Kapan Waktu Yang Tepat Anak Menggunakan Sendok? 

Vana Vana,
0
Anak Menggunakan Sendok

Ketika berusia enam bulan, anak sudah bisa makan makanan lain untuk dimakan bersamaan pendamping ASI. Ada dua acara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan makanan tersebut, dengan menyuapi langsung atau dengan membiarkan makan dengan tangannya sendiri atau anak bisa menggunakan sendok.

Dan tentu saja akan timbul pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan sendok garpu ke anak Anda? Daripada penasaran, simak informasi yang telah disiapkan yuk!

  • Mengenalkan Sendok Garpu Juga Mengajarkan Anak Mandiri

Tentu saja tidak mungkin jika anak terus menerus Anda suapin ketika anak sudah menjadi dewasa nanti, ia sendiri harus belajar untuk makan dengan mandiri.

Itulah pentingnya mengenalkan sendok garpu ketika anak sudah siap, kita sebagai orang tua juga mengajarkan kemandirian pada anak, tidak apa-apa jika memang masih berantakan, yang penting adalah si kecil memiliki keinginan untuk makan sendiri.

 

  • Mengenalkan Sendok Garpu Mengajari Sistim Motoric Anak

Mengenalkan sendok garpu sejak kecil juga menjadi latihan yang bagus untuk mengasah motoric anak.

Nyatanya, gerakan ketika anak memegang sendok dan ketika sedang menyuap diri mereka sendiri bukanlah gerakan yang mudah bagi mereka, meski terlihat sederhana, rata-rata anak butuh waktu beberapa bulan sampai bisa menggunakan sendok dan garpu secara benar.

Pada usia enam bulan, anak mungkin sudah bisa menggenggam sendok, tetapi gerakan yang dia bisa lakukan untuk menyuapi diri mereka sendiri belum tentu benar, mereka baru bisa melakukan gerakan naik turun saja.

Dan ketika si kecil sudah berusia 13 hingga 18 bulan, anak sudah bisa menggunakan sendok dan garpu dengan baik, dan kemudian mereka menjadi mahir setelah dua tahun ke-atas.

 

  • Kapan Waktu yang Tepat?

Pemakaian sendok garpu melibatkan perkembangan motoric, untuk itu kita harus tahu perkembangan motoric setiap anak tentu saja berbeda-beda, ada yang cepat dan ada juga yang lambat, oleh karena itu Anda bisa memperkenalkan sendok garpu kepada anak Anda ketika mereka sudah siap agar mereka tidak terpaksa untuk mempelajari hal tersebut.

Salah satu tAnda yang bisa Anda lihat adalah respons anak terhadap sendok garpu tersebut, jika sang anak terlihat tertarik, maka itu menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan kedua alat makan tersebut.

 

  • Kenalkan Fungsi yang Berbeda

Saat Anda sedang mengenalkan sendok dan garpu ke-anak, Anda jangan lupa untuk mengenalkan fungsi masing-masing, sendok digunakan untuk menyendok makanan yang

berukuran kecil atau berair, sedangkan garpu untuk mengambil makanan yang lebih besar atau licin seperti potongan buah, kue, pasta, atau juga mie.

 

  • Tips Mengenalkan Sendok Garpu

Peralatan yang tepat untuk mendukung proses belajar anak tentu sangat penting, untuk itu kita juga harus menyiapkan sendok khusus anak, sendok garpu yang ideal untuk anak yang terbuat dari plastic, sendok garpu ini cenderung ringan sehingga mudah diangkat oleh anak, kita juga bisa memilih sendok yang dilengkapi karet di bagian ujung. Karet tersebut membuat sendok garpu tidak mudah terlepas dari tangan anak.

Lebih baik, hindari menggunakan sendok garpu untuk orang dewasa, selain ukurannya terlalu besar, sendok garpu ini juga lebih berat.

Jadi kesimpulannya adalah ketika Anda ingin mengenalkan sendok garpu dapat dimulai ketika anak sudah berusia enam bulan, tetapi untuk itu Anda harus memperhatikan kesiapan anak sebelum mengenalkannya.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback