5 Manfaat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah

Jessica,
1
Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

Keunggulan dan potensi kekayaan daerah di Indonesia yang beragam perlu dikenalkan kepada anak-anak. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia melakukan pendidikan mulai mengenalkan kebudayaan yang ada di sekitar daerah. Caranya adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Tujuan pembelajaran ini adalah agar generasi muda mengenal kebudayaan, potensi, dan nilai-nilai yang ada di setiap daerah. Berikut ini 5 manfaat pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah.

  1. Melahirkan generasi-generasi yang kompeten dan bermartabat

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

reddoorz.com

Tidak bisa dimungkiri masih banyak generasi muda di Indonesia yang tidak mengenal potensi serta kekayaan alam dan budaya di daerahnya masing-masing. Dengan memasukkan pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah, kamu akan mengenal lebih dekat dan detail tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya. Selain itu, kamu akan lebih peduli terhadap kebudayaan daerah di sekitar kamu. Pada akhirnya kamu akan menjadi lebih berkompeten dan bermartabat dalam menjaga eksistensi kebudayaan daerah yang ada.

  1. Merefleksikan nilai-nilai budaya

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

pixabay.com

Salah satu manfaat memasukkan pembelajaran berbasis kearifan lokal di setiap jenjang sekolah adalah kamu dapat merefleksikan nilai-nilai budaya yang ada di sekitar lingkungan daerah. Kamu akan terlibat secara langsung mengidentifikasi atau menganalisa seluruh potensi dan keunggulan lokal yang ada di sekitar sekolah. Produk-produk keunggulan kearifan lokal tersebut dicantumkan dalam silabus. Kearifan lokal yang dipaparkan dalam berbagai aspek, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, sejarah, geografis, dan berbagai kebudayaan.

  1. Berperan serta dalam membentuk karakter bangsa

 Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

tokopedia.com

Manfaat lain pembelajaran berbasis kearifan lokal adalah dapat berperan serta dalam membentuk karakter bangsa. Mengenalkan keberagaman potensi dan kebudayaan yang ada di daerah tempatmu tinggal akan membuat kamu lebih peduli terhadap warisan kebudayaan negara Indonesia. Kearifan lokal ini juga dapat digunakan sebagai modal untuk membentuk karakter luhur bangsa. Karakter luhur bangsa Indonesia yang telah sejak dulu dimiliki. Melalui pembelajaran ini berbagai pendidikan karakter positif ciri khas bangsa Indonesia tertanam di dirimu. Berbagai karakter, seperti bertindak dengan hati-hati dan penuh kesadaran, pengendalian diri, tenggang rasa, cinta tanah air, meminimalisasi keinginan, dan sopan santun.

  1. Berkontribusi menciptakan identitas bangsa

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

romadecade.org

Indonesia dengan nilai-nilai keluhurannya menjadi salah satu identitas bangsa. Melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal, kamu akan mampu berkontribusi dalam menciptakan identitas bangsa yang kuat. Upaya pengembangan karakter bangsa dapat terselenggara dengan secara optimal melalui pembelajaran di sekolah. Materi-materi yang berhubungan dengan kebudayaan, seperti bahasa, makanan, tarian, dan lagu merupakan kontribusi yang sangat berguna untuk memperkuat identitas bangsa Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan dan keberagaman adat budaya. Kamu akan lebih mengenal kebudayaan yang menjadi ciri khas yang dimiliki daerah tempatmu tinggal.

  1. Melestarikan budaya bangsa

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

pintherest.eu

Manfaat terakhir dari pembelajaran berbasis kearifan lokal adalah kamu bisa lebih mengenal budaya bangsa terutama budaya yang ada di sekitarmu. Setelah mengenal, kamu akan lebih tertarik dan mencintai budaya bangsa. Kamu mulai memperkenalkan berbagai kebudayaan tersebut kepada orang lain. Semakin banyak orang mengenal kebudayaan yang ada di daerah, maka makin banyak orang akan menjaga dan melestarikan berbagai kebudayaan bangsa dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, pembelajaran yang melibatkan kearifan lokal ini akan menggali potensi nilai dan keberagaman budaya yang semakin hilang karena pengaruh gempuran budaya luar.

Inilah 5 manfaat pembelajaran berbasis kearifan lokal yang ada di sekolah. Yuk, kenali, gali, dan lestarikan nilai-nilai, potensi, serta budaya yang ada di sekitarmu.

Feedback

  1. Ririk Puji Lestari


    artikel-artikel yang saya butuhkan saya dapatkan disini….berkaitan dengan pembelajaran pembiasaan yang baik bagi anak.

Your feedback