Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Terapkan 7 Tips Berikut ini

Jessica,
0
Memilih Jurusan Kuliah

(Meta Deskripsi)

Jurusan yang Anda pilih akan menentukan masa depan Anda. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum memilih jurusan kuliah.

Setelah lulus SMA, mungkin masih banyak yang merasa bingung menentukan tujuan hidup selanjutnya. Salah satunya adalah jurusan kuliah. Lulus SMA merupakan tahap awal memulai kehidupan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang matang dalam memilih jurusan yang tepat.

Salah memilih justru akan berimbas pada masa depan Anda. Hasil yang tidak akan maksimal, berhenti di tengah jalan, atau bahkan masa depan yang terancam adalah resikonya. Meskipun begitu, sebenarnya memilih jurusan bukan perkara sulit. Berikut ini 7 hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih jurusan kuliah:

 

Ketahui Passion Anda

Memilih Jurusan Kuliah

protimplant

 

Sebelum memilih jurusan kuliah, Anda harus kenali diri dengan baik. Apa passion Anda dan mengapa menyukai hal itu? Ini sangat penting, karena dengan begitu Anda dapat dengan mudah menentukan jurusan yang diinginkan.

Sebagai contoh, seandainya Anda suka membaca, menulis, atau hal-hal yang berbau sastra, jurusan sastra mungkin pilihan tepat. Dengan menyukai apa yang Anda kerjakan, segala sesuatunya akan terasa lebih mudah.

Kuliah membutuhkan waktu sedikitnya 3–4 tahun untuk lulus. Selama itu banyak hal yang dilakukan, seperti tugas kuliah, ujian, organisasi, dan bertemu orang-orang baru. Perlu fondasi yang kuat untuk tetap fokus pada apa yang menjadi tujuan Anda. Dengan jurusan sebagai passion, Anda akan memiliki alasan kuat untuk tetap bertahan.

 

List beberapa Jurusan

Memilih Jurusan Kuliah

markjamnik

 

Setelah mengetahui passion, tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan menentukan beberapa jurusan yang akan dipilih. Anda bisa melakukannya dengan mencari di internet atau bertanya pada kenalan yang sudah kuliah di jurusan itu.

Cari tahu apa saja yang mereka pelajari dan bagaimana metode belajarnya, apakah sesuai dengan yang Anda harapkan atau tidak? Dengan mengetahui lebih jauh soal jurusan-jurusan itu, nantinya Anda akan mendapatkan beberapa jurusan sesuai kriteria yang diinginkan.

 

Ketahui Prospek Setiap Jurusan

Memilih Jurusan Kuliah

goodhouse

 

Setiap jurusan memiliki prospek yang berbeda, jadi pastikan pilih jurusan dengan prospek yang tepat. Anda bisa menentukan akan menjadi apa di masa depan, pekerja atau pengusaha? Untuk itu, pilihlah jurusan dengan prospek masa depan yang cerah. misal

 

Jangan Terpengaruh Orang Lain

Memilih Jurusan Kuliah

zeroweb

 

Anda yang menentukan masa depan diri sendiri, bukan orang lain. Hanya karena banyak dari teman Anda yang memilih jurusan A, jangn ikut jurusan A juga. Itu adalah hal yang sangat fatal.

 

Ketahui Lokasi Kampusnya

Lokasi setiap kampus berbeda-beda. Ada yang berada di dataran tinggi dengan suhu dingin, atau ada yang berada di daerah padat penduduk. Kenali lokasi kampus yang diinginkan dan pastikan Anda betah berada di lokasi seperti itu.

 

Perhatikan Biaya Kuliahnya

Memilih Jurusan Kuliah

99co

 

Biaya adalah salah satu pertimbangan memilih jurusan kuliah yang tidak kalah penting. belum lagi untuk biaya hidup di sana, apakah akan sesuai dengan finansial orangtua. Atau Anda bisa memilih kampus dengan biaya yang lebih ringan. Abaikan hal ini seandainya Anda menargetkan beasiswa penuh.

 

Bulatkan Tekad

Terakhir, bulatkan tekad. Tetap fokus dan jangan mudah menyerah. Anda sudah memilih satu jurusan yang akan menjadi langkah awal masa depan, jadi yakinlah bahwa Anda mampu melaluinya.

Ke depannya akan ada banyak sekali hadangan yang akan dihadapi, seperti uang bulanan yang mungkin tersendat, pergaulan yang rumit, tugas menumpuk, atau mungkin masalah percintaan. Anda harus membulatkan tekad karena kehidupan perkuliahan sangat jauh dibandingkan saat masih SMA. Ingat, selalu fokus pada tujuan.

Nah, begitulah 7 tips memilih jurusan kuliah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Jurusan yang Anda pilih akan menentukan seperti apa Anda di masa depan. Jadi, bersiaplah menyambut hari baru Anda

Be the first to write a comment.

Your feedback