Soal Matematika Takluk Dengan Jurus Ampuh Ini

Jessica,
0
Soal Matematika

Pelajaran matematika, entah kenapa pelajaran ini selalu menjadi momok di kalangan pelajar. Coba Anda bertanya kepada murid-murid sebuah sekolah tentang pelajaran yang paling sulit atau tidak disukai, kebanyakan pasti akan menjawab matematika. Bak monster yang mengintip dari balik jendela kelas tiap hari, ketika soal matematika dibagikan banyak siswa yang dahinya berkerut-kerut bingung sampai banjir keringat sebesar biji jagung di seluruh tubuh.

Soal matematika identik dengan hitung menghitung, rumus, serta angka. Memang pelajaran yang tidak termasuk primadona di kalangan pelajar ini tampaknya sulit. Akan tetapi jika Anda mau mengenal si matematika lebih dalam, tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Ingat peribahasa “tak kenal maka tak sayang”? Itulah yang terjadi pada pelajaran matematika. Berikut pembahasan mengenai cara menaklukkan soal matematika dengan bermacam jurus ampuh yang dapat Anda lakukan.

  1. Catatan yang Rapi

    Mencatat akan membantu seseorang mengingat sesuatu. Jika Anda ingin berhasil menaklukkan rupa-rupa soal matematika, Anda harus memiliki catatan yang teratur, bersih, dan rapi. Mencatat rumus di buku kecil atau catatan khusus pun berguna dalam membantu Anda mengingat beraneka macam rumus matematika sebagai dasar mengerjakan soal. Banyak yang menyepelekan buku catatan rapi. Mereka asal catat saja karena tidak menyukai belajar matematika. Padahal memerhatikan kerapian itu penting, lho. Bayangkan saja kalau catatan matematika Anda penuh coretan dan lompat sana-sini? Anda pasti kebingungan dan malas mempelajarinya. Jangankan menghafal rumus atau mengerjakan soal, buka buku saja malas.

  2. Rajin Praktik

    Dalam mempelajari sejarah atau Ilmu Pengetahuan Sosial, memang perlu rajin membaca dan menghafal. Namun tidak demikian dengan matematika. Anda dapat menaklukkan soal matematika apabila rajin praktik. Menghadapi matematika harus dengan praktik dan praktik, bukan menghafalnya. Dalam pelajaran matematika Anda dituntut untuk aktif mencoba memecahkan soal-soal, mempraktikkan rumus, hitung ini dan itu. Jika pasif, Anda tidak akan berhasil. Tanyakan kepada guru jika ada kesulitan sekecil apapun. Anda tidak perlu malu. Daripada terus menerus tidak bisa, lebih baik bertanya demi kelancaran mengerjakan soal matematika selanjutnya.

  3. Ketahui Prinsip Dasar Dalil

    Cara ini lebih mudah dibandingkan menghafal rumus-rumus matematika. Jika diperhatikan sekilas, rumus-rumus matematika yang ada kelihatan sulit, panjang, dan rumit. Namun hal itu tidak akan Anda rasakan bila telah memahami prinsip dasar yang dipakai. Ya, sebuah rumus pasti memiliki urutan. Kenapa rumus ditulis dengan urutan demikian dan tidak dapat diubah? Jika Anda mengerti dalil-dalilnya, pertanyaan itu akan mudah dijawab. Rumus pun gampang melekat dalam ingatan.

  4. Tekun Mengulang

    Materi pelajaran matematika saling berhubungan satu dengan yang lain. Ketika Anda mempelajari matematika dasar, jangan terus melupakannya. Anda akan menjumpai matematika dasar tersebut di tingkat selanjutnya. Sebagai contoh adalah prinsip perkalian pembagian, penambahan serta pengurangan yang terus dipakai sejak sekolah dasar hingga jenjang perguruan tinggi. Pahami materi pelajaran matematika sebelumnya dan tekun mengulang berguna untuk menjadikan Anda sukses melahap segala macam soal matematika.

  5. Trik Rahasia Matematika

    Untuk dapat mengerjakan soal matematika dengan mudah dan cepat, ternyata ada trik rahasianya. Sebagai contoh adalah perkalian angka 11. Biasanya trik khusus seperti ini banyak diajarkan oleh para mentor bimbingan belajar, menjadikan belajar matematika lebih asyik.

Demikian jurus menaklukkan soal matematika yang tampaknya rumit itu. Yang terpenting ketika Anda dihadapkan pada deretan angka dan rumus adalah jangan buru-buru takut dan berpikir kalau semua soalnya sulit. Singkirkan pikiran negatif itu. Tanamkan dalam hati bahwa Anda pasti mampu mengerjakannya dan akan berusaha sebaik mungkin agar memperoleh hasil yang baik. Selamat belajar.

Be the first to write a comment.

Your feedback