Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anak

Jessica,
0
Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

Mendengar tentang cerita anak pasti banyak yang menyangka kalau cerita jenis ini tercipta dari tangan penulis anak saja. Anggapan itu keliru, lho. Cerita anak tidak hanya dapat ditulis oleh anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Banyak penulis cerita anak dari kalangan orang dewasa, sebut saja Ali Muakhir, Rae Sitta, Bambang Irwanto, Ina Inong, dan sederet nama tenar lainnya. Kali ini kita tidak akan membahas tentang para penulis cerita anak tersebut, melainkan bagaimana sih cara meningkatkan kemampuan menulis cerita khususnya cerita anak. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Tekun Berlatih

    Latihan setiap hari diperlukan guna mengasah serta meningkatkan kemampuan menulis Anda. Tidak perlu memeras otak untuk menghasilkan tulisan yang berat. Mulailah dengan rutin mengisi buku harian. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis beragam jenis cerita anak dengan mudah.

  2. Banyak Membaca

    Kegiatan ini bisa membuat kemahiran menulis Anda meningkat. Tidak hanya berlaku pada penulisan cerita anak saja, melainkan juga penulisan karya lainnya. Membaca dapat memperkaya kosakata. Rajin membaca berdampak pada karya Anda, lho. Cerita anak buatan Anda akan lebih menarik dan tidak lekas membuat pembaca cilik bosan dikarenakan diksi yang kaya serta penggunaan kalimat yang efektif (tidak diulang-ulang). Membaca buku bahasa Inggris sangat disarankan karena akan membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris lebih banyak kosakata bahasa Inggris atau vocabulary

  3. Menambah Referensi

    Bagi Anda yang sudah terbiasa menulis cerita, termasuk cerita anak, tentu ingin kualitas karya yang Anda buat selanjutnya meningkat. Salah satu caranya ialah dengan memperbanyak koleksi buku bacaan anak, cerpen anak, dan segala jenis artikel yang berkaitan dengan bacaan anak-anak. Dengan bertambahnya referensi bacaan, kualitas penulisan cerita Anda secara otomatis akan naik tingkat juga.

  4. Rajin Mengamati Lingkungan Sekitar

    Agak berbeda dengan cerita remaja atau dewasa, karena ditujukan bagi pembaca cilik, tema yang diangkat dalam cerita anak harus tema yang sederhana. Tema yang lekat dengan kehidupan anak sehari-hari dan tidak lepas dari dunia anak-anak, seperti bermain, belajar, persahabatan, dan sebagainya. Berjalan-jalan sejenak sembari mengamati lingkungan mampu mendatangkan ide-ide cemerlang. Stok ide Anda akan berlimpah jika melakukan hal tersebut. Cerita anak dengan ide yang tidak biasa atau dikenal dengan sebutan out of the box akan membuat karya Anda unik dan mudah dikenali.

  5. Bergabung dalam Komunitas

    Menjadi bagian dari salah satu komunitas pun dapat membuat kemampuan menulis Anda bertambah. Komunitas, contohnya komunitas penulis bacaan anak-anak pasti diisi oleh para penyuka cerita genre ini sampai para senior cerita anak. Dengan bergabung, semua anggota bisa saling berbagi pengalaman, mengetahui suka duka menulis cerita, biasanya juga ada sesi berbagi ilmu dari para senior. Nah, ini dapat dimanfaatkan sebagai bekal dan suntikan supaya kemampuan Anda dalam menulis cerita anak meningkat.

  6. Interaksi dengan Orang Lain

    Jangan Anda kira bercakap-cakap dengan tetangga, sekadar membeli sayur di warung, bermain dan belajar dengan keponakan atau buah hati, hingga menyapu halaman rumah tidak ada manfaatnya dalam proses pembuatan cerita anak. Kegiatan-kegiatan yang Anda anggap sepele itu dapat memancing ide cerita unik. Ide brilian merupakan akar cerita anak yang istimewa.

Demikian cara-cara meningkatkan kemampuan menulis cerita anak. Poin penting yang harus diperhatikan dalam menciptakan cerita anak adalah penggunaan bahasa. Pakailah bahasa yang sederhana dan tidak menggurui. Masuklah ke dunia mereka supaya cerita karya Anda berkesan di hati pembaca. Pemilihan diksi pun harus tepat agar pesan yang ada dalam cerita gampang ditangkap oleh para pembaca cilik.

Be the first to write a comment.

Your feedback