5 Tips Atasi Kecemburuan Antar Saudara

Jessica,
0
Atasi Kecemburuan

Memiliki anak lebih dari satu, memang memerlukan perhatian ekstra dalam mengasuhnya. Anda harus pandai-pandai dalam membagi waktu dan kasih sayang, agar anak-anak tidak merasa disisihkan satu sama lain. Tidak ada kecemburuan antar saudara.

Nah, agar mudah dalam meredam rasa pilih kasih sesama saudara, Anda dapat mempraktikkan 5 tips atasi kecemburuan berikut.

1. Bagi perhatian dengan rata

Atasi Kecemburuan

pixabay.com

Anda harus menunjukkan kasih sayang yang sama besar terhadap anak-anak. Usahakan untuk tidak memihak salah satu saudara dan membandingkan dengan saudara lain, dalam hal apa pun.

Semisal, si kakak melakukan kesalahan, maka Anda wajib menegur dan memberikan hukuman yang sudah menjadi kesepakatan bersama dengan pasangan. Hindari untuk membela lantaran kakak dianggap sudah lebih dewasa dan dapat bertanggung jawab terhadap perbuatannya. Sementara ketika adik yang berbuat salah, langsung mendapat teguran dan amarah.

2. Ajarkan permainan yang sama

Atasi Kecemburuan

pixabay.com

Untuk atasi kecemburuan dan menumbuhkan kasih sayang antar saudara, Anda dapat memulainya dengan memberikan anak-anak kamar yang sama, dan permainan serupa. Membiasakan anak untuk terus berbagi, dapat menumbuhkan rasa saling memiliki satu sama lain. Ketika ada yang salah, maka yang satu akan merasa bertanggung jawab untuk mengingatkan. Begitu pula sebaliknya. Ketika berhasil, semuanya akan merasakan keberhasilan tersebut.

3. Latih untuk selalu bekerja sama

Atasi Kecemburuan

pixabay.com

Terkadang jiwa kompetisi dapat hadir di tengah keluarga. Terlebih ketika dari segi kecerdasan si kakak lebih unggul. Tidak jarang orang akan membanggakan kakak dan terus memaksa adik untuk dapat menyamai prestasi si kakak.

Padahal sejatinya, setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. Anda sebagai orang tua tidak dapat memaksakan anak-anak untuk memiliki tingkat keberhasilan yang sama. Maka dari itu, latih anak untuk selalu bekerja sama daripada menumbuhkan jiwa kompetisi dalam diri.

Jika kakak lebih pandai, maka minta kakak untuk berbagi ilmu dengan si adik, mengajarkan apa yang dia bisa. Begitu pula, ketika adik ternyata lebih unggul dalam kreativitas, ajak adik untuk membagikan kreativitas tersebut pada kakak. Jadikan sesama saudara untuk saling membutuhkan dan membantu satu sama lain. Bukan berkompetisi untuk memenangkan perlombaan tertentu yaitu kebanggaan Anda sebagai orang tua.

4. Jangan biasakan kakak harus selalu mengalah

Atasi Kecemburuan

pixabay.com

Masyarakat cenderung beranggapan kalau seorang kakak harus bersikap lebih dewasa dari adik-adiknya, serta mampu melindungi. Padahal, asumsi tersebutlah yang menimbulkan rasa iri dalam diri seorang saudara. Perlahan rasa tersebut akan terus berkembang dan semakin susah bagi Anda untuk mengatasi kecemburuan.

Untuk itu, Anda harus mulai mengubah pola pikir kakak harus selalu mengalah. Ketika di rumah misalnya, adik dan kakak saling berebut tontonan. Sebisa mungkin, ajak mereka untuk membagi waktu menonton agar tidak bertengkar, terlebih menyuruh kakak untuk mengalah. Bila memang jam tayang film kesukaan di waktu yang sama, maka Anda dapat membaginya ketika iklan tengah berlangsung.

5. Berlaku adil

Atasi Kecemburuan

pixabay.com

Berlaku adil juga dapat mengatasi kecemburuan antar sesama saudara. Adil bukan berarti memberi barang yang sama di waktu yang berbarengan. Tetapi memberikan barang sesuai kebutuhan.

Misal, kakak membutuhkan sepatu dikarenakan sepatunya sudah tidak layak pakai. Maka Anda wajib memberikannya tanpa perlu menunda lagi. Sementara si adik ikut meminta juga, padahal sepatu adik masih bagus. Anda harus menolak permintaan adik untuk mengajarkan jika tidak semua yang diinginkan harus ada.

Itulah 5 tips yang bisa membantu Anda atasi kecemburuan sesama saudara. Semoga bermanfaat.

Be the first to write a comment.

Your feedback