7 Kegiatan Menyenangkan Setelah Ujian Ini Patut Dicoba

Jessica,
0
wordpress.com

Ujian adalah masa-masa yang paling menegangkan bagi anak usia sekolah. Selain mendukungnya dengan memberikan ruang belajar yang nyaman dan makanan yang bergizi saat ujian, ada satu hal lagi yang sering dilupakan para orang tua yakni reward. Tidak ada salahnya menyemangati si kecil dengan memberikan pilihan kegiatan menyenangkan setelah ujian.

Jika Anda masih bingung dengan kegiatan menyenangkan setelah ujian apa yang ingin ditawarkan, coba simak tujuh pilihan seru di bawah ini. Dengan menjanjikan sesuatu yang disenangi si kecil, masa-masa ujian tidak akan terasa dan ia pun akan lebih bersemangat untuk belajar.

Perjalan Satu Hari ke Pantai

Perjalan Satu Hari ke Pantai-explorewisata.com

Perjalan Satu Hari ke Pantai-explorewisata.com

Jika di dekat tempat tinggal Anda ada pantai dan kebetulan si kecil senang bermain air, biarkan ia melepaskan stres dengan berlari-lari di pantai. Tidak hanya membuatnya merasa senang, cahaya matahari di pantai juga sangat baik untuk kesehatan. Penelitian bahkan menyebut bahwa sinar matahari langsung bisa membantu tubuh meningkatkan kadar serotonin dan membuat suasana hati kita menjadi baik.

Adakan Acara Kecil di Rumah

Adakan Acara Kecil di Rumah-myminiapolis.com

Adakan Acara Kecil di Rumah-myminiapolis.com

Jika biasanya Anda hanya mengadakan pesta kecil saat ulang tahunnya, kali ini tidak ada salahnya membiarkan anak mengundang teman-temannya datang. Siapkan berbagai camilan kecil, film kesukaan, dan mainan yang sedang mereka senangi. Hal sederhana ini tentu akan membuat si kecil merasa Anda menghargai usaha belajarnya selama ujian.

Pesta Barbekyu

Pesta Barbekyu-.blogspot.com

Pesta Barbekyu-.blogspot.com

Salah satu kegiatan menyenangkan setelah ujian yang patut dipertimbangkan adalah pesta barbekyu. Setelah satu minggu yang sibuk, si kecil akan kehilangan banyak kesempatan menyantap makanan kesukaannya karena terlalu sibuk belajar.

Ajak ia belanja bersama ke pasar swalayan dan biarkan ia memilih bahan makanan yang disuka. Akan lebih seru jika Anda mengundang beberapa rekan atau saudara untuk menyemarakkan suasana.

Pesta Piyama

Pesta Piyama-.alicdn.com

Pesta Piyama-.alicdn.com

Bagi anak-anak, bisa menginap di rumah teman adalah kesempatan yang sangat langka. Kadang Anda merasa terlalu khawatir sehingga tidak mengizinkan ia bermalam di rumah temannya. Kali ini, Anda bisa memberikan kesempatan padanya untuk mengundang temannya menginap.

Anak-anak perempuan, terutama, pasti akan sangat menyukai ide pesta piyama sebagai salah satu kegiatan menyenangkan setelah ujian. Si kecil dan teman-temannya bisa saling berbincang dan bercanda sampai malam. Ada baiknya Anda mengoordinasikan acara ini dengan orangtua teman-teman si kecil sebelumnya.

Menghadiri Festival

Menghadiri Festival-www.bayarea.com

Menghadiri Festival-www.bayarea.com

Menjelang musim libur setelah ujian, biasanya ada banyak pilihan festival, terutama di akhir pekan. Festival musik, festival color run atau apapun yang diminati si kecil bisa Anda masukkan ke dalam daftar kegiatan menyenangkan setelah ujian untuknya. Tidak mesti helatan besar berbiaya mahal, acara kecil-kecilan yang menyenangkan pun bisa membantu anak merehatkan pikirannya kembali.

Berlibur

Berlibur -limakaki.com

Berlibur -limakaki.com

Jika dana Anda cukup besar, berlibur tentu menjadi kegiatan menyenangkan setelah ujian yang akan membuat si kecil senang luar biasa. Anda bisa menyiapkan tiket jauh-jauh hari dan memberikannya sebagai kejutan setelah ujian berakhir. Menjanjikan liburan sebelum ujian juga bisa memacu semangatnya agar belajar lebih giat.

Ikut Kegiatan Sukarela

Ikut Kegiatan Sukarela-america.gov

Ikut Kegiatan Sukarela-america.gov

Kegiatan satu ini ibarat melempar dua burung dengan satu batu. Selain bisa mengajak si kecil mencoba sesuatu yang baru, Anda juga bisa mengajarkan nilai-nilai  sosial kepadanya. Ia juga bisa bertemu dengan orang-orang baru dan memperluas lingkup pertemanan. Kalau si kecil menyukainya, Anda bisa menjadikan kegiatan volunteering ini sebagai aktivitas jangka panjang baginya.

Menjanjikan sesuatu untuk si kecil agar memacu semangatnya belajar saat ujian memang tidak selalu baik. Namun memberikan pilihan kegiatan menyenangkan setelah ujian untuknya tentu akan membantunya menjernihkan pikiran kembali. Dengan begitu saat si kecil kembali ke sekolah, ia bisa memulainya dengan penuh semangat.

Be the first to write a comment.

Your feedback