5 Buku Populer Anak yang Wajib Dibaca di Usia Sekolah Dasar

Jessica,
0
Cerita Fiksi Keren

Berdasarkan sejumlah penelitian, minat baca di Indonesia masih cukup rendah. Kondisi ini diperburuk dengan kebiasaan bermain gadget atau menonton televisi. Selain dengan mencari tahu bagaimana cara membiasakan anak membaca buku, Anda bisa mencoba menyodorkan buku populer anak yang harus mereka baca saat masih di usia sekolah dasar.

Ada banyak sekali pilihan buku populer anak yang bisa Anda tambahkan ke rak koleksi. Beberapa judul ternyata menjadi bacaan wajib anak-anak di luar negeri. Berikut 5 judul buku populer yang bisa menumbuhkan semangatmembacaanak-anak!

Charlotte’s Web

Buku Populer Anak

slopemedia.org

Novel karangan penulis E.B White dengan ilustrator Garth William ini merupakan salah satu buku populer anak yang paling banyak dicari. Diterbitkan pertama kali pada tahun 1952, Charlotte’s Web adalah seri literatur klasik yang tak hanya asik dibaca anak-anak. Kisah tentang gadis kecil bernama Fern Arabel dengan laba-laba bernama Charlotte ini juga bisa dijadikan bacaan orang dewasa.

Selain diadaptasi ke dalam film animasi dan live action, Charlotte’s Web juga pernah ditampilkan ke dalam bentuk musikal.

Matilda

Buku Populer Anak

raptisrarebooks.com

Soal cerita anak, Roald Dahl tidak perlu diragukan lagi kepiawaiannya. Charlie and the Chocolate Factory dan Big Friendly Giant (The BFG) adalah dua judul populer yang sudah diangkat ke layar lebar. Satu lagi ada Matilda, novel Dahl terbitan tahun 1988 yang juga sudah diadaptasi ke layar lebar.

Kisah tentang seorang gadis kecil bernama Matilda tak mendapat perhatian orangtuanya ini dianggap sebagai karya terbaik Dahl yang cocok menjadi koleksi bacaan untuk si kecil.

The Secret Garden

Buku Populer Anak

usborne-media.azureedge.net

The Secret Garden merupakan novel anak populer karangan Frances Hodgson Burnett yang diterbitkan pertama kali padatahun 1911. Kisah tentang seorang gadis kecil manja dan egois bernama Mary Lennox ini awalnya ditulis secara berseri di sebuah majalah Amerika.

Dengan predikat novel populer klasik anak-anak terbaik di Inggris, The Secret Garden adalah bacaan yang sangat menarik untuk anak usia sekolah dasar. Sama seperti dua novel sebelumnya, The Secret Garden juga sudah diadaptasi beberapa kali dalam ke bentuk film.

Tales of a Fourth Grade Nothing

Buku Populer Anak

cloudfront.net

Seperti judulnya, buku populer anak karangan Judy Blume ini menceritakan tentang seorang siswa kelas 4 SD bernama Peter Hatcher dan adiknya Fudge yang menyebalkan. Kisah-kisah keseharian Peter yang merasa tidak disayang oleh orangtuanya bisa membantu Anda mengajarkan banyak nilai moral pada si kecil.

Meski tidak diangkat ke dalam bentuk film, kisah Peter dan adiknya ini diceritakan kembali ke dalam bentuk serial dengan judul Fudge.

The Giving Tree

Buku Populer Anak

karousell.com

Ditulis dan diilustrasikan oleh Shel Silverstein, The Giving Tree menceritakan tentang sebatang pohon apel dengan seorang anak laki-laki. Hubungan antara pohon dengan si anak terus berjalan hingga si anak tumbuh dewasa. Novel ini merupakan karya Silverstein yang paling populer dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Meski cocok dibaca oleh anak usia TK hingga sekolah dasar, hubungan si anak dengan pohon yang sempat diperdebatkan oleh banyak orang ini perlu Anda pahami lebih dulu. Dengan demikian Anda bisa membimbing si kecil ketika membaca dan memberikan pengertian yang baik padanya.

Memberikan bacaan pada anak tak lantas membuat Anda melepaskan bimbingan begitu saja. Ada kalanya si kecil senang ditemani membaca. Bukan hanya karena merasa ada seseorang yang bisa ditanyai saat mereka tidak paham, tapi ada beberapa buku yang harus dibaca dengan bimbingan Anda.

Jika Anda berniat berbelanja buku di akhir pekan ini, 5 judul buku anak populer di atas layak masuk dalam daftar. Tambah koleksi buku si kecil dengan bacaan yang bermanfaat dan membantu tumbuh kembang mereka!

Be the first to write a comment.

Your feedback