Punya Cita-Cita Jadi Desainer? Situs Portofolio Online Gratis Ini Wajib Anda Coba

1
43
cdn.colorlib.com
cdn.colorlib.com

Di era teknologi seperti sekarang, banyak hal bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya yaitu memasarkan kemampuan melalui situs portofolio online secara gratis. Bagi mahasiswa yang bergelut di jurusan kreatif seperti desain grafis, desain interior, desain komunikasi visual, dan teknik informatika, situs portofolio online ini membawa banyak manfaat.

Hanya dengan menampilkan karya-karya yang pernah dibuat, bila beruntung, Anda bisa mendapatkan tawaran pekerjaan yang tentunya bisa menambah uang saku. Lebih dari itu, situs portofolio online juga bisa memperluas jaringan dengan desainer yang ada di seluruh dunia untuk saling bertukar pikiran.

Berikut adalah daftar situs portofolio online gratis yang cocok digunakan sebagai galeri digital untuk karya-karya Anda.

Behance.net

1.bp.blogspot.com
1.bp.blogspot.com

Behance.net merupakan wadah bagi para seniman untuk memamerkan karya seni yang berkualitas. Terlebih, pendaftaran anggota di Benhance.net dilakukan secara gratis. Setelah registrasi, Anda bisa langsung menambahkan portofolio pada profil Anda.

Bagi desainer yang produktif dalam berkarya, Behance adalah pilihan yang tepat karena tidak ada batas dalam mengunggah portfolio, jadi bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, beragam kategori seperti fotografi, desain grafis, dan desain produk seperti website maupun aplikasi bisa ditemukan di Behance.net, lo.

Dribbble.com

2.bp.blogspot.com
2.bp.blogspot.com

Dribbble adalah media sosial yang ditujukan untuk para desainer dunia yang fokus di bidang grafis atau vektor. Berbeda dengan Behance yang bisa langsung mengunggah portofolio setelah mendaftar, Anda harus mendapatkan undangan dari pengguna Dribbble agar bisa menjadi pemain. Sebutan pemain ditujukan untuk mereka yang sudah bisa menggungah portofolionya.

Untuk mendapatkan undangan, ketikkan kata invitation di kolom pencarian dan pilih menu recent.  Pilih akun yang manawarkan undangan, lalu ikuti aturan yang dibuat oleh mereka agar Anda bisa menjadi pemain Dribbble.

Pinterest.com

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Situs portofolio online selanjutnya yang bisa dijadikan wadah untuk membagikan foto dan gambar adalah Pinterest. Anda bisa menggunggah portofolio dan melakukan pin atau re-pin agar portofolio tersebut bisa dilihat oleh banyak orang.

Lebih dari itu, layanan Pinterest dalam bentuk aplikasi akan memudahkan Anda mengunggah gambar di mana saja dan kapan saja.

Deviantart

Okclipart.com
Okclipart.com

Deviantart adalah galeri digital yang cocok untuk memajang karya atau hanya sekadar mencari inspirasi dan referensi untuk karya yang sedang Anda buat. Banyak karya-karya menarik yang bisa dinikmati disini. Mulai dari kategori desain, fotografi, dan ilustrasi.

Pendaftaran anggota Deviantart pun terbilang mudah dan gratis, lho. Cukup registrasi dengan alamat email, Anda sudah bisa bergabung untuk mempromosikan diri melalui portofolio yang pernah dibuat.

Carbonmade.com

4.bp.blogspot.com
4.bp.blogspot.com

Berdiri sejak tahun 2005, Carbonmade merupakan situs portofolio online yang sudah menghasilkan lebih dari 1 juta karya dari seluruh desainer di dunia. Berbeda dengan lainnya, bila terdaftar sebagai anggota Carbonmade, Anda bisa mendapatkan URL domain secara gratis. Sayangnya, Carbonmade mambatasi jumlah portofolio yang diunggah oleh penggunanya. Jika ingin mendapatkan fasilitas lebih, Anda bisa menjadi anggota berbayar.

Flickr.com

3.bp.blogspot.com
3.bp.blogspot.com

Bila Anda hobi memotret, jangan lupa memajang hasil jepretan melalui Flickr. Ya, Flickr adalah situs portofolio online bagi komunitas fotografi di dunia. Bagi sebagian fotografer, Flickr adalah media penyimpanan tambahan yang aman untuk koleksi-koleksi terbaiknya. Nah, syarat utama untuk mendaftar sebagai anggota Flickr adalah memiliki ID Yahoo.

Kreavi.com

4.bp.blogspot.com
4.bp.blogspot.com

Website portofolio terakhir ini merupakan karya anak negeri, lho. Kreavi adalah tempat berkumpulnya para pekerja kreatif untuk membagikan hasil karya desainnya berdasarkan kategori yang ada. Menariknya, Kreavi memiliki acara yang diselenggarakan pada waktu tertentu sebagai wadah anggotanya untuk saling bertatap muka secara langsung.

Nah, itulah daftar situs portofolio online gratis yang bisa dijadikan referensi untuk menggunggah karya-karya Anda. Khusus bagi mahasiswa yang ingin bekerja setelah lulus kuliah, portofolio merupakan syarat penting ketika melamar pekerjaan. Melalui portofolio itulah, orang lain bisa mengetahui kemampuan yang Anda miliki.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here