Menulis Skripsi Sulit? Yuk, Lakukan Beberapa Persiapan ini!

Jessica,
0
Menulis Skripsi

Menulis skripsi merupakan tantangan yang harus dilewati bagi semua mahasiswa yang sedang ketika mendekati semester akhir perkuliahan. Banyak hal yang harus dilakukan ketika menulis skripsi, tetapi banyak hal pula yang bisa mengganggu proses penulisannya. Menulis skripsi menjadi lebih sulit karena sering bingung harus memulai dari mana. Jika kamu mengalami kebingungan dan kesulitan memulai menulis skripsi, coba simak dan lakukan beberapa persiapan ini untuk memudahkan kamu memulai menulis.

  1. Siapkan beberapa judul

Menulis Skripsi

Medium.com

Menulis skripsi bisa menjadi sulit jika tanpa persiapan. Hal yang mendasar ketika menulis skripsi adalah memilih judul skripsi. Pilihlah judul skripsi yang materinya memang kamu sukai dan kuasai. Kamu juga bisa memilih judul skripsi yang memiliki banyak sumber daftar pustaka sebagai bahan rujukan. Jangan lupa siapkan beberapa judul skripsi karena bisa saja dosen pembimbing akan menolak judul yang kamu ajukan.

  1. Perbanyak sumber daftar pustaka

Menulis Skripsi

Kompasiana.com

Persiapkan sumber daftar pustaka yang banyak dan terbaru. Biasanya ketika kamu mengajukan bab skripsi yang kamu tulis, dosen pembimbing akan menanyakan sumber daftar pustaka. Sumber daftar pustaka untuk skripsi kamu harus valid dan ilmiah. Sumber-sumber daftar pustaka bisa berasal dari jurnal-jurnal penelitian, skripsi atau tesis terdahulu, dan juga buku-buku. Dosen pembimbing juga biasanya meminta kamu untuk menggunakan jurnal yang baru terbit atau tidak boleh usianya lebih dari 5 tahun  hingga 10 tahun.

  1. Buat target penyelesaian

Menulis Skripsi

calldesignna.com

Banyak proses menulis skripsi yang harus kamu lewati. Kamu harus membuat target agar kamu bisa lulus tepat waktu. Berikan target untuk tiap bab yang kamu tulis, misalnya kamu memberikan target untuk menyelesaikan bab 1 sampai bab 3 dengan tenggat waktu 2 minggu. Kamu juga harus membuat tenggat waktu untuk kamu merevisi skripsi kamu paling lama 1 minggu. Jika kamu mengerjakan skripsi sesuai dengan target yang kamu buat, kamu pasti bisa lulus tepat waktu.

  1. Kunjungi perpustakaan

Menulis Skripsi

tipsforlawyers.com

Jika kamu membutuhkan ketenangan saat menulis skripsi, maka perpustakaan adalah tempat yang tepat. Perpustakaan akan memberikan kamu suasana tenang yang kamu butuhkan saat menulis. Kamu juga bisa langsung mencari berbagai buku referensi yang dibutuhkan untuk materi skripsi kamu.

  1. Kejar terus dosen pembimbing

Menulis Skripsi

blog.cengage.com

Masalah yang sering dihadapi dalam menulis skripsi adalah kesibukan dan banyaknya revisi dari dosen pembimbing. Oleh karena itu, kamu harus aktif mengejar dosen pembimbing kamu. Apabila dosen pembimbing memberikan banyak revisi, kamu harus tanyakan letak kesalahan yang kamu buat. Lakukan revisi skripsi kamu dengan cepat, lalu hubungi dosen pembimbing untuk memeriksa hasil revisi yang kamu tulis. Jangan lupa beri jeda waktu dalam mengejar dosen pembimbing agar dosenmu tidak merasa terganggu.

  1. Ajak teman untuk berbagi

Menulis Skripsi

MKELS.COM

Ketika pikiran kamu kalut dan kamu mengalami kesulitan, kamu bisa mengajak temanmu untuk berbagi pikiran. Kamu bisa meminta tolong kepada teman yang pintar untuk membaca skripsi dan memberi masukan yang kamu perlu tambahkan ke dalam skripsi. Pendapat dari teman biasanya dapat membantu kamu yang kesulitan dalam menulis skripsi.

  1. Jangan menyerah

Menulis Skripsi

Chartcons.com

Semakin sering kamu bimbingan, semakin banyak pula revisi yang kamu dapatkan. Jika itu terjadi, jangan menyerah. Revisi berkali-kali akan membuat skripsi kamu lebih bagus. Jangan biarkan revisi skripsi menurunkan semangatmu. Ketika kamu merasa lelah, beri waktu dirimu untuk beristirahat sampai semangatmu pulih. Jangan biarkan revisi membuat semangatmu kendor sehingga skripsimu terbengkalai.

Jadi, kamu coba terapkan semua persiapan seperti yang telah dijelaskan. Semoga informasi ini dapat membantumu menyelesaikan skripsi tepat waktu. Ayo semangat!

Be the first to write a comment.

Your feedback