Bagaimana Caranya Mengajari Anak Berbagi Sejak Kecil?

Vana Vana,
0
Anak Berbagi

Mendidik anak merupakan salah satu abgian pekerjaan orang tua yang harus diajarkan kepada anak mereka sejak usia dini, banyak beberapa hal yang harus diajarkan oleh orang tua, salah satu-nya tentu saja mengenai tentang penting-nya sharing atau berbagi kepada orang lain.

Mengajari anak memang adalah hal yang susah-susah gampang, pada usia balita anak memang terkenal menjadi anak yang egois dimana anak tersebut masih memikirkan diri mereka sendiri, dan tak heran jika anak Anda tidak ingin meminjamkan barang mereka kepada orang lain, dan juga anak Anda bisa saja merebut mainan miliki teman anak Anda sendiri, dan untuk mengajarkan sang anak untuk berbagi, Anda harus mengajari anak Anda sejak usia dini.

Selain itu, mengajari anak untuk berbagi Anda bisa lakukan berbagai hal, dan berikut adalah hal yang Anda harus lakukan apabila ingin mengajari anak Anda berbagi dari kecil.

 

Gunakan Mainan Sebagai Contoh

Banyak anak yang suka bermain, dan mainan akan menjadi media yang penting untuk mengajarkan anak Anda untuk mau berbagi sejak kecil, orang tua dapat mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas permainan di rumah untuk dapat membantunya agar bisa berbagi, salah satu permainan yang Anda bisa gunakan untuk mengajari anak Anda mulai belajar untuk berbagi adalah mainan puzzle. Ajak anak Anda bermain puzzle bersama dengan anggota keluarga lain-nya atau teman sekelasnya. Berikanlah si kecil agar mau bergantian dan berbagi potongan puzzle sebagai sebuah tim agar belajar sharing untuk menjadikan puzzle tersebut menjadi gambar yang utuh.

 

Mulai Dari Hal Sederhana

Agar belajar berbagi, Anda juga bisa megajarkan anak Anda berbagi hal dari yang sederhana, seperti Anda mengajari anak Anda untuk membagikan snack atau makanan kepada orang lain ketika saat itu sedang makan atau snack time tiba. Dan jangan lupa bagi Anda untuk bisa mengucapkan terima kasih dan memuji si kecil karena sang anak ingin berbagi dengan orang lain, Dan jika anak Anda sudah mulai berbagi hal-hal kecil kepada orang lain, maka Anda juga sudah bisa melanjutkan pengajaran Anda dengan mainan atau benda yang disukai oleh anak Anda.

Berbagi mainan yang disukai oleh anak Anda merupakan hal terberat bagi anak Anda maupun anak lain-nya, tentu saja apabila anak Anda sudah bisa berbagi, maka hal tersebut merupakan langkah besar bagi anak Anda.

 

Bantu Anak Arti Meminjam Dan Memiliki

Setiap orang tua yang sudah berhasil mengajak anak Anda belajar berbagi baranmg, maka bagaimana Anda bisa mengajari anak Anda untuk tidak mengambil mainan miliki orang lain? Untuk mendidik ini juga, Anda harus bisa mengajarkan anak Anda secara perlahan, anak Anda dapat memahami masalah berbagi, dan mengetahui bagaimana cara meminjam kepada anak lain.

Jika anak telah berusia dua tahun, maka orang tua sudah bisa memberi tahu kepada anak mereka mengenai konsep memiliki ataupun meminjam, Anda bisa mengatakan kepada anak Anda jika mainan bukan miliki anak Anda, Anda hanya bisa meminjam, dan itu juga harus sepengetahuan oleh pemilik barang tersebut, tentu saja hal itu nanti-nya akan dipahami oleh anak Anda dan mengetahui bagaimana cara meminta atau meminjam barang ornag lain dan juga meminta sesuatu kepada orang lain.

Tegaskan bahwa sebelum mengambil mainan atau meminjam barang ataupun mainan, anak Anda harus sudah mendapatkan ijin dari pemiliki barang atau mainan tersebut, jika sudah di-ijinkan jangan lupa mengucapkan terima kasih dan jangan lupa untuk mengambilkan barang yang telah mereka pinjamkan.

 

Jangan Hukum Anak Anda

Mengajari anak, tidak selalu harus dengan menghukum sang buah hati, memang mengajari anak seperti itu merupakan hal yang baik dan diajarkan secara kecil, namun ketika anak Anda masih belum atau tidak mau berbagi ataupun mengikuti ajaran Anda, jangan langsung menghukum sang anak atau juga menghakimi-nya, hal ini tentu saja diperlukan agar sang anak masih ingin mengajari hal tersebut, karena dengan amarah, maka anak Anda akan melupakan ajaran Anda dan tidak akan atau tidak ingin belajar hal tersebut kembali, hal ini bisa membuat anak Anda dan Anda makin sulit untuk mengajari anak Anda.

 

Hargai Barang Milik Anak Anda

Anak Anda akan belajar dari Anda dan juga orang di rumah ataupun lingkungan buah hati Anda, anak akan mencontoh perilaku orang-orang yang dilihatnya, dan untuk itu, Anda harus bisa mengajarkan anak Anda untuk berbagi dengan cara yang sama, yakni Anda harus berbagi juga dengan orang lain, dan ketika Anda ingin memakai barang ataupun mainan anak Anda, maka Anda harus juga melakukan hal yang sama kepada anak Anda, yakni meminta ijin kepada anak Anda agar sang anak belajar untuk hal tersebut juga ketika sang anak ingin meminjam barang kepada orang lain, jika Anda menerapkan hal tersebut, maka anak Anda juga akan menerapkan hal serupa pada dirinya esok hari, dan ini akan menjadi nilai plus bagi Anda dan anak Anda agar sang anak dapat belajar dengan baik mengenai hal tersebut.

 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak Anda memberi dan juga mengerti bagaimana cara meminjam, egoisme anak memang merupakan hal yang siulit bagi ada untuk mengajari anak Anda, tetapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa di ajarkan kepada anak Anda. Jadi jangan menyerah untuk mengajari anak Anda untuk bersedejah dan juga meminjam ketika sang anak ingin barang lain yang dilihatnya yah parents!

 

Be the first to write a comment.

Your feedback