7 Hal yang Harus Diajarkan Pada Anak Usia Dini Sebelum Mereka Dewasa

Jessica,
0

 

Anak usia dini itu ibarat spons. Mereka mudah menyerap segala hal yang dilihat dan didengar tanpa mempertimbangkan baik atau buruk. Mereka juga peniru ulung yang akan mencontoh setiap hal yang menurut mereka menarik.

Sebagai orang tua, merupakan tugas kita untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Hal ini bukan lagi sekadar tugas, tapi juga kewajiban agar kelak anak memiliki cukup bekal untuk menyiapkan masa depan. Karena itulah selain menjadi teladan, kita juga harus menanamkan beberapa nilai pada anak usia dini.

Di bawah ini merupakan 7 hal yang harus diajarkan pada anak sebelum mereka dewasa,

  1. Nilai-Nilai Agama

Belajar – pixabay.com

Sebagai orang beragama, hal yang pertama kali harus diajarkan pada anak adalah agama. Agama merupakan pedoman hidup yang bisa dijadikan panduan saat mereka dewasa nanti. Agama juga bisa menjadi rem ampuh yang membuat anak-anak selalu berada di jalan yang benar.

Agama tidak hanya berkaitan dengan ibadah. Agama juga mengatur hubungan manusia dengan lingkungan, ciptaan Tuhan, dan sesama manusia. Anak yang sejak dini telah diajarkan nilai-nilai ini, saat dewasa akan berperilaku sesuai ketentuan agama yang dipercayai.

  1. Jujur

Transaksi – pixabay.com

Untuk menanamkan perilaku jujur pada anak usia dini, mulailah menjadi teladan yang baik. Misalnya, sebagai orang dewasa terkadang kita merasa malas untuk menerima tamu atau telepon setelah seharian bekerja. Karena tidak ingin menolak secara langsung, kita sering meminta anak untuk berbohong bahwa kita sedang keluar atau tidur sehingga tidak bisa menerima tamu dan telepon.

Dari hal sederhana seperti ini saja, anak bisa belajar bahwa bohong itu bukanlah hal yang jelek. Karena orang tua mereka pernah melakukannya. Anak yang terbiasa melihat kebohongan, lama kelamaan akan tumbuh menjadi orang dewasa yang tidak jujur.

  1. Tanggung jawab

Children cleaning up messy nursery – gettyimages.com

Agar anak mampu memiliki sikap tanggung jawab, latih mereka dengan cara memberikan tugas rumah tangga yang sesuai dengan usianya. Beri anak reward setiap kali mereka menyelesaikan tugas sekolah atau rumah dengan baik. Jangan lupa, jadilah teladan yang mampu memiliki sikap bertanggung jawab.

  1. Mandiri

    girl – pixabay.com

Mengajarkan sikap mandiri pada anak usia dini sangatlah penting. Jika sejak kecil anak sudah terbiasa mandiri, saat dewasa mereka akan lebih mudah menjalani hidup dan tidak bergantung pada orang tua. Mandiri juga berkaitan dengan cara anak menghadapi masalah dalam hidup.

Agama tidak hanya berkaitan dengan ibadah. Agama juga mengatur hubungan manusia dengan lingkungan, ciptaan Tuhan, dan sesama manusia. Anak yang sejak dini telah diajarkan nilai-nilai ini, saat dewasa akan berperilaku sesuai ketentuan agama yang dipercayai.

Ketika sudah mampu berperilaku mandiri, setiap kali masalah datang menghampiri anak akan tahu apa yang seharusnya dilakukan. Mereka juga akan tumbuh menjadi orang dewasa yang bijak dan mampu membuat keputusan yang tepat.

  1. Tolong menolong

Sejak kecil tanamkan pada pikiran anak bahwa mereka membutuhkan orang lain. Karena itulah mereka harus mau membantu dan menolong orang di sekitarnya. Jika sejak kecil anak sudah terbiasa saling tolong menolong, saat dewasa mereka akan tumbuh menjadi orang yang peduli pada sekitarnya.

  1. Meminta maaf

Meminta maaf – family.fimela.com

Biasakan anak untuk selalu meminta maaf setiap kali berbuat salah. Kebiasaan tersebut mampu membuat anak tumbuh menjadi orang yang peka dan tidak akan bersikap seenaknya terhadap sekitar.

  1. Sopan santun

Menasehati – family.fimela.com

Anak yang sudah diajari orang tuanya sikap sopan santun sejak dini akan tumbuh menjadi seseorang yang mampu menghargai orang lain. Biasakan mereka untuk bersikap baik pada semua orang. Jadilah teladan yang baik pula, agar kelak mereka tumbuh sebagai orang dewasa yang mampu bersikap sopan dan santun.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita ajarkan pada anak usia dini sebelum mereka dewasa. Semoga informasi di atas bermanfaat.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback