Ini Penyebab Anak Anda Menjadi Pendiam

Vana Vana,
0
Anak Menjadi Pendiam

Beberapa anak terlahir dalam berbagai karakter dan kepribadian yang tentu saja berbeda, dan sebagai orang tua kita tentu saja ingin anak kita tumbuh kembang anak yang optimal, dan terkadang kita akan bingung bagaimana jika anak kita memiliki sifat pendiam.

Hal tersebut akan membuat orang tua khawatir, sebenarnya anak yang terlalu pendiam tidak boleh dibiarkan akan hal tersebut dimana ditakutkan anak tersebut akan terbawa karakternya hingga anak tersebut dewasa, dan orang tua harus tahu beberapa penyebab anak menjadi pendiam.

  • Jarang Berinteraksi

Orang tua tentu saja senang melihat anak mereka ceria dan aktif, tetapi ada juga yang senang dengan pribadi yang lebih tenang, dan terkadang kita akan berpikir mengapa anak menjadi pendiam.

Anak pendiam sangat berhubungan dengan anak yang pemalu, anak pemalu biasanya terjadi karena mereka jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka.

Jika orang tua mereka juga merupakan pemalu atau sulit bergaul dengan orang di sekitar mereka, maka kemungkinan besar anak akan menjadi pemalu karena melihat hal tersebut dan mencontohnya.

Anak pemalu juga biasanya akan berbicara di depan orang tua atau keluargam ereka saja, dan rasa malu ini yang akan menjadi anak menjadi pendiam di luar tetapi lebih sering berbicara di dalam rumah mereka.

 

  • Kurangnya Rasa Percaya Diri

Rasa tidak percaya diri juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa anak menjadi anak pendiam, anak pendiam karena tidak percaya diri mungkin dikarenakan mereka sering diejek teman-teman mereka atau dibanding-bandingkan dengan anak lain oleh orang tua.

Dan selain itu bisa saja si kecil merasa memiliki sebuah kekurangan yang tidak dimiliki oleh teman mereka lainnya.

Hal tersebut yang membuat anak tidak percaya diri dalam berekspresi, eksplorasi diri, dan membuat mereka ragu dengan kemampuan mereka sendiri.

Sebagai roang tua kita harus bisa mendorong sang buah hati untuk dapat percaya diri dengan kemampuan mereka.

 

  • Tidak Dapat Memberi Respon

Ketika anak sudah berusia tiga tahun, banyak semua kata yang bisa dikatakan oleh anak anak yang memang masih sulit dimengerti oleh orang dewasa, dan secara umum pada usia tersebut mereka sudah bisa menyebut nama mereka, benda, dan juga hal lainnya.

Sementara anak yang memiliki kesulitan berkomunikasi akan membuat mereka menjadi pendiam, kesulitan berkomunikasi tersebut bisa saja dimana anak terlambat bicara, anak yang sulit komunikasi bisa saja tidak mampu bercerita atau memberikan respon.

Dan jika memang anak Anda mengalami salah satu tAnda di-atas, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

 

  • Sering Diabaikan

Apabila sebagai orang tua Anda jarang berbicara dengan anak Anda, itu bisa menjadi masalah bagi si kecil, tidak adanya komunikasi antara orang tua dan anak tentu saja akan membuat si kecil jarang berkomunikasi dengan orang tua mereka.

Orang tua merasa tidak peduli dengan keberadaan anaknya atau sering diabaikan menjadi salah satu mengapa mereka menjadi sosok pendiam.

Faktor yang sangat berpengaruh bagi perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara si kecil tentu saja adalah interaksi si kecil yang akan selalu dimulai di rumah atau keluarga mereka.

 

  • Sering Dimarahi

Setiap orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak mereka, terkadang orang tua sering memarahi anak mereka karena sering berhadapan dengan situasi yang membuat emosi anak mereka.

Sering marah kepada anak bisa menciptakan masalah yang lebih banyak di jangka panjangnya, dan salah satu dampak sering memarahi anak yaitu akan menjadikan munculnya masalah psikologis dan membuat ia menjadi sosok yang menjadi pendiam.

Itulah beberapa alasan mengapa anak menjadi pendiam, dan dengan sering berkomunikasi, maka itu akan membantu anak untuk dapat tumbuh kembang secara optimal.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback