Ini loh Manfaat Magang sebelum Lulus Kuliah yang belum Kamu Ketahui!

Jessica,
0
Manfaat Magang

Program magang biasanya selalu diwajibkan di semester akhir di beberapa jurusan perkuliahan. Program magang ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin merasakan langsung dunia kerja dan mencari ilmu tentang dunia kerja sebanyak-banyaknya. Yuk, cari tahu lebih detail manfaat-manfaat magang buat kamu yang belum lulus kuliah.

  1. Mendapatkan pengalaman kerja secara langsung

Manfaat Magang

smkdrsjahrir.blogspot.com

 

Manfaat magang yang bisa kamu dapat adalah kamu bisa merasakan langsung dunia kerja dan suasana tempat kerja. Ketika kamu magang, kamu harus beradaptasi dengan orang-orang yang ada di tempat magang. Kamu juga harus gesit dan aktif untuk mengerjakan semua pekerjaan yang dibebankan kepada kamu. Selama magang kamu akan belajar mengerjakan hal yang berhubungan dengan administrasi di tempat magang.

  1. Mendapatkan banyak kenalan baru

Manfaat Magang

Kasadar.com

 

Tidak ada salahnya memiliki banyak kenalan baru. Kamu akan mendapatkan banyak kenalan baru di tempat magang. Orang-orang tersebut bisa saja lebih tua dan memiliki posisi yang tinggi dalam jabatannya. Tidak usah khawatir. Kamu hanya perlu melakukan tugasmu dan pintar-pintar menempatkan diri ketika bertemu banyak kenalan baru. Kenalan baru tersebut bisa saja membuka jalan untuk pekerjaanmu di masa yang akan datang.

  1. Memperbaiki kemampuan berkomunikasi

Manfaat Magang

skatel-xiv-121914.blogspot.com

 

Selama kuliah kamu kebanyakan bertemu dan berkomunikasi dengan teman-teman sebaya. Saat melakukan magang, kamu akan bertemu orang-orang yang memiliki usia, jabatan, dan pendidikan yang berbeda. Kamu dituntut untuk bisa menempatkan diri dan pandai berkomunikasi. Kamu juga harus memilih kata-kata yang sopan dan formal ketika berhadapan dengan orang yang lebih tua dan jabatan kerjanya cukup tinggi di tempat magang. Kamu juga akan mengasah kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa lisan yang baik dan benar ketika sedang mempresentasikan sesuatu di hadapan bos atau rekan kerja.

  1. Mempraktikkan ilmu yang didapat saat kuliah

Manfaat Magang

Medium.com

 

Banyak ilmu yang kamu dapatkan saat kuliah. Ilmu tersebut kebanyakan berdasar pada teori. Dengan melakukan magang sebelum kuliah, kamu akan mencoba mengaplikasikan atau mempraktikkan ilmu yang kamu peroleh dalam dunia kerja. Sering kali ilmu yang kamu peroleh di kuliah berbeda jauh secara praktiknya saat kamu melakukan magang.

  1. Mempelajari budaya dan etos kerja

Manfaat Magang

smkdrsjahrir.blogspot.com

Banyak hal yang bisa kamu peroleh saat magang. Salah satunya adalah kamu bisa mempelajari budaya dan etos kerja dan mempraktikkannya saat magang. Dalam dunia kerja, kamu dituntut untuk selalu disiplin dan mematuhi semua peraturan yang ada di tempat magang, baik secara tertulis maupun secara tidak tertulis. Kamu juga mempelajari langsung etika dan etos kerja di tempat magang.

  1. Memperkaya isi resume

Manfaat Magang

kelaskaryawansurabaya.blogspot.com

 

Manfaat magang lainnya adalah isi pengalaman di resume kamu saat melamar kerja lebih banyak. Perusahaan tempat kamu melamar akan melihat pengalaman kerja yang kamu miliki melalui resume yang kamu buat. Pengalaman magang ini bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Memperluas jaringan kerja

Manfaat Magang

suaramuhammadiyah.id

 

Salah satu manfaat magang sebelum lulus kuliah adalah kesempatan untuk memiliki jaringan bisnis dan kerja yang luas. Dengan melakukan magang, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berpotensi untuk memberikan kamu informasi tentang lowongan kerja atau bahkan menawarkan kerja ke kamu langsung saat lulus kuliah nanti.

Bagaimana informasi mengenai manfaat magang di atas? Masih ragu untuk melakukan magang dengan baik? Tingkatkan kinerja kamu walaupun kamu hanya magang. Bisa jadi bos di tempat magang akan memberimu gaji, menarikmu untuk kerja di tempat kamu magang sekarang, atau mereferensikan kamu ke perusahaan lain.

Be the first to write a comment.

Your feedback