Ingin Jadi Penari Balet Profesional? Yuk Belajar di 5 Universitas Amerika ini!

Jessica,
0
Juliard School

Bagi kalian yang ingin berkarier sebagai penari balet profesional, tentu harus melakukan banyak persiapan.Tak melulu soal latihan keras, pendidikan formal di jenjang universitas pun bisa kalian tekuni untuk membantu meraih mimpi tersebut.
Sayangnya, di Indonesia belum ada universitas yang spesifik mengajarkan tari balet. Anda pun harus rela meninggalkan tanah air bila ingin meraih gelar sarjana seni rupa atau Bachelor of Fine Arts (BFA). Salah satu negara yang bisa menjadi tujuan adalah Amerika. Dengan staf pengajar profesional serta fasilitas mumpuni, impian menjadi penari balet profesional bisa diwujudkan. Berikut 5 universitas terkenal di negeri paman sam yang bisa menjadi pilihan untuk mengasah teknik menarimu.

1. University of The Arts, Philadelphia

University of The Arts, Philadelphia

University of The Arts, Philadelphia

Jurusan tari di university of The Arts Philadelphia sudah terkenal dan memiliki reputasi baik di Amerika. Selain latihan fisik, mahasiswa juga akan dibekali dengan teori mengenai seluk beluk tari. Tak hanya mengenal balet, kalian juga akan diajarkan tarian kontemporer dan modern. Tentu ini akan berguna nanti bila untuk menciptakan koreografi baru.
Proses studi dapat ditempuh dalam empat tahun. Untuk menambah wawasan mahasiswa, pihak fakultas juga akan menghadirkan penari-penari profesional yang akan menuturkan seluk beluk dibalik dunia tari.

2. University of Cincinnati

University of Cincinnati

University of Cincinnati

Universitas yang terletak di negara bagian Ohio ini memang sudah lama terkenal dengan jurusan seninya. Kalian dapat merasakan pengalaman dibimbing oleh pengajar profesional serta menikmati studio dengan fasilitas lengkap. Selama berstatus mahasiswa, Anda juga dapat memilang. Tersedia juga beasiswa bagi kalian yang memiliki prestasi bagus.

3. University of Utah

University of Utah

University of Utah

Untuk mengikuti pendidikan di jurusan tari balet University of Utah, para pendaftar harus mengikuti audisi terlebih dahulu baik secara langsung maupun mengirim video saat menari balet. Audisi dilakukan rutin setiap tahunnya dan seluruh informasi terkait dimuat pada laman website kampus.
Ketika resmi menjadi mahasiswa, banyak festival tahunan yang bisa Anda ikuti untuk mengasah kemampuan dan mental. Alumnus dari jurusan balet University of Utah tersebar di hampir seluruh Amerika dan telah terlibat dalam pertujukan bergengsi serta tergabung dalam grup profesional.

4. The University of Oklohama

The University of Oklohama

The University of Oklohama

Menyandang peringkat tiga terbaik secara nasional, jurusan tari balet di universitas Oklohama pantas menjadi pilihan. Di dalam kelas, mahasiswa akan dibekali tak hanya teori tetapi juga perspektif teatrikal balet. Sementara untuk latihan fisik, diwajibkan untuk mengikuti latihan selama lima hari setiap minggunya.
Setiap tahunnya selalu diadakan kompetisi balet sehingga setiap pelajar dapat memperoleh gambaran soal dunia kerja kelak. Bekal ini tentu akan membantu Anda mewujudkan impian menjadi penari balet profesional.

5. Juliard School

Juliard School

Juliard School

Juliard merupakan universitas seni eksklusif yang terletak di kota New York. Untuk memasukinya, Anda memang harus berbakat serta memiliki semangat juang yang tinggi. Terlebih di jurusan balet, Juliard hanya menerima 12 murid perempuan dan 12 murid laki-laki dari seluruh dunia. Audisi yang ketat membuat mereka yang berminat berusaha mati-matian meraih posisi tersebut.
Dengan pengajar yang profesional, Juliard telah menghasilkan alumni yang berkualitas dan banyak diincar oleh grup balet ternama seperti Santa Fe Ballet, L.A. Dance Project, dan Lyon Opera Ballet. Tawaran pekerjaan pasti akan menantimu seusai lulus. Kesempatan berkarier sebagai penari balet profesional pun semakin terbuka lebar.

Demikianlah 5 universitas di Amerika yang dapat Anda tuju untuk mengasah kemampuan tari balet. Agar menjadi penari balet profesional tentu dibutuhkan ketekunan dan disiplin dalam berlatih. Jangan menyerah untuk meraih mimpimu di bidang seni.

Be the first to write a comment.

Your feedback