Ketahui Ini Dia Penyebab Anak Muntah!

Vana Vana,
0
anak muntah

Kita ketika memiliki anak kita tentu saja memerhatikan proses tumbuh kembang si kecil, mungkin mama sering melihat anak beberapa kali muntah dalam berbagai keadaan. Apakah penyebab anak muntah – muntah?

Terkadang si kecil bisa muntah karena sakit perut, tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan si kecil tiba-tiba muntah meski kondisi fisiknya terlihat tidak ada masalah.

Hal tersebut membuktikan bahwa anak muntah tentu saja tidak selalu dikarenakan gangguan pencernaan, ada hal lainnya yang menjadi alasan dibalik kenapa anak bisa muntah sebagaimana beberapa hal tersebut ini dan mari kita simak dan pelajarinya bersama-sama ya!

  •  Makan Kebanyakan

Kita tentu setuju bahwa keadaan anak yang muntah tentu saja dikarenakan suatu kondisi yang terjadi pada organ pencernaan si kecil.

Meski begitu, hal tersebut tidak selalu mengarah pada gangguan pencernaan seperti mual, diare, dan semacamnya, ada kala juga anak mama yang muntah dikarenakan anak memiliki kebiasaan yakni makan yang terlalu banyak.

Lebih parah lagi apabila anak anda memakan dengan cepat dan pola makanan si kecil tidak beraturan, hal tersebut tentu saja akan mengganggu organ pencernaan si kecil karena muntah tersebut.

 

  •  Alergi

Anda tentu saja memahami bahwa kondisi seseorang ketika individu tersebut mengalami alergi pada sesuatu tentu saja bisa menyebabkan efek samping, hal tersebut tentu saja dialami oleh anak kecil yang memiliki alergi.

Apabila anak memiliki alergi pada suatu makanan, tubuh si kecil tentu saja akan bereaksi, tidak jarang reaksi yang diberikan adalah muntah serta reaksi lainnya, itulah kenapa kita sebagai orang tua diwajibkan mengetahui cara spesifik alergi si kecil melalui pemeriksaan secara medis di rumah sakit atau dokter dalam hal ini.

 

  •  Aktivitas Fisik Tertentu

Sebagai orang tua kita tentu saja melihat anakyang aktif dalam melakukan aktivitas.

Kita tentu saja turut mengupayakan perkembangan sistim motorik si kecil melalui aktivitas fisik lainnya, kita harus mengetahui bahwa aktivitas fisik nyata mengapa anak bisa muntah.

Hal tersebut berpotensi terjadi ketika mama langsung membiarkan anak anda beraktivitas setelah makan.

Gerakan yang dilakukan si kecil ketika makanan masih dalam proses pencernaan akan membuat tubuh si kecil mengalami gangguan sehingga si kecil akan terganggu dan mengalami muntah, maka dari itu kita harus membiasakan memberikan jeda kepada anak anatara makan dan beraktivitas.

 

  • Efek Samping Dari Obat

Untuk memastikan anak mama tetap berada dalam kondisi sehat, anda tentu saja harus memberikan obat yang sesuai ketika si kecil sakit.

Anda ketika memberikan vitamin juga harus berhati-hati, memang hal itu adalah hal yang sangat baik, meski begitu, mengonsumsi obat sebenarnya bisa membuat si kecil muntah karena adanya efek samping terhadap zat zat yang ada di dalam obat yang anda berikan kepada anak anda.

Dan apabila hal tersebut terjadi, anda bisa langsung menghubungi dokter dan berkonsultasi kepada dokter agar pemberian vitamin ataupun obat tersebut berlangsung dengan aman.

 

  • Keadaan Otak Si Kecil

Ketika berbicara mengenai gangguan fisik yang bisa menyebabkan si kecil muntah, hal ini juga bisa disebabkan karena keadaan otak si kecil, dalam dunia medis, kondisi otak yang sedang tidak normal dapat memberikan efek samping dimana seseorang bisa muntah.

Hal tersebut tentu saja terjadi kepada semua orang termasuk anak anda, apabila anak anda sedang mengalami sakit kepala dan juga muntah-muntah, itu bisa terjadi karena anak anda mengalami gangguan pada otak si kecil.

Dan tentu saja atas dasar itu kita tidak boleh sembarangan dalam memberikan obat kepada anak kita agar anak kita terhindar dari hal tersebut.

Kita lebih baik pergi ke dokter atau rumah sakit untuk mengetahui pemeriksaan anak kita lebih lanjut.

 

  • Sistim Sensorik

Selain kondisi otak dan fisik, ada juga sensor sensorik yang bisa membuat anak muntah, karena ada beberapa hal yang bisa merangsang anak untuk muntah.

Hal tersebut hanya terjadi sebenarnya ketika ada gangguan pada sistim, dalam kasus ini anda tentu saja harus berkonsultasi ke dokter untuk hal lebih lanjut lagi.

 

  • Virus

Penyebab utama anak muntah juga dikarenakan virus yang mengganggu kepada anak anda, gangguan pada pencernaan yang bisa membuat anak muntah disebabkan oleh virus dimana salah satu nama virus tersebut adalah rotavirus yang sering menyerang anak-anak.

Itu kenapa kita harus mengawasi dan mebimbing proses tumbuh kembang anak dengan memperhatikan segala hal yang ada agar anak memiliki gaya hidup yang bersih dan sehat.

Be the first to write a comment.

Your feedback