Ingin Melatih Kemandirian Anak? Lakukan 8 Aktivitas Ini

Jessica,
0
Melatih Kemandirian Anak

Sama seperti keahlian lain, melatih kemandirian anak juga harus dilakukan sejak dini. Namun tidak sama seperti belajar membaca atau menulis, kemandirian tidak bias diperoleh secara instan. Dalam proses nya Anda mungkin akan menemukan masalah. Bisa jadi karena si kecil.

Saat si kecil mulai memasuki usia taman kanak-kanak, melatih kemandirian harus lebih sering merasa frustrasi duluan, marah atau bahkan mengamuk. Anda lakukan. Bagaimana memulai nya? Simak 8 aktivitas yang bias membantu Anda melatih kemandirian anak berikut ini!

Memilih Pakaian

Melatih Kemandirian Anak

aura.co.id

 

Ini merupakan kegiatan yang seru dilakukan sebelum jam tidur, terlebih jika Anda merasa pagi hari terlalu sibuk. Pada hari Minggu, cobalah ajak si kecil memeriksa pakaian dan memilih mana  saja yang akan diapakai sepanjang minggu. Anda mungkin akan sedikit berselisih paham dengannya, tapi ini patut Anda coba untuk melatih kemandirian anak memilih baju ny asendiri.

Ajari Si Kecil Mengenakan Pakaian nya Sendiri

Melatih Kemandirian Anak

tipsanakcerdas.com

 

Saat mulai masuk sekolah, anak seharusnya sudah mulai diajari bagaimana mengenakan pakaian sendiri. Anda bias mengajarinya satu per satu seperti mengenakan kemeja atau kaus kaki.

Menyiapkan Sarapan dan Makan Siang

Melatih Kemandirian Anak

sahabatnestle.co.id

 

Di rumah manapun, pagi merupakan jam paling sibuk. Anda mungkin merasa melibatkan si kecil untuk mempersiapkan keperluan nya akan memakan waktu lebih lama. Tapi cobalah ajak anak sesekali melihat bagaimana Anda membuat kan toast-nya atau menyiapkan kotak bekal nya. Jika si kecil menawarkan diri untuk menuang sendiri sereal dan susu ke dalam mangkuk nya, jangan halangi dia.

Menyusun dan Merapikan Meja

Melatih Kemandirian Anak

bp-guide.id

 

Memberikan peran pada si kecil di dalam rumah adalah salah satu cara terbaik melatih kemandirian anak. Ini juga mengajarkan pada nya bahwa semua orang di dalam rumah memiliki tanggungjawab masing-masing. Anda bias memulai dengan memberikan tugas sederhana seperti menyusun sendok sebelum makan malam atau meminta nyamerapikan kembali stoples camilan ketempat nya semula.

Merapikan Mainan nya Sendiri

Melatih Kemandirian Anak

ibudanmama.com

 

Ini merupakan masalah yang kerap di hadapi oleh para ibu. Anak-anak memang suka bermain, namun yang paling menjengkel kan adalah ketika dia tidak mau merapikan nya kembali. Untuk merangsang kemauan nya turut serta merapikan mainan, Anda bias menjadi kan nya sebagai sebuah permainan. Misalnya, “Siapa yang sudah memasuk kan puzzle ke dalam kotak, boleh peluk Ibu!” dan dengan berbagai rayuan lain.

Membersih kan Kamar dan Menaruh Pakaian Kotor

Melatih Kemandirian AnakMelatih Kemandirian Anak

blibli.com

 

Melibatkan anak sejak dini dalam aktivitas rumah sebenarnya bias dilakukan sedini mungkin. Ada banyak sekali tugasmudah yang bisa Anda berikan untuk melatih kemandirian anak. Bisa dimulai dengan hal kecil seperti merapikan selimut nya atau meletak kan pakaian kotornya ke dalam keranjang cuci.

Mandi dan Mengenakan Pakaian Tidur Sendiri

Melatih Kemandirian Anak

cantik.tempo.co

 

Sebelum Anda membiar kan si kecil mandi sendiri, ada baiknya Anda memberikan petunjuk demi petunjuk saat sedang memandikan nya. Bagaimana menggosok gigi yang tepat dan seberapa banyak sampo yang harus dia tuang ke telapak tangan nya. Ini akan sangat membantu ketika Anda memutuskan membiarkan nya melakukan semua sendiri.

Merawat Hewan Peliharaan

Melatih Kemandirian Anak

asuransisimasnet.com

 

Hewan peliharaan ternyata bias menjadi salah satu cara ampuh untuk menumbuhkan kemandirian dalam diri si kecil. Pilih kan hewan yang cocok dengan nya dan biar kan dia bertanggung jawab atas hewan itu. Beritahu kapan anak harus member ikan nya makan atau kapan dia harus membawa anjing nya berjalan-jalan. Ini juga akan menumbuh kan rasa kasih sayang dan pentingnya peduli kepada sesame termasuk hewan peliharaan.

Melatih kemandirian anak memang tidak bisa Anda lakukan dalam satu malam. Namun mendidiknya sejak dini akan sangat membantu perkembangan kognitifnya di masa depan. Perlu kesabaran dan langkah serbahati-hati untuk membuat si kecil melakukan apa yang Anda minta. Latih anak sesering mungkin, tapi jangan sampai memaksakan kehendak pada nya.

Be the first to write a comment.

Your feedback