6 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Jessica,
0
Memilih Jurusan Kuliah

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, merupakan impian dan tujuan yang diinginkan oleh hampir semua anak SMA. Memang tidak mudah untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, karena anda memerlukan persiapan yang matang, kerja keras, serta juga niat. Anda tidak hanya harus memikirkan persiapan administrasi dan biaya saja, tetapi anda juga harus mempersiapkan diri untuk memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai tujuan dan keinginan anda.

Kebanyakan siswa-siswi yang baru lulus SMA, biasanya akan sibuk untuk melakukan persiapan pendaftaran kuliah. Namu terkadang masih ada yang bingung hendak memilih jurusan kuliah. Kadang juga timbul dilema, apakah harus mengikuti keinginan orang tua, memilih jurusan seperti kebanyakan teman, atau mengikuti keinginan diri sendiri.

Kalau Anda masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Sadari Kepribadian Anda

Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Mengetahui kepribadian Anda akan memudahkan dalam memilih jurusan yang tepat untuk kuliah nanti. Bagaimana caranya? Kepribadian terbagi menjadi enam kelompok, yaitu terorganisir, realistis, pemikir, penolong, berjiwa seni, dan pemengaruh. Anda perlu menyadari seperti apa kepribadian diri Anda dan mencocokkannya dengan jurusan yang Anda pilih, apakah tipenya sesuai atau tidak. Sebagai contoh, jika kepribadian Anda adalah orang yang terorganisir, maka memilih jurusan manajemen bisa jadi keputusan yang tepat.

Sesuaikan Dengan Passion

Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Dalam menentukan jurusan kuliah, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan minat dan kegemaran Anda sendiri (passion). Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui apa yang Anda minati dan sukai, sehingga itu bisa menjadi kunci awal untuk sukses kuliah. Jadi, Anda tidak akan menyesal memilih jurusan, jika sudah sesuai dengan passion anda. Contohnya, Anda suka pelajaran sosial, mungkin anda bisa mengambil jurusan sosiologi, atau jurusan lainnya yang ada di Fakultas Ilmu Sosial.

Ketahui Potensi Anda

Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Dengan mengetahui potensi atau kemampuan terpendam Anda, dapat memudahkan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Keuntungannya, Anda bisa mengembangkan potensi yang sudah Anda miliki dengan memilih jurusan yang sesuai. Jika anda memiliki potensi di bidang seni, Anda bisa saja memilih jurusan yang terkait dengan seni (sastra, desain, dan lainnya).

Motivasi Diri

Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Mengetahui motivasi diri amat penting dalam menentukan jurusan kuliah. Motivasi ini yang akan mendorong Anda untuk giat belajar. Jika tanpa motivasi diri tersebut, kemungkinan Anda tidak akan nyaman dalam menjalani perkuliahan nantinya. Dampaknya mungkin nantinya akan berpengaruh pada nilai akademik kuliah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki motivasi yang jelas sebelum memilih jurusan kuliah.

Melihat Peluang Masa Depan

Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Melihat prospek dan peluang kerja di masa depan dapat dijadikan acuan dalam menentukan jurusan kuliah. Anda memiliki cita-cita tertentu? Nah, tinggal pilih saja jurusan-jurusan yang sesuai cita-cita Anda. Lihat juga bagaiman potensi dan peluang bidang keilmuan yang Anda pelajari. Jika prospeknya cerah, tidak perlu ragu untuk memilih jurusan tersebut.

Konsultasi

Memilih Jurusan Kuliah

pixabay.com

Jika anda masih kebingungan dalam memilih jurusan, coba lakukan konsultasi ke beberapa orang (orang tua, guru, atau kakak kelas) yang lebih berpengalaman. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui gambaran dan prospek kedepannya lulusan yang hendak dipilih. Ngobrol dengan orang yang lebih paham akan sangat berguna agar Anda nantinya tidak sampai salah jurusan.

Nah, begitulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat mau memilih jurusan kuliah. Pikirkan secara matang dan ikuti kata hati agar Anda bisa kuliah di jurusan yang tepat.

Be the first to write a comment.

Your feedback