok ukur norma yang baik bagi anak. Hal ini penting supaya anak bisa menjadi disiplin.

Apa saja hal yang sebenarnya baik boleh dilakukan dan apa saja hal-hal yang sebaiknya dihindari? Tidak semua pengaruh temannya di sekolah baik. Jadi, Anda perlu berfungsi sebagai tameng akan hal itu. Bila orangtua tidak secara tegas memberlakukan standar ini, maka anak pun akan jadi seenaknya dan tidak tahu mana yang baik dan mana yang buruk saat dewasa nanti.

  1. Tidak selalu memanjakannya

Menyayangi anak memang harus tetapi tidak sama lho, menyayangi dengan memanjakan. Orangtua yang selalu memanjakan anak akan selalu menuruti semua kemauan anaknya meskipun kemauan itu tidak baik untuknya.

Sementara itu, orangtua yang bijak tahu kapan harus memberikan apa yang anak minta dan kapan harus menolaknya.

Ajarkan anak untuk memahami bagaimana kehidupan ini berjalan dan jangan selalu memberikan apa yang dia ingin. Tidak mau bukan anak Anda menjadi lembek dan tidak dapat diandalkan? Jangan sampai menyesal belakangan, ya.

  1. Memberi penghargaan pada anak

Jangan salah. Peran orangtua sebagai pendidik juga meliputi bagaimana cara menghargai anak. Permasalahannya, banyak orangtua yang hanya memberikan perintah pada anak tetapi lupa untuk memuji dan memberikan penghargaan jenis lain kepada anak.

Anak pun akan merasa bahwa selama ini usahanya sia-sia belaka dan dia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak pernah puas serta dingin. Di masa depan, dia pun berpotensi menjadi orangtua yang buruk. Untuk itu, yuk biasakan memberikan pujian dan juga mengucapkan terima kasih kepada setiap hal baik dan dilakukan oleh anak

Itulah beberapa peran penting orangtua sebagai pendidik di rumah jadi sudah siapkah mendidik anak Anda dengan baik? Memutuskan memiliki anak, berarti juga telah siap untuk menjadi pendidik, ya.

Be the first to write a comment.

Your feedback