Bisnis Sambil Kuliah? 5 Ide Bisnis Kreatif Ini Cocok untuk Mahasiswa

Jessica,
0
Ide Bisnis Kreatif

Menyandang status sebagai mahasiswa merupakan dambaan semua siswa yang sedang duduk di kelas 3 SMA. Mengapa tidak? Mahasiswa identik dengan kebebasan dan kreativitas. Bebas dalam segi jam belajar atau jam kuliah hingga bebas mengekspresikan pendapat. Fleksibilitas jam kuliah serta kreativitas yang dimiliki tidak jarang membuat para mahasiswa berpikir untuk mewujudkan ide bisnis kreatif bersama sesama rekan mahasiswa lainnya.

Berbicara mengenai ide bisnis kreatif, saat ini banyak sekali pilihan bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Pilihan bisnis ini tepat untuk mahasiswa karena bersifat tidak full time sehingga kamu masih bisa menjalankan bisnis di sela jadwal perkuliahan. Penasaran apa saja ide bisnis kreatif yang bisa kamu jalankan sambil kuliah? Cek artikel berikut ini.

Jual Beli Pulsa Elektrik

Ide Bisnis Kreatif

stolica-s.su

 

Di era yang serba digital, penggunaan smartphone akan semakin menjadi kebutuhan semua orang. Hal ini akan membawa keuntungan bagi penjual pulsa. Nah, buat kamu yang baru mau belajar berbisnis, kamu bisa memanfaatkan peluang dengan berbisnis jual beli pulsa elektrik. Bisnis ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam sekali penjualan adalah Rp500 hingga Rp2.000. Namun, yang harus kamu perhatikan adalah risiko berutang dalam pembayaran pulsa. Jadi sebaiknya kamu memperhitungkan keuntungan dan risiko-risiko dari bisnis jual beli pulsa elektrik ini.

Bisnis Online Shop

Ide Bisnis Kreatif

plus.google.com

 

Salah satu ide bisnis kreatif yang bisa kamu lirik adalah bisnis online shop. Kamu bisa memanfaatkan kebiasaan orang-orang yang gemar membeli barang secara online dengan memulai bisnis online shop. Kamu bisa bekerja sama dengan rekan-rekan sesama mahasiswa untuk menjual pakaian, aksesori, ataupun sepatu secara online. Saat ini banyak sekali forum jual beli yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis online shop kamu. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau Instagram sebagai tempat berjualan.

Bisnis Jasa Fotografer dan Videografer

Ide Bisnis Kreatif

stories.flipkart.com

 

Mahasiswa identik dengan jiwa yang penuh dengan ide-ide kreatif. Nah, salah satu ide bisnis kreatif yang bisa menampung ide-ide kreatif kamu adalah bisnis jasa fotografer dan videografer. Kamu bisa memulainya dengan mendokumentasikan acara-acara kampus untuk dijadikan portofolio. Setelah itu, jangan lupa manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis kamu, ya!

Guru Les Privat

Ide Bisnis Kreatif

carajadikaya.com

 

Salah satu bisnis yang banyak dijalankan oleh mahasiswa adalah menjadi guru les privat. Keuntungan yang kamu dapatkan pun cukup besar untuk ukuran seorang mahasiswa, yaitu sekitar Rp200.000 – Rp300.000 per anak. Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang kamu dapat di perkuliahan ataupun saat kamu sekolah untuk mengajarkan pelajaran ilmu pasti, seperti matematika & IPA, serta ilmu sosial dan bahasa.

Bisnis Kuliner

Ide Bisnis Kreatif

carajadikaya.com

 

Ide bisnis kreatif yang bisa kamu lirik selanjutnya adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner memang sangat tren di kalangan anak muda. Seperti yang bisa kamu lihat, saat ini banyak sekali bermunculan tempat makan baru yang menawarkan aneka kuliner dengan rasa yang unik dan harga yang bersaing. Kamu bisa mengajak teman-teman kamu yang suka berburu kuliner untuk membuka bisnis kuliner yang sedang tren ataupun yang belum pernah digarap pebisnis lain.

Nah, itu tadi beberapa ide bisnis kreatif yang bisa kamu jalankan sambil kuliah. Pastikan kamu memperhitungkan terlebih dahulu semua risiko dan keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis yang akan kamu jalankan tersebut. Selain itu, yang wajib kamu ingat adalah pastikan bisnis yang kamu jalankan nanti tidak mengganggu perkuliahan kamu, ya. Jadi, bagaimana? Sudah terpikirkan mau membuka bisnis apa?

Be the first to write a comment.

Your feedback