Berikut Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Vana Vana,
0
Merawat bayi baru lahir

Merawat bayi yang baru lahir butuh perhatian lebih untuk merawatnya. Kepada setiap ibu muda atau ibu yang baru melahirkan, merawat bayi untuk kali pertama tentu saja sangat membuat kita takut dan khawatir, terlebih itu bukanlah pekerjaan mudah, tetapi kita masih bias mempelajari hal tersebut, ingat, yang terpenting kuncinya bagi kita adalah ketenangan.

Kami bantu untuk para orang tua yang baru memiliki anak untuk agar tetap tenang, kami akan memberikan beberapa list agar sang bunda tidak bingung bagaimana cara merawat anak-nya.

 

  1. Tali Pusar

Tali pusar menjadi urutan pertama karena setiap ibu banyak yang bingung mengenai hal ini. Perawatan tali pusar tidak terlalu susah, meski begitu, kita harus berhati-hati karena akan mudah terkena infeksi.

Tali pusar apabila sampai terkena air saat merawat bayi dimandikan segera keringkan dengan cotton budsatau kasa steril.

Kita juga tidak boleh membersihkan dengan cairan atau ramuan apapun, dan biasanya setelah satu hingga dua minggu, tali pusar tersebut akan putus setelah kelahiran, hal ini bias terjadi lebih cepat atau juga lebih lambat, dan jika tali pusar sudah putus, maka bersihkan dengan baby oil dengan lembut dan juga berhati-hati.

 

  1. Mata Bayi

Apabila mata bayi kita kotor atau ada kotoran, maka kita harus membersihkan mata bayi tersebut, basuhlah dengan menggunakan kapas steril yang dibasahkan memakai air matang, selalu gunakan satu kapas steril untuk satu bagian mata, dan usaplah dengan arah dari dalam keluar, jangan sebalik-nya atau di arahkan sebanyak dua kali, karena jika anda melakukan hal tersebut, hal tersebut bukan mengeluarkan kotoran pada mata, jika anda bingung, maka anda juga bisa membawa-nya ke dokter mata.

 

  1. Kulit

Bayi baru lahir biasanya dimandikan sehari sekali karena dirinya belum tahan dengan dingin, biasanya ibu memandikannya dengan cara merendam di bak mandi, atau di lap dengan handuk basah yang sudah diberikan sabun bayi.

Dan untuk mencegah munculnya biang keringat, atur suhu ruangan agar bayi tidak kepanasan maupun kedinginan, yang jelas, jangan sampai bayi kepanasan, dan sirkulasi udara dalam kamar harus tetap dalam keadaan baik.

 

  1. Kulit Kepala

Kerak kulit atau seperti kulit terkelupas sering muncul di kepala bayi, hal ini disebabkan karena kepala bayi terkena debu, keringat atau polusi udara, dan cara membersihkannya adalah dengan menggunakan baby oil.

Caranya adalah, oleskan baby oildi keras kulit tersebut sekitar 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan dengan kapas atau cotton bud secara lembut, lalu bilas dengan perlahan.

Lakukan dengan lembut, dan jangan terlalu keras, karena di daerah kepala adalah daerah satu peredaran darah yang menyambung dengan otak, dan setelah itu, usahakan kulit kepala tetap sejuk dan kering, karena kerak ini akan semakin parah jika kulit kepala berkeringat.

 

  1. Rambut

Jika anda ingin mencuci rambut bayi, gunakanlah shampoo khusus bayi, dan cuci lah dua kali seminggu, basahi rambutnya dengan halus dan basuhlah dengan tangan, tambahkan satu-dua tetes shampoo dan gosok lembut hingga berbusa, dan usahakan hindari shampoo tersebut mengenai mata, dan basuh sampai bersih dengan tangan anda.

 

  1. Hidung

Bagian dalam hidung manusia memang punya daya pembersih sendiri dan tak perlu perawatan khusus, tetapi jika ada cairan atau kotoran yang terlihat keluar, bersihkan sedikit saja.

Jika bayi anda memiliki lender karena pilek dan mengganggu pernapasannya, sedot keluar lender tersebut dengan cara aspirator hidung bayi yang bersih, lakukan sesuai petunjuk yakni tutup sebelah lubang hidung dengan hari, lalu hisap sebelahnya, dan lakukan secara bergantian.

 

  1. Telinga

Sama seperti hidung, bagian dalam telinga anak tidak boleh dibersihkan, orang tua hanya boleh membersihkan di luar bagian telinga saja, dan cara yang dianjurkan adalah teteskan baby oil setetes ke dalam telinga, dan kotoran akan keluar dengan sendirinya dalam beberapa hari kemudian, lucu bukan? Mari kita coba.

 

  1. Mulut

Mulut bayi sendiri memang salah satu yang diperhatikan oleh orang tua, jika lidah putih karena susu formula, maka bisa dibersihkan dengan kasa steril yang dibasahi dengan air matang, meski begitu, kita sebagai orang tua harus menjaga kebersihan tangan kita sebelum hal tersebut, karena ada beberapa kejadian dimana jamur cancida akan muncul di mulut bayi, dan jika hal tersebut timbul, maka segeralah ke dokter.

 

  1. Kuku

Kuku anak sebaiknya dibersihkan apabila sudah cukup panjang dan potonglah secara perlahan jangan sampai kulit-nya terkena potong, gunakan gunting khusus untuk bayi, dan agar bayi kita tidak tergores, maka tutuplah tangan anak kita melalui sarung tangan ketika kita tidak mengawasi anak kita.

 

  1. Pantat Bayi

Pantat bayi merupakan hal yang sensitive, terkena kimia deterjen, diapers, atau kotoran bekas buang air besar kecil/besar pun bisa membuat pantat iritasi dan membuat gatal-gatal.

Untuk mencegah hal tersebut usahakan pantat dalam kondisi kering dan bersih, kalau bisa, gunakan diaper cream setelah pantat anak benar-benar kering, kemudian baru pakaikan diaper atau popok.

 

Begitulah 10 cara untuk para orang tua yang baru memiliki bayi atau sebentar lagi akan memiliki sang buah hati dalam waktu dekat.

Be the first to write a comment.

Your feedback