Tips Membersihkan Rumah Setelah Terkena Banjir 

Vana Vana,
0
Bersihkan Rumah Setelah Terkena Banjir 

Hujan yang terjadi belakangan ini membuat beberapa tempat mengalami banjir di pemukiman warga wilayah Jabodetabek maupun wilayah lainnya sehingga banjir sampai masuk ke dalam rumah dan harus membersihkan rumahnya setelah banjir.

Tidak hanya perabotan rumah saja yang mengalami kerusakan, air banjir juga bisa membuat struktur rumah rusak dan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi tercemar, dan untuk itu, saat banjir surut, diperlukan cara yang tepat untuk membersihkan rumah agar dapat rumah seperti sedia kala dimana bersih dan bebas kuman.

Dan tidak boleh dilupakan, pembersihan rumah harus dilakukan dengan benar agar lingkungan tempat tinggal kita bisa terbebas dari kuman penyakit yang bisa merugikan kita.

Membersihkan rumah setelah terkena banjir memang bukan pekerjaan mudah, dibutuhkan kesabaran dan juga perlu banyak bantuan untuk bisa melakukannya, dan untuk mempermudah Anda, simak artikel ini agar Anda dapat membersihkan rumah Anda usai banjir.

 

  • Hubungi Pihak Asuransi

Tidak dapat dihindari, bahwa membersihkan rumah setelah banjir akan memakan biaya yang cukup banyak, mengingat banyak barang yang rusak maupun perabot yang hilang karena hanyut terkena arus air banjir.

Dan untuk itu, apabila rumah Anda memiliki asuransi, jangan ragu untuk menghubungi pihak asuransi yang bersangkutan dan tanyakan setidaknya apa saja kerusak yang bisa ditanggung oleh mereka.

Biasanya, asuransi membutuhkan dokumen lengkap dan juga bukti berupa dokumentasi kerusakan berupa foto atau video agar Anda bisa mengkalim asuransi tersebut.

 

  • Utamakan Keselamatan

Sebelum Anda membersihkan rumah, Anda juga harus memerhatikan keselamatan. Pastikan gas dan listrik dalam keadaan mati, gunakan alat pelindung seperti sapu tangan, masker, sepatu boots, dan pakaian yang nyaman agar Anda bisa membersihkan rumah Anda dengan leluasa.

 

  • Bersihkan Lumpur

Sekop lumpur yang menempel di lantai maupun tembok rumah sebersih mungkin, Anda bisa memakai selang atau alat bertekanan tinggi untuk membersihkan lumpur secara maksimal.

 

  • Bersihkan Permukaan Dan Pilih Perabotan

Setelah Anda sudah membersihkan lumpur, maka Anda harus membersihkan setiap permukaan rumah dan juga perabotan rumah Anda, dan Anda bisa memilih perabotan yang setidaknya masih berfungsi dan bisa Anda benahi.

Lap setiap sudut rumah Anda menggunakan air panas dan juga pembersih, dan apabila diperlukan, lakukan sterilisasi dengan produk tertentu untuk dapat membunuh kuman yang bisa disebabkan oleh banjir.

 

  • Membersihkan peralatan dapur

Rendam gelasp, piring, dan berbagai alat makan lainnya dengan cairan pembersih kuman dengan wadah besar, rendam menggunakan air hangat selama sepuluh menit, setelah itu Anda bisa mencuci bersih dengan air mengalir dan keringkan dengan lap bersih.

Peralatan masak lainnya sebaiknya Anda rendam di dalam air mendidih selama 10 menit, bersihkan semua lemari penyimpanan dengan cairan pembersih kuman.

Lihat juga kondisi lemari dan perabotan lain, jika kondisi sudah tidak memungkinkan, maka lebih baik Anda mengganti alat tersebut dengan hal yang baru.

 

  • Keringkan Peralatan Yang Terendam

Perabotan yang terkena genangan banjir juga bisa Anda langsung jemur di luar rumah, kasur yang sudah terkena air banjir juga bisa Anda ganti karena beresiko dimana mereka bisa mengandung kuman dan bakteri.

Sama seperti kasur, karpet sebaiknya Anda buang jika sudah terendam banjir lebih dari 24 jam karena bisa memiliki kuman dan bakteri berbahaya.

Mainan dan boneka juga Anda tidak boleh lupa untuk buang jika sudah terkena banjir dalam waktu yang cukup lama.

 

  • Peralatan elektronik

Hindari menyalakan peralatan elektronik sebelum Anda bersihkan, Anda juga bisa meminta bantuan professional untuk membersihkan atau memperbaiki alat elektronik Anda.

Kabel juga perlu dikeringkan sepenuhnya dan aliran listrik perlu diperbaiki dan diperiksa oleh tukang listrik sebelum Anda nyalakan kembali.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback