Batuk Berdahak? Coba Lima Rempah Alami Ini! 

Vana Vana,
0

Melihat anak kita yang sakit batuk secara terus menerus tentu saja akan membuat perasaan kita sebagai orang tua merasa pusing dan juga sedih, terlebih jika batuk tersebut adalah batuk berdahak.

Penyakit batuk tentu saja sangat menyiksa siapa saja, termasuk orang tua, apalagi jika batuk berdahak tersebut dialami oleh anak kita, anak kecil rata-rata belum mengetahui cara membuat dahak mereka, dan jika mereka sudah mengerti, maka agar mereka lebih nyaman, kita harus mengajari mereka cara mengeluarkan dahak mereka agar batuk mereka tidak begitu menyiksa mereka.

Batuk berdahak umum-nya terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lender pada saluran pernapasan kita, batuk berdahak sendiri dikarenakan infeksi oleh virus atau bakteri pada tenggorokan kita.

Dan saat saluran pernapasan kita terinfeksi, misalnya ketika kita sedang terkena flu, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak lender, batuk ini sebenarnya bertujuan untuk mengeluarkan lendir berlebih tersebut.

Penanganan pada sakit batuk berdahak tentu saja akan berbeda bagi setiap orang, tergantung kasus dan bagaimana tingkat parah batuk tersebut atau apa yang menyebabkan batuk tersebut kepada orang yang terkena penyakit tersebut, dan sebelum Anda memberikan obat-obatan, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan di rumah atau Anda bisa beli dengan mudah, penasaran apa saja bahan bahan yang bisa kita gunakan?

 

  • Madu

Selain menjadi pemanis alami, madu ternyata bisa membantu mengeluarkan dahak dan mengobati batuk si kecil, hal ini juga sudah melewati beberapa proses penelitian sejak 2007, yang meneliti hal tersebut terkait efektivitas bahan alami madu ini.

Para peniliti mengatakan bahwa madu bisa membantu untuk meredakan batuk, hasil studi di Amerika juga memperlihatkan bahwa madu bisa membantu menyembuhkan radang tenggorkan dan batuk lebih baik dibandingkan obat batuk alami lain-nya, untuk itu ada obat batuk yang mengandung ekstrak madu yang bisa membantu menyembuhkan sakit batuk berdahak.

Efektifitas madu memang sangat terasa apabila diberikan kepada anak-anak dibandingkan jika Anda memberikan madu tersebut kepada orang dewasa, hal ini disampaikan Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General, dirinya mengatakan bahwa beberapa penlitian yang telah mereka jalani membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam kepada anak kecil, dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan sang anak, meski begitu perlu di-ingat, bahwa madu tersebut tidak cocok diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun karena bisa menyebabkan resiko botulisme pada sang anak.

 

  • Minyak Esensial

Memakai beberapa minyak esensial juga bisa mengeluarkan dahak pada anak Anda, beberapa minyak esenesial bisa meringankan pernapasan, dan secara tidak langsung bisa mengeluarkan lendir yang ada di dada, dan tentu saja hal tersebut bisa membantu pernapasan sang anak.

Meski begitu, beberapa jenis yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri yang mengganggu saluran pernapasan antara lain, kemangi, kulit kayu manis, kayu putih, serai, permen, rosemary, tea tree, thyme, dan juga oregano. Minyak esensial ini tentu saja bisa dihirup langsung dari botol, menggunakan diffuser, atau juga bisa Anda tambahkan ke air panas untuk menghirup uap dari minyak esensial tersebut, dan sebelum tidur, Anda juga bisa mengoleskan minyak tersebut di dada anak Anda agar penapasan sang anak lebih lega ketika tidur.

 

  • Teh Fenugreek Dan Teh Hijau

Fenugreek atau teh hijau menjadi salah satu jenis herbal yang bisa membantu mengeluarkan dahak, cobalah merebus daun teh tersebut tanpa tambahan gula dan segera minum selagi minuman masih hangat, hal tersebut bisa membantu mengeluarkan dahak dan menyegarkan pernapasan agar ketika saat pilek, pernapasan kita tidak tergganggu.

 

  • Air Garam

Cara tradisional lain-nya adalah berkumur dengan air garam, hal ini sering dilakukan oleh orang tua jaman dulu, dan sebenarnya cara ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan, berkumur dengan campuran garan dan air hangat dapat menghilangkan dahak dan lendir yang ada di tenggorokan dan meredakan gejala tersebut.

Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu aduk sampai garam larut, dan Anda bisa mengulangi hal tersebut beberapa kali sehari sesuai kebutuhan Anda, dan tentu saja dengan hal ini, Anda bisa memiliki pernapasan yang lebih lega setelah dahak yang ada Anda bisa keluarkan.

 

  • Makanan Dan Jamu

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di-atas, ada juga makanan yang bisa membantu Anda meredakan batuk, pilek, dan juga menghilangkan lendir, cobalah makan atau minum jamu yang mengandung bawang putih, jahe, lemon, rempah-rempah seperti cabai rawit, dan jenis cabai lain-nya, beberapa penelitian sendiri mengatakan bahwa beberapa bahan berikut dapat mengurangi gangguan pernapasan dan lendir berlebih pada tenggorokan, hal yang dimaksud adalah buah beri, ginseng, jambu biji, Echinacea, akar licorice, dan juga buah delima.

Selain beberapa hal di-atas, Anda juga bisa meminum vitamin atau menjaga kondisi badan agar Anda tidak terkena penyakit batuk tersebut, karena jika Anda sudah terkena penyakit batuk, maka sakit

tersebut akan mengganggu aktivitas Anda dan tentu saja Anda bisa menularkan penyakit tersebut kepada orang lain, apabila terkena anak Anda, jangan bawa anak Anda ke sekolah, karena hal tersebut akan menularkan penyakit kepada teman sekolah-nya, dan tentu saja itu bukanlah hal yang tepat bukan.

 

Be the first to write a comment.

Your feedback