Bingung Memilih Sekolah untuk Anak? Yuk, Kenali 5 Ciri Sekolah Berkualitas Berikut Ini

Jessica,
0
Ciri Sekolah Berkualitas

Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah memiliki peranan vital dalam proses pembentukan dan pengembangan kemampuan inteligensi anak. Karena itu proses pemilihan sekolah bagi si kecil sebaiknya Anda lakukan secara serius. Jangan sampai asal memasukkan anak ke dalam institusi pendidikan yang tidak memiliki ciri sekolah berkualitas.

Menentukan sekolah untuk pertama kalinya bagi si kecil terkadang memang merepotkan, namun jika Anda peduli terhadap kualitas pendidikan si kecil, hal ini tentu akan terasa mudah dan menyenangkan.

Selain mempertimbangkan reputasi dan nama besar sekolah, ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali dari sekolah yang mengedepankan kualitas pendidikan bagi anak. Inilah beberapa ciri sekolah berkualitas yang perlu Anda ketahui:

  1. Area Sekolah yang Bersih

Ciri Sekolah Berkualitas

silikalamerica.com

Faktor kebersihan lingkungan sekolah adalah ciri pertama dari sekolah berkualitas. Area sekolah yang bersih mencerminkan bahwa pihak sekolah peduli terhadap kebersihan lingkungan dan tidak menganggap sepele masalah tersebut.

Lingkungan belajar yang kotor tak hanya dapat mengganggu proses belajar, tapi juga bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan anak. Sebagai saran, periksalah kebersihan sekolah hingga ke area toilet. Sekolah yang baik umumnya memiliki kamar mandi yang bersih dengan kualitas sanitasi yang baik.

  1. Tenaga Pengajar yang Kompeten dan Profesional

Ciri Sekolah Berkualitas

gazettereview.com

Ciri sekolah berkualitas selanjutnya adalah memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan profesional. Sekolah yang berkualitas tidak akan asal mempekerjakan guru dengan latar belakang pendidikan yang tidak jelas.

Dengan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya masing-masing, anak akan mendapatkan pendidikan formal yang baik dan terukur.

  1. Kurikulum Pembelajaran yang Jelas dan Terarah

Ciri Sekolah Berkualitas

ssww.com

Kurikulum pembelajaran merupakan inti dari sistem pendidikan yang diberlakukan di sekolah. Sebelum memasukkan anak Anda ke sekolah tertentu, pastikan Anda telah memahami kurikulum dan metode pembelajaran yang digunakan secara menyeluruh.

Kurikulum yang baik seharusnya tidak hanya memuat soal pendidikan formal, tapi juga membahas mengenai pendidikan karakter yang sangat penting bagi proses tumbuh-kembang anak.

  1. Turut Memperhatikan Pengembangan Minat dan Bakat Anak

Ciri Sekolah Berkualitas

idealistcareers.org

Masing-masing anak telah dianugerahi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu ciri sekolah yang baik adalah mampu mengenali minat dan bakat siswa kemudian membantu pengembangan kedua hal tersebut.

Dengan kata lain, selain kualitas pendidikan, Anda harus memperhatikan bagaimana kebijakan sekolah terkait pengembangan minat dan bakat siswa. Kedua hal ini sangat penting bagi masa depan anak Anda.

  1. Menjalin Komunikasi dengan Orang Tua Siswa secara Aktif

Ciri Sekolah Berkualitas

biasharaleo.co.ke

Ciri sekolah berkualitas yang terakhir adalah mampu menjalin komunikasi dengan orang tua siswa secara aktif. Selain berperan sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah pada dasarnya merupakan perpanjangan tangan orang tua yang ikut andil dalam mendidik karakternya.

Karena itu sudah seharusnya sekolah melibatkan orang tua secara aktif dalam hal pengembangan peserta didik. Anda patut curiga apabila sekolah yang hendak Anda pilih dikenal tertutup dan jarang melakukan koordinasi dengan para orang tua murid.

Itulah beberapa ciri sekolah berkualitas yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sekolah untuk si kecil. Sebagai penutup, Anda mesti paham bahwa pendidikan dasar bagi anak merupakan fase yang sangat krusial karena akan memberikan si kecil pengalaman pertama dalam menempuh jalur pendidikan formal.

Oleh karena itu, tak hanya mencari dan memilih sekolah yang berkualitas, Anda juga harus memastikan bahwa si kecil berada di tempat yang membuatnya nyaman untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman sebaya.

Be the first to write a comment.

Your feedback