Malas Belajar? Atasi dengan 5 Tips Belajar Menyenangkan Ini!

Jessica,
0
Tips Belajar Menyenangkan

Bagaimana tips belajar menyenangkan? Pertanyaan tersebut biasanya ditanyakan oleh orang tua atau guru yang kesulitan menumbuhkan minat dan semangat belajar anak. Sebenarnya, ada banyak penyebab mengapa anak malas belajar. Mulai dari cara belajar yang membosankan, suasana yang tidak mendukung, malas berpikir, hingga beban berat menjadi seorang pelajar sukses.

Untuk mengatasi anak yang malas belajar, gunakan tips belajar menyenangkan yang dirancang sedemikian rupa dan tidak membuat anak mudah bosan. Cara ini tergolong sangat efektif dan ampuh membangkitkan kembali semangat anak untuk belajar. Nah, bagi Anda yang penasaran, simak sejumlah tips belajar menyenangkan yang dapat Anda terapkan pada anak.

Membuat Simulasi

Tips Belajar Menyenangkan

Sumber : theodysseyonline.com

 

Pasti akan sangat membosankan jika belajar di kelas hanya mendengarkan guru saja, terlebih bagi anak yang lebih menyukai praktik. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat simulasi. Dengan mempraktikkan pelajaran secara langsung ke dalam sebuah permainan atau simulasi, anak akan lebih mudah memahaminya.

Misalnya, dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, anak diminta untuk menghafal dan memahami pasal yang ada dalam Undang-Undang 1945. Jika menggunakan pembelajaran biasa, anak akan merasa jenuh dan terbebani. Lain cerita jika Anda memanfaatkan permainan monopoli untuk mempelajari PKN. Pasal tadi menjadi elemen yang akan dimainkan oleh anak.

Cara ini pun dapat Anda praktikkan untuk pelajaran lainnya, seperti Sosiologi, Matematika, Biologi, Kimia, Sejarah, maupun Fisika. Dengan menggunakan simulasi, anak tidak akan merasa jenuh dan lebih fokus pada pelajaran.

Menghafal Rumus dengan Lagu

Tips Belajar Menyenangkan

Sumber : educenter.id

 

Kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran berhitung, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia. Siswa lebih menyukai pelajaran seni karena mereka dapat lepas dari rumus-rumus yang memusingkan. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut, yakni memadukan pelajaran seni dengan pelajaran yang memiliki hitungan atau rumus.

Tips belajar menyenangkan ini sangat mudah dilakukan. Cukup dengan menggunakan nada dari sebuah lagu kemudian nyanyikan dan rangkaikan rumus menjadi sebuah kalimat. Cara ini terbilang sangat mudah diterapkan dan efektif meningkatkan daya pikir anak selama proses pembelajaran berlangsung.

Membuat Peace Post Card

Tips Belajar Menyenangkan

Sumber : peacepostcards.org

 

Jika merasa pusing dan bingung mengenai cara belajar apa lagi yang harus diterapkan, Anda dapat meniru cara belajar kreatif, yakni membuat Peace Post Card. Tips belajar menyenangkan ini mulanya ditemukan oleh guru bahasa Inggris SMP Al-Azhar 9, Saara Suaib Hanafi.

Anda dapat mengajarkan siswa untuk menuliskan apa yang ia pikirkan dalam sebuah Post Card. Meski kelihatannya sepele, tetapi penggunaan Peace Post Card sangat efektif untuk menumbuhkan minat belajar anak dan melatih keberanian dalam mengemukakan pendapat.

Mengajar dengan Meme

Tips Belajar Menyenangkan

Sumber : memegenerator.net

 

Beberapa tahun terakhir ini, media sosial dipenuhi dengan meme lucu. Anda dapat memanfaatkan fenomena ini untuk membuat suasana belajar lebih asyik. Caranya mudah, yakni gunakan meme sebagai sarana pembelajaran. Buat meme yang lucu dan sarat edukasi. Dengan begini, anak akan lebih mudah mengingat dan memahami setiap pelajaran yang ada.

Menggunakan Aplikasi Belajar

Tips Belajar Menyenangkan

Sumber : journal.sociolla.com

 

Di era modern ini, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi belajar yang dapat diunduh gratis melalui smartphone Android dan iOS. Apliksi ini tidak hanya memudahkan anak untuk mempelajari bahasa, rumus, dan hafalan, melainkan juga menunjang kegiatan belajar efektif pada anak. Tips belajar menyenangkan ini terbukti ampuh untuk menciptakan suasana belajar yang lebih seru dan menantang.

Itulah sederet tips belajar menyenangkan yang dapat Anda terapkan pada anak. Dijamin anak akan lebih semangat dalam menimba ilmu.

Be the first to write a comment.

Your feedback