Pentingkah Pendidikan Agama dan Karakter untuk Anak?

Jessica,
0
Pendidikan Agama dan Karakter

Perkembangan zaman yang pesat, membuat anak dapat mengakses segala hal dengan cepat. Akibatnya moral yang seharusnya dijunjung tinggi mulai tergerus dan anak lebih cenderung melakukan hal yang bertentangan dengan aturan masyarakat. Untuk itu sangat penting bagi orang tua menerapkan pendidikan agama dan karakter sejak dini. Tujuannya agar anak menjadi pribadi yang lebih baik dan mengerti norma-norma yang berlaku.

 

Seberapa Penting Pendidikan Agama dan Karakter

Pendidikan Agama dan Karakter

Sumber : maringerrang

 

Orang tua sebagai pendidik pertama bagi anak perlu mengajarkan nilai-nilai agama dalam membentuk karakter anak. Sebab, apa yang disampaikan akan tertulis dalam benak mereka. Ajaran yang baik, akan membuat kepribadian anak jadi baik. Begitu pula sebaliknya, orang tua yang acuh terhadap pendidikan agama sejak dini, membuat anak tidak mengerti batasan-batasan dalam norma agama sehingga ketika dewasa, dia kesulitan membedakan tindakan mana yang baik dan salah.

Setelah mengetahui pentingnya pendidikan agama dan karakter sejak kecil pada anak, berikut beberapa manfaat yang bakal diterima oleh anak dari pendidikan agama dan karakter.

 

Pendidikan Agama Melahirkan Karakter yang Baik

Pendidikan Agama dan Karakter

Sumber : tajziat

 

Tidak bisa dimungkiri, anak yang dipupuk dengan nilai-nilai kebaikan sejak kecil, tentu menanamkan dalam dirinya perilaku yang baik. Ketika bertindak, dia berusaha menjauh dari hal-hal yang bertentangan dengan norma. Selain itu, anak bersikap lebih menghargai dan tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain.

Di samping itu, menumbuhkan karakter yang baik berarti telah memberikan pegangan dan acuan kepada anak di masa depan. Ke depannya, anak tidak mudah terpengaruh dan meninjau baik buruk sesuatu sebelum melakukannya.

 

Anak Menjadi Lebih Dekat dengan Tuhan

Pendidikan Agama dan Karakter

Sumber : dika ramadanu

 

Agama merupakan hal yang bersifat spiritual. Sesuatu yang berhubungan dengan Sang Pencipta. Agama adalah sesuatu yang berlandaskan pada ajaran kebaikan. Yang mana mengajarkannya bersikap sopan, budi pekerti yang baik, saling toleransi, dan menjauhi tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Selain itu, anak menjadi pribadi yang rendah hati, karena mengerti dan mengetahui bahwa segala yang ada di bumi ada karena kekuasaan-Nya. Mengajaknya mensyukuri segala nikmat yang dirasakan dan tidak bertindak semena-mena.

 

Mengajarkan Anak Akan Identitas Diri

Pendidikan Agama dan Karakter

Sumber : bebeclub

 

Perkembangan zaman menjadikan remaja sasaran empuk untuk kehilangan identitas diri. Mereka tidak mengetahui siapa diri mereka dan apa yang mereka inginkan. Akibatnya, anak cenderung hanya mengikuti arus zaman. Tidak memilah dan memahami apa yang akan dilakukannya berguna atau tidak.

Memupuk pendidikan agama serta karakter sejak kecil yang dilakukan oleh orang tua, membuat anak mengerti akan dirinya sendiri. Sehingga saat pencarian jati dirinya ketika remaja, anak sudah memiliki fondasi dan tahu arah terbaik yang harus dia tempuh.

 

Melatih untuk Bersikap Bijak

Pendidikan Agama dan Karakter

Sumber : 4nono

 

Mengerti dengan hal-hal baik dan buruk, akan membuat Anak bersikap lebih kritis. Selain itu peningkatan moral dan pembangunan karakter yang bagus, menjadikan pola pikirnya ikut berubah. Ketika nantinya memutuskan sesuatu, anak akan memikirkan segalanya secara matang dan mempertimbangkan segala aspek. Sehingga, setiap keputusan yang diambil lebih bijaksana dan mengerti konsekuensi yang bakal diterima.

 

Meningkatkan Kemampuan dalam Penyelesaian Masalah

Meningkatkan Kemampuan dalam Penyelesaian Masalah

Sumber : ibudananak

 

Pengajaran karakter dan nilai agama yang kuat sejak kecil, membuat anak tidak terlalu bergantung pada orang lain. Jiwa yang kuat serta tingkat mental yang matang, membuatnya memiliki pemahaman penyelesaian masalah yang lebih baik.

Pengalaman atas pembentukan karakter dan pengalaman nilai-nilai agama sejak kecil, menjadikannya berpikir jernih dan kritis terhadap suatu masalah. Sehingga sifat ragu dan ketergantungan akan jauh dari dirinya.

Itulah beberapa manfaat pentingnya pendidikan agama dan karakter bagi Anak. semoga bermanfaat dan membantu Anda memberi bekal kepada si kecil dalam menghadapi perkembangan zaman.

Be the first to write a comment.

Your feedback