Yuk, Manfaatkan 7 Bahan Dapur Berikut untuk Perawatan Wajah Usia Remaja

Jessica,
0

Memasuki masa pubertas, seseorang mengalami perubahan pada hormon. Hal tersebut berpengaruh terhadap ciri fisik, seperti mendapati permasalahan pada kulit yang menjadi lebih sensitif. Sementara itu, penggunaan bahan kimia untuk mengatasinya haruslah sepengetahuan ahli agar tidak salah langkah. Nah, berikut enam bahan dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai perawatan wajah usia remaja.

Bawang Putih untuk Menghilangkan Jerawat

Perawatan Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Jerawat adalah masalah paling umum yang dialami oleh remaja. Jika satu produk kecantikan yang dicoba tidak membuahkan hasil signifikan, berbagai percobaan terus dilakukan. Padahal, dengan memanfaatkan bawang putih, permasalahan tersebut dapat diatasi.

Salah satu sifat yang dimiliki oleh bawang putih adalah antibakteri, sehingga mampu mempercepat proses pematangan jerawat. Sementara itu, cara penggunaannya adalah dioleskan pada jerawat dan diamkan selama 15 menit atau haluskan sebagai obat oles. Diamkan sampai mengering, lalu bilas wajah sampai bersih.

Tomat sebagai Penghilang Bekas Jerawat

Perawatan Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Masalah yang timbul setelah jerawat adalah bekasnya yang menghitam. Selain mengganggu penampilan, ternyata menghilangkannya pun tidak mudah. Namun, dengan menggunakan masker tomat secara rutin, permasalahan tersebut akan teratasi.

Tomat memiliki kandungan utama berupa vitamin C. Hal tersebut menjadikan si merah ini bermanfaat juga untuk mencerahkan kulit sekaligus menangkal radikal bebas. Untuk memaksimalkan perawatan wajah usia remaja yang satu ini, racikan masker bisa dicampurkan dengan yoghurt polos.

Mentimun untuk Mengecilkan Pori-Pori

Merawat Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Salah satu penyebab jerawat adalah pori-pori yang terbuka lantaran debu lebih mudah terserap oleh wajah. Kalau ke dokter kecantikan pun, mengatasi pori-pori terlebih dahulu sangat dianjurkan sebelum melakukan perawatan untuk jerawat.

Nah, kali ini mentimun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan wajah tersebut. Pada dasarnya, bahan utama acar ini memiliki sifat dingin yang akan membantu mengecilkan pori-pori.

Bagaimana mentimun digunakan sebagai perawatan wajah usia remaja? Caranya cukup mudah yaitu mengolahnya menjadi masker. Adapun bahan lain yang bisa ditambahkan ke racikan, seperti cuka apel, lendir lidah buaya, dan tomat.

Telur sebagai Penghilang Komedo

Merawat Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Permasalahan wajah satu ini tidak kalah mengganggu penampilan. Bahkan, seseorang yang berkomedo memiliki julukan tersendiri yaitu hidung landak. Nah, selain menggunakan produk kecantikan di pasaran, kamu juga bisa lho memanfaatkan telur yang dihindari lantaran bau amisnya!

Telur yang digunakan sebagai penghilang komedo hanya bagian putihnya saja. Sementara itu, cara pengaplikasiannya cukup dioleskan di tempat-tempat yang terdapat komedo. Kemudian, tempelkan tisu dan tunggu sampai benar-benar kering. Sebelum kamu melakukan langkah tersebut, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, ya. Sementara saat membilas sangat disarankan menggunakan air hangat.

Kopi sebagai Penghalus Wajah

Merawat Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Kopi sangat ideal sebagai penghalus wajah lantaran memiliki tekstur yang masih tergolong halus. Kandungan di dalamnya ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Perawatan wajah usia remaja dengan menggunakan kopi pun sangat sederhana. Larutkan dengan air secukupnya dan tambahkan sedikit gula. Setelah itu, ratakan pada wajah dengan pijatan ringan selama satu menit.

Madu sebagai Pelembap Wajah

Merawat Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Produk yang dihasilkan oleh lebah ini memang terkenal memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai pelembap wajah atau bisa juga bibir. Cara menggunakannya pun sangat sederhana, tinggal dioleskan saja.

Jika persediaan madu di rumah sedang kosong, kamu bisa kok menggantinya dengan masker dari buah-buahan yang biasa ada di rumah yaitu alpukat atau pisang.

Mentega sebagai Pemerah Bibir

Perawatan Wajah Usia Remaja

pixabay.com

Memiliki bibir yang merah merupakan poin tambahan dalam sebuah penampilan. Sebagai remaja, hal ini pun akan sangat membantu untuk tidak menggunakan lipstik terlebih dahulu. Sederhana saja untuk mendapatkan bibir yang merah yaitu dengan mengoleskan mentega dan diamkan semalaman.

Perawatan wajah usia remaja dapat dilakukan dengan menggunakan bahan di dapur agar mengurangi penggunaan bahan kimia yang memang belum terlalu cocok untuk kulit mereka. Selain itu, akan menghindarkan dari proses coba-coba produk kecantikan yang memiliki risiko. Di sisi lain, memiliki wajah yang sehat akan meningkatkan kepercayaan diri.

Be the first to write a comment.

Your feedback


Deprecated: WP_Query was called with an argument that is deprecated since version 3.1.0! caller_get_posts is deprecated. Use ignore_sticky_posts instead. in /var/www/vhosts/educenter.id/httpdocs/wp-includes/functions.php on line 5495