Cara Mudah Agar Kuliah Lulus Cepat

Jessica,
2
Kuliah Lulus Cepat

Bagi sebagian besar mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, kekhawatiran mengenai kelulusan sering dirasakan. Kekhawatiran tersebut umumnya berupa ketakutan lulus tidak tepat waktu atau terlampau lama. Nah, tidak usah khawatir, berikut ini ada 8 cara agar kuliah lulus cepat:

  1. Pahami Kewajiban
Kuliah Lulus Cepat

Source: Wikimedia Commons

Cara pertama agar kuliah lulus cepat adalah dengan memahami kewajiban Anda. Kewajiban seorang mahasiswa sama dengan kewajiban seorang pelajar pada umumnya, yaitu belajar dengan sungguh-sungguh. Seletih apapun, ingatlah bahwa semua ini demi mencapai tujuan awal, yaitu memperoleh ilmu dan mengantongi ijazah secepatnya dengan nilai yang memuaskan.

  1. Lawan Rasa Malas
Kuliah Lulus Cepat

Source: Pixabay

Lawan rasa malas yang hinggap di diri Anda. Rasa malas adalah salah satu penghambat kuliah lulus cepat. Jika malas datang menghampiri, sibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya mengerjakan tugas bersama teman-teman, atau membaca buku yang berkaitan dengan jurusan kuliah Anda.

Selain itu, ingatlah orang tua dan keluarga Anda di saat Anda merasa malas. Bayangkan betapa mereka akan merasa bangga dan bahagia jika Anda bisa cepat lulus kuliah.

  1. Maksimalkan Indeks Prestasi
Kuliah Lulus Cepat

Source: Pixabay

Indeks prestasi bukan menjadi satu-satunya tolok ukur dalam menentukan prestasi seorang mahasiswa. Namun, indeks prestasi yang tinggi bisa menentukan jumlah SKS (satuan kredit semester) yang akan Anda ambil di semester berikutnya. Jika Anda bisa memaksimalkan jumlah SKS di tiap semester, maka Anda bisa lulus kuliah dengan cepat—atau setidaknya tepat waktu.

Baca juga:
Tips Mudah Agar Kuliah Tidak Sia-Sia

  1. Usahakan Nilai yang Memuaskan
Kuliah Lulus Cepat

Source: Pixabay

Jika Anda tidak lulus pada salah satu atau beberapa mata kuliah, maka hal tersebut akan menyulitkan, karena Anda wajib mengulangnya di semester selanjutnya atau tahun selanjutnya.

Pengulangan ini tentunya membuat kuliah Anda tidak cepat selesai. Untuk menyiasatinya, berusahalah untuk mendapatkan nilai yang memuaskan di tiap mata kuliah.

  1. Cari Tahu dan Penuhi Syarat untuk Lulus dari Perguruan Tinggi Anda
Kuliah Lulus Cepat

Source: Max Pixel

Aturan yang berlaku di setiap perguruan tinggi mengenai syarat kelulusan memang berbeda-beda. Maka, cari tahu syarat-syarat yang harus Anda penuhi agar kuliah lulus cepat. Jangan sampai Anda lulus kuliah tidak tepat waktu hanya karena tidak mengetahui syarat-syarat kelulusan di perguruan tinggi Anda.

  1. Mulailah Menjaga Pergaulan
Kuliah Lulus Cepat

Source: Pixabay

Bagi sebagian mahasiswa, masa kuliah adalah masa yang layak untuk dinikmati. Tak jarang, ada yang menikmatinya dengan cara yang keliru, yaitu menjerumuskan diri dalam pergaulan yang tidak tepat. Nah, jika Anda memiliki impian kuliah lulus cepat, hindari hal ini.

Bertemanlah dengan kawan yang memberi dampak positif terhadap kehidupan Anda. Kawan yang positif akan membentuk lingkungan yang positif pula.

  1. Batasi Kegiatan Mahasiswa atau Organisasi Mahasiswa yang Anda Ikuti
Kuliah Lulus Cepat

Source: Flickr

Organisasi mahasiswa atau unit kegiatan mahasiswa layak untuk Anda ikuti, karena bisa mengembangkan sikap-sikap positif dalam diri Anda. Namun, batasi kegiatan atau organisasi yang menguras terlalu banyak waktu dan tenaga, Karena bisa membuat Anda terlalu lelah dan kewajiban menempuh pendidikan justru terbengkalai.

  1. Kurangi Porsi Bermain-Main
Kuliah Lulus Cepat

Source: Wikipedia Commons

Jika merasa jenuh, kebanyakan mahasiswa biasanya melampiaskannya dengan main ke mal, bioskop, berbelanja, dan dengan beragam kegiatan lain. Namun, kegiatan-kegiatan ini bisa membuat target kuliah lulus cepat yang Anda rencanakan menjadi berantakan. Anda boleh bermain-main, tetapi ingat waktu dan kewajiban, ya.

Nah, itulah 8 cara agar bisa lulus kuliah dengan cepat. Selain mengetahui cara agar kuliah lulus cepat, Anda juga wajib membaca artikel (ini) untuk mengetahui beberapa hal tentang kuliah di luar negeri.

Feedback

Your feedback