Persiapan Masuk Sekolah Usai Liburan

Ris,
0
Persiapan Masuk Sekolah Usai Liburan

 

 

Memasuki tahun baru berarti memasuki semester baru bagi anak sekolah. Libur panjang pergantian semester yang dibarengi dengan natal dan tahun baru pastinya membuat anak-anak terlena dan keasyikan menikmatinya. Sampai-sampai mereka jadi malas masuk sekolah. Bahkan tidak sedikit anak yang malah rewel dan kurang bersemangat.

Nah, di sini orangtua berperan penting untuk membangkitkan semangat anak. Berikut adalah beberapa persiapan masuk sekolah usai liburan panjang yang bisa dilakukan.

 

Ceritakan keseruan di sekolah

 

Karena liburan berlangsung lebih dari 2 minggu, anak-anak akan melupakan betapa serunya kegiatan di sekolah. Biasanya memori ini tergantikan oleh asyiknya bermain di rumah dan pergi wisata ke luar kota. Mama papa bisa mulai pancing semangat anak dengan menceritakan keseruan di sekolah yang mungkin terjadi.

Misalnya saja kesenangan ketika bertemu sahabat di sekolah, berbagi bekal dengan teman, mengikuti mata pelajaran yang ia sukai, hingga persiapan menuju kenaikan kelas.

 

Persiapkan kebutuhan sekolah

 

Via Freepik

 

Coba cek kembali perlengkapan dan peralatan sekolah anak. Mungkin bukunya sudah mau habis dan bolpennya kurang lengkap? Inilah saatnya untuk mempersiapkan kebutuhan sekolah anak. Agar mereka bersemangat, ajak mereka untuk memilih kebutuhan sekolah sendiri. Anda juga bisa membuatkan tabel mata pelajaran atau papan to do list dengan dekorasi menggemaskan untuk menyambut semester baru.

 

Jaga kesehatan anak

 

Beberapa anak yang menghabiskan waktu liburannya untuk keliling tempat wisata, baik dalam kota maupun luar kota, akan mudah kelelahan dan terserang penyakit. Tugas orangtua di sini adalah menjaga kesehatan anak agar bisa masuk sekolah dalam keadaan fit dan mood baik.

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan anak di antaranya adalah mempersiapkan makanan penuh gizi seimbang, olahraga rutin, dan berikan suplemen kesehatan. Sebagai tambahan di era pandemi, selalu terapkan protokol kesehatan.

 

Sesuaikan rutinitas

 

Via Freepik

 

Selama masa liburan, rutinitas anak pastinya berbeda dengan masa sekolah. Sebut saja seperti jam tidur. Anak-anak bisa tidur lebih malam dan bangun lebih siang. Ketika sudah bangun pun, mereka tidak perlu buru-buru bersiap ke sekolah, melainkan santai bersiap-siap untuk main.

Kalau tidak diatur kembali, anak-anak akan kurang tidur dan tidak bersemangat bangun pagi berangkat ke sekolah. Oleh karena itu, mulailah sesuaikan rutinitas anak setidaknya 3 hari sebelum masuk sekolah. Biasakan kembali untuk tidur sebelum jam 9 malam dan bangunkan anak sesuai jam ketika masuk sekolah biasanya.

 

Siapkan seragam sekolah

 

Selama liburan, seragam sekolah akan terabaikan di dalam lemari. Beberapa hari sebelumnya, ajak anak untuk mempersiapkan kembali seragam sekolah tersebut. Persiapan ini juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Mulai dari mencuci, menjemur, hingga menyeterikanya. Seragam sekolah yang harum dan licin secara tidak langsung bisa meningkatkan semangat anak ketika berangkat sekolah di hari pertama usai liburan nanti.

 

Siapkan makanan kesukaan

 

Faktanya, anak yang sarapan sebelum pergi sekolah memiliki tingkat konsentrasi lebih baik dibandingkan dengan anak yang melewatkan sarapan. Jadi, Anda wajib menyiapkan sarapan penuh gizi dalam porsi secukupnya. Tawarkan beberapa pilihan pada anak agar mereka juga bersemangat bangun pagi untuk menyantapnya. Jangan lupa untuk bawakan bekal makan siang bergizi agar ia kuat melalui semua pelajaran hingga waktunya pulang.

Cek kembali jadwal mata pelajaran untuk hari pertama supaya tidak menghabiskan waktu menjelang berangkat sekolah. Kalau tidak terburu-buru di pagi hari, maka perasaan akan tenang dan siap menyambut kegiatan di sekolah.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 883

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease