Manfaat Sekolah TK dan PAUD untuk Anak Anda

Jessica,
2
Manfaat Sekolah TK

Di sebuah sekolah, terdapat salah satu orang tua calon siswa yang bertanya kepada guru di sekolah tersebut. Berikut cuplikan dialognya:

—————————————————————————————————

Orang tua calon siswa: “Bu, maaf sebelumnya. Saya mau bertanya lagi. Anak saya tidak sekolah di TK. Saya mengajarinya sendiri di rumah. Bisa diterima di sekolah ini tidak, ya?”
Guru: “Oh, bisa, Bu. Di sini tidak ada syarat yang mengharuskan bahwa calon siswa harus dari TK, kok. Tapi, sekolah TK itu banyak manfaatnya, lo.”

Orang tua calon siswa: “Iya, Bu. Saya tidak menyekolahkan anak saya di TK karena takut anak saya dijahili teman-temannya.”

—————————————————————————————————

Ya, di luar sana, banyak orang tua yang menganggap bahwa sekolah TK maupun PAUD tidak terlalu penting. Mereka bisa mengajari anak mereka membaca, menulis, dan berhitung di rumah. Mengapa harus mahal-mahal membayar biaya sekolah di TK atau PAUD jika saya bisa melakukannya sendiri? Begitu biasanya anggapan mereka.

Sebenarnya, sekolah TK dan PAUD banyak manfaatnya, lo. Berikut ulasannya:

  1. Membuat Tubuh Anak Menjadi Lebih Sehat

Manfaat Sekolah TK

Source: Flickr

Ketika anak Anda di rumah, ruang geraknya menjadi terbatas. Namun, ketika anak Anda masuk sekolah TK atau PAUD, maka dia akan bermain dengan teman-temannya. Dia akan berlari, melompat, merangkak, mendaki, dan melakukan gerakan-gerakan lain. Aktivitas-aktivitas fisik yang mereka lakukan di sekolah akan membuat tubuhnya menjadi lebih bugar.

  1. Mengembangkan Kemampuan Motorik pada Anak

Manfaat Sekolah TK

Source: Pixabay

Ketika berumur 2 tahun, anak Anda mungkin belum bisa memegang pensil dengan baik. Namun, sejak masuk sekolah TK atau PAUD, anak bisa memegang pensil dengan baik, bahkan sudah bisa menggambar bebas atau menggambar dengan mengikuti pola yang Anda. Ya, dengan bimbingan intensif dari pengajar di sekolah TK, kemampuan motorik anak bisa berkembang.

  1. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi pada Anak

Manfaat Sekolah TK

Source: Pixabay

Anak-anak yang bersekolah di TK dan PAUD akan berkomunikasi dengan teman-temannya. Mau tidak mau, si anak dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Melalui cara ini, kemampuan berkomunikasi anak dengan orang lain akan menjadi lebih baik. Selain itu, anak akan belajar cara menyampaikan sesuatu lewat kata-kata.

  1. Mengembangkan Kemandirian pada Anak

Manfaat Sekolah TK

Source: Pixabay

Di sekolah TK dan PAUD, anak-anak diajarkan untuk makan sendiri, melepas sepatu dan kaos kaki sendiri, serta beberapa kegiatan lain yang dilakukan secara mandiri. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar dan memahami cara melakukan kegiatan sederhana tanpa bantuan orang lain.

  1. Mengembangkan Bakat Terpendam Anak

Manfaat Sekolah TK

Source; Vimeo

Di TK dan PAUD, anak-anak akan diberikan banyak kegiatan. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, Anda bisa mengetahui bakat dan kemampuan anak Anda. Setiap anak terlahir dengan membawa keunikan dan bakat yang berbeda-beda. Anda wajib mencari tahu bakat anak Anda sejak dini.

  1. Mengembangkan Kedisiplinan pada Anak

Manfaat Sekolah TK

Source: Flickr

Ketika memasuki TK dan PAUD, anak-anak akan dibiasakan dengan peraturan yang berlaku di sekolah tersebut. Anak-anak akan dikenalkan dengan para pengajar, teman-teman, lingkungan sekitar, peraturan yang berlaku, dan sebagainya.

Dengan adanya pengenalan terhadap peraturan di sekolah, maka anak akan terbiasa untuk menaati peraturan. Secara perlahan, kedisiplinan anak akan berkembang.

  1. Mengembangkan Daya Cipta pada Anak

Manfaat Sekolah TK

Source: Max Pixel

Di sekolah TK dan PAUD, anak-anak akan diajarkan tentang cara membuat sesuatu dari plastisin, kertas, dan bahan lainnya. Dengan cara ini, daya cipta dan imajinasi anak akan semakin berkembang.

Baca juga:
Cara Mendidik Anak Yang Benar Dan Bijak

Nah, itu tadi 7 manfaat memasukkan anak ke sekolah TK atau PAUD. Ternyata, manfaatnya sangat banyak, ya.

Feedback

Your feedback