5 Bahasa Asing Selain Inggris ini Penting Kamu Kuasai di Era Persaingan Global

Jessica,
0
img.sukawu.com

Bahasa Inggris memang telah diakui sebagai bahasa internasional sekaligus bahasa pergaulan yang penggunaannya telah diakui di seluruh belahan dunia. Menguasai Bahasa Inggris—secara tidak tertulis—menjadi  syarat mutlak untuk mendapatkan lebih banyak kesempatan sukses, baik dalam pendidikan maupun karier.

Di sekolah-sekolah, mata pelajaran Bahasa Inggris pun menjadi kurikulum penting untuk mengukur kecakapan. Lalu bagaimana dengan bahasa asing lain selain Inggris? Apakah tidak sepenting bahasa inggris?

Tidak benar. Bahasa asing selain Bahasa Inggris dewasa ini juga memiliki peranan penting, terutama bahasa negara-negara yang perekonomiannya tergolong kuat. Dengan menguasai beberapa bahasa asing ini, kesempatan berkarier lebih terbuka, terutama jika kamu berminat untuk bekerja di perusahaan multinasional.

Lalu, Apa saja bahasa asing selain Bahasa Inggris yang perlu kamu kuasai? Berikut 5 daftarnya.

Bahasa Mandarin

images.bookuu.com

images.bookuu.com

Tidak dimungkiri, China menjadi salah satu negara yang memiliki perekonomian yang kuat dan posisi yang cukup penting dalam perekonomian dunia. Terutama setelah kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Pemerintah China semakin meningkat.

Dengan semakin seringnya perusahaan China melakukan ekspansi bisnis di Indonesia, semakin banyak pula penerjemah Bahasa Mandarin yang dibutuhkan untuk melancarkan kerjasama tersebut. Artinya, dengan menguasai Bahasa Mandarin kesempatan kariermu juga terbuka lebar.

Bahasa Arab

alquranmulia.files.wordpress.com

alquranmulia.files.wordpress.com

Bahasa Arab telah digunakan lebih dari 280 juta orang dan menempati posisi ke empat sebagai bahasa yang paling banyak digunakan penduduk di dunia, terutama di negara Timur Tengah, Afrika dan beberapa bagian di negara Eropa.

Negara-negara Timur Tengah merupakan negara penghasil minyak terbesar di dunia. Dengan menguasai Bahasa Arab juga membantu menguatkan dan membuka kerjasama perekonomian Indonesia dan negara-negara Arab. Selain itu, bagi umat muslim, bahasa ini juga digunakan untuk memperdalam ilmu agama dan akan banyak membantu saat menunaikan ibadah haji dan umroh.

Bahasa Jerman

2.bp.blogspot.com

2.bp.blogspot.com

Jerman adalah salah satu negara yang banyak menyediakan program beasiswa pendidikan dan magang di negaranya. Tidak heran, karena kualitas pendidikan di Jerman sangat bagus dan banyak sekali mahasiswa alumni universitas bergengsi di Jerman kembali ke tanah air dan berkontribusi pada negara.

Tentu saja syarat untuk bisa mengembangkan pendidikan dan karier di negara tersebut adalah dengan mempelajari Bahasa Jerman, terutama jika kamu menaruh minat pada bidang otomatif karena Jerman terkenal piawai dengan perkembangan otomotif dan teknologinya.

Bahasa Perancis

s2.bukalapak.com

s2.bukalapak.com

Tata bahasanya yang terkenal rumit ternyata tidak menyurutkan masyarakat di dunia mempelajari bahasa Perancis. Buktinya, bahasa Perancis menjadi Bahasa yang paling banyak digunakan di sebagian negara-negara di Eropa.

Jika kamu tertarik mempelajari seni, fashion dan budaya, Perancis kerap menjadi kiblat di bidang tersebut. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang fashion serta banyaknya lembaga pendidikan bergengsi di negara tersebut, membuat Perancis menjadi tujuan para perancang busana untuk mengenyam pendidikan.

Satu lagi alasan kenapa kamu wajib bisa berbahasa Perancis jika ingin bersekolah di negara ini adalah karena orang Perancis tidak terlalu piawai menggunakan bahasa Inggris.

Bahasa Jepang

img.sukawu.com

img.sukawu.com

Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang perekonomiannya melaju sangat pesat hingga dijuluki macan asia. Di samping itu, Jepang berhasil menarik perhatian dengan budayanya yang kini menjadi kiblat dalam dunia animasi, komik, bahkan juga dunia hiburan dengan musik dan filmnya.

Tidak heran, minat masyarakat dalam mempelajari bahasa Jepang pun semakin tinggi. Di samping itu, kualitas pendidikan di Jepang kerap menjadi incaran mahasiswa-mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa.

Dengan mengetahui beberapa daftar ini, semakin kuat bukan keinginan mempelajari bahasa asing selain Inggris? Tidak ada salahnya jika mendaftar pada lembaga kursus bahasa asing selain Inggris sejak dini untuk mulai menyiapkan diri demi kesempatan dan karier yang lebih baik.

Be the first to write a comment.

Your feedback